Thursday, 15 May 2014

Manisan Buah Karika

Waktu itu lebaran tahun 2012. Kami sekeluarga berkunjung ke rumah Om dari pihak suami (adiknya Ibu Mertuaku) yang tinggal di daerah Bantul, Sleman, Jogjakarta.

Kami ngobrol kian kemari. Semua topik kita obrolin, dari topik tentang anak-cucu sampai cerita Om tentang masa-masa kejayaan beliau sebelum pensiun. Sepertinya cerita Om ini gak akan pernah berakhir, karena kalau Om sudah bercerita bisa dijamin super duper panjang. Saking panjangnya word count di ms-word aja pasti capek ngitungnya, hahaha.

Akhirnya datanglah sajian unik, karena aku baru pertama kali melihatnya. Semacam manisan buah yang disajikan di gelas. "Wah pasti segar ini" , pikirku. Apalagi cuaca yang sangat panas membuat tenggorokan kering dan penginnya selalu diisi minuman terus. 
Ini dia manisan si buah KARIKA
Tara!!!! Ternyata kudapan segar itu namanya "MANISAN BUAH KARIKA". Cara masaknyapun cukup sederhana saja, tinggal dikupas, dipotong-potong dan dicuci bersih, kemudian direbus pakai air gula.

Ternyata buah karika ini banyak terdapat di Dataran Tinggi Dieng, nama lainnya adalah Pepaya Gunung. Dan ternyata di swalayan-swalayan juga sudah banyak tersedia manisan buah karika yang siap santap. Yuk sahabat, tidak ada ruginya ya mencoba kudapan yang satu ini.








7 comments:

  1. Seger mak buah carica (saya lbh suka sebut carica..hehe..) itu.. setiap ada yg dari wonosobo pasti bw carica:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak...aku baru pertama kali merasakan manisan karika...dan baru tahu juga bentuk buahnya kayak buah coklat gitu...hehe

      Delete
  2. Maksudnya carica ya mak? Iya, memang enak tu didinginkan. Saya selalu beli yang sudah jadi, takut pahit kalau nyucinya nggak bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Lusi...di kemasan bungkusnya tulisannya 'carica'...tapi yang kuposting itu homade asli bikinan sepupu...makanya aku pake nama 'karika' hahaha *ngeles*

      ooh kalo salah nyucinya pahit ya? baru tahu nih ...
      makasih Mak :)

      Delete
  3. Replies
    1. rasanya mirip manisan buah bligo kalo di Jawa Timur
      makasih yaa sudah mampir :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)