Friday, 6 June 2014

Martabak Telur Mini Ala Mama DOA


Anda suka martabak?
Saya yakin pasti banyak yang suka ya. Selain memang enak banget rasanya, makanan yang satu ini sangat gampang mencarinya. Di daerah manapun pasti ada.

Makanan yang berbahan dasar telur ini memang familiar banget. Biasanya orang menyebutnya martabak asin, untuk membedakannya dengan terang bulan atau martabak manis.

Nah, selama ini kan biasanya beli terus, entah itu martabak hol**nd, atau martabak non hol**nd. Eh gak boleh sebut merk ya? hehehe. 
Suatu saat saya coba-coba membuatnya sendiri, tentu saja bukan bikin martabak beneran yang gede itu, mana bisa saya :(
Martabaknya saya buat kecil, karena kulitnya pakai kulit pangsit. Tidak disangka ternyata anak-anak saya suka. Akhirnya terciptalah Martabak Telur Mini Ala Mama DOA ini.

 Bahan-bahan:

  • kulit pangsit ukuran kecil, biasanya per pak 20 lembar(bisa dibeli di pasar/swalayan)

Isi:
  • telur ayam 3 butir
  • daun bawang (bawang pre), diiris + 1cm
  • variasi isi: bisa diberi irisan ayam, kornet, sosis, sesuai selera ya :)
Bumbu:
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng)
Cara Membuat:
  • telur, garam, merica dikocok lepas sampai bumbunya menyatu
  • masukkan irisan daun bawang (saja), atau isian lain jika suka
  • siapkan wajan yang sudah dituangi minyak goreng secukupnya, panaskan
  • ambil 1 lembar kulit pangsit, letakkan di atas talenan kering, kalau talenan agak basah kulit pangsitnya jadi lengket
  • masukkan 1 sendok isian, letakkan di atas kulit pangsit, kemudian lipat seperti membuat amplop
  • goreng di atas api sedang, angkat dan tiriskan
  • hidangkan dengan saos sambal dan saos tomat, bisa juga dengan acar
Sangat mudah bukan? 
Praktis dan higienis karena buatan sendiri. Alhamdulillah myDOA seneng banget, termasuk Papanya juga ketagihan :p
Monggo dicoba :)



15 comments:

  1. Bisa dicoba nih, minta buatin mama ah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo bikin sendiri aja, gampang kok buatnya, ntar Mama-nya yg ngicipin hehe
      makasih ya sudah mampir, salam buat Mama-nya #eh

      Delete
  2. Wah.... bisa dicoba besok nih. TFS, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan Mak...semoga banyak yg suka yaa....
      Sama2 Mak :)

      Delete
  3. pernah bikin mak, tapi punyaku ancur bangeeeet. gak bisa serapi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan kulit pangsitnya beli jadi Mak Nunu...hehe

      makasih ya Mak sudah mampir :)

      Delete
  4. Minta beliin bahan sm mama, trs ntar buat deh. Aih sadap.
    Makasih resepnya, mama. :p

    ReplyDelete
  5. Thanks yaa...jadi ada ide buat suguhan tamu :)

    ReplyDelete
  6. Ini kalau di Riau namanya martabak Mesir Mbak. Kaget juga waktu sampe bogor, kok namanya martabak telur. Pernah coba bikin, tapi kulitnya dari terigu yg direndam minyak itu lho. Syangnya gak bisa ngelebarin tipis kayak penjual2. Resepnya sangat membantu mbakkkk....ntar mau coba bikin lg ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ...masing2 daerah punya nama sendiri yaa...
      huhu aku juga gak bisa kalo disuruh bikin kulit martabak yg dilebarin itu...tapi kapan2 perlu dicoba, hanya harus sering latihan aja kayaknya biar jadi expert.... ;)
      makasihhh...selamat mencoba ya Mbak :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Wah, praktis ya mbak, gak susah buatnya :) Jadi pengeeen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, bahannya juga mudah didapat :)
      selamat mencobaaa....

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)