Saturday, 27 September 2014

Ony, sang Penghafal Nomor Handphone Mama

Saya yakin, di era digital ini banyak orang yang menggunakan lebih dari satu handphone (hape). Atau minimal memakai hape dengan dual card. Bahkan ada juga yang memiliki hape sebanyak operator yang ada di Indonesia. Dari satu atau sekian banyak nomor hape yang kita punya, tidak jarang kita lupa atau bahkan tidak hafal nomornya. Hayo ngaku... :p

Alasannya banyak, bisa karena nomor hape yang mencapai 12 digit, atau karena kartu kita lebih dari satu. Belum lagi harus menghafal nomor hape orang-orang terdekat kita. Kadang kita merasa kesulitan menghafalnya, kecuali kalau kita memakai nomor cantik.

Keuntungan menghafal nomor hape
Saya pribadi pakai dua hape dan dua nomor aktif, saya hafal nomor kartu keduanya. *bangga hihi* 
Yang saya lakukan dalam menghafal adalah dengan menghafal 3 digit demi 3 digit berikutnya. Pelan-pelan, yakin pasti bisa, dan dihafalin terus. Hasilnya saya bisa hafal di luar kepala. 
Keuntungannya banyak banget lho bisa hafal nomor hape sendiri, seperti kalau ketemu temen lama dan mau tuker-tukeran nomor hape, mau beli pulsa tinggal sebutin saja, kalau mau isi data yang memerlukan nomor hape juga tidak kesulitan.

Yuk mari dihafalkan nomor hape masing-masing. Ada yang bilang, "ah gak penting itu? kan bisa lihat di kontak hape".
Coba bayangkan seandainya Anda berada pada posisi yang sangat mendesak, dimana Anda diminta nomor hape Anda untuk sebuah konfirmasi penting, eh tiba-tiba hape Anda mati karena lowbat, atau hape Anda ketinggalan, atau blackberry Anda tiba-tiba hard restart sendiri, atau kemungkinan-kemungkinan yang lain. Nah lho! Apa iya Anda mau buka address book? Kayaknya sudah jarang ya orang yang membawa buku alamat kemana-mana.
Jadi yuk mari kita hafalkan nomor hape kita masing-masing, minimal satu nomor saja kalau tidak sanggup ngafalin banyak nomor.

Si Ony yang hafal nomor hape Mama
Hai, namaku Ony :D
Kebiasaan saya ini ditiru oleh Ony, anak kedua saya. Dia berusaha keras menghafal kedua nomor hape saya dan dia berhasil. Hal ini sangat menguntungkan kami, karena sedikit mengurangi kekhawatiran saya pada saat kami sekeluarga sedang bepergian ke suatu tempat misalnya. 

Dulu sewaktu anak-anak saya masih kecil, saya selalu mengenakan anak-anak saya kalung yang berisi nama mereka yang dilengkapi nomor hape saya dan suami. Hal ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Karena biasanya saat berada di keramaian, ada kemungkinan anak terlepas atau terpisah, namanya juga anak-anak, kadang mereka tidak bisa diam.

Sejak saya bekerja di rumah dan mengajar freelance di sebuah bimbel, waktu saya lebih banyak di rumah. Ketika anak-anak pulang sekolah biasanya saya menyambut mereka pulang, kecuali yang paling kecil, karena memang saya yang antar-jemput ke sekolahnya. Tapi ada saat manakala saya tidak di rumah ketika mereka pulang, si Ony lah yang biasanya menelepon saya menanyakan saya sedang dimana dan nanti pulang jam berapa. Bahkan terkadang ada saja sesuatu yang dipesannya, makanan atau minuman kesukaannya. Yang terakhir ini modus ya, hihihi.

Saya bangga anak saya hafal nomor hape saya, dan yang paling penting adalah saya merasa lebih aman dan nyaman ketika kami sedang bepergian. Karena jika dia terpisah dengan kami dia bisa minta tolong Pak Polisi untuk menghubungi saya.

Semoga bermanfaat ya :)
*****

6 comments:

  1. Saya juga senang menghafal nomor2 penting seperti no hp, dan nomor rekening tabungan. Karna dua itu yang sering mendadak di minta. Untuk mempermudah angka diganti dengan huruf jika memungkinkan.
    Misalnya no hp saya angka depannya 08151 saya ganti huruf jadi OBISI dst... No rekening saya juga mudah 587 5474 jadi SBJ (nama presiden) SAJA. hehehe anak-anak jd ikut menghafal no induk sekolah dll..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut buat Mak Mutia :D
      aku belum sanggup afalin nomor rekening, Mak...bisa dicoba tuh cara mnemonic nya...asyik juga yaa ternyata, anak2 juga mau ikut2an menghafal NISnya :)

      Delete
  2. Kalau aku sebenarnya hafal, tapi kadang kurang yakin, lihat kontak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sering2 dihafalin n dipraktekkan pasti lama2 jadi yakin... :D

      Delete
  3. Heee, keren ini. Kalau aku hafal 2 nomor hpku, dan 10 nomor hp keluarga :-D dan beberapa teman yg akrab :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow....banyak banget yang dihafal...applaus deh :D

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)