Thursday, 30 October 2014

RMHC Indonesia, Semangat dan Dukungan untuk Kesehatan Anak-anak Indonesia

Masa anak-anak adalah masa-masa emas untuk bereksplorasi, masa untuk bermain, masa indah yang harus dilewati dengan kebahagiaan dan keceriaan. Bagaimana mungkin kita bisa tahan melihat seorang anak yang harus menghabiskan masa kecilnya untuk berperang melawan penyakit ganasnya di usianya yang masih sangat belia. Mereka harus menahan rasa sakit yang menyerangnya dengan tiba-tiba, mereka harus minum obat setiap hari, mereka harus berhadapan dengan jarum suntik yang -bagi anak-anak- tentu saja mengerikan.
Mungkin mereka hanya bisa menangis dan menangis di pelukan orang yang dicintainya. Namun ketika rasa sakitnya hilang sebentar, meskipun hanya sebentar, waktu yang sedikit itu tentu saja mampu membuat anak-anak manis ini tersenyum dan ceria kembali seperti anak-anak sehat pada umumnya. Ya, meskipun sangat sebentar, tentu saja mereka sangat menikmatinya. Karena masa anak-anak tidak bisa lepas dengan masa bermain.

Diantara penyakit berat yang menyerang anak-anak dan membutuhkan waktu yang panjang untuk penyembuhan adalah penyakit kanker. Tentu saja waktu kanak-kanak para pasien anak ini banyak tersita untuk melakukan pengobatan. Sehingga waktu bermainnya tercuri untuk proses pengobatan yang tidak sebentar. Bisa jadi mereka akan menghabiskan seluruh masa kecilnya untuk pengobatan, bahkan seluruh masa hidupnya.


Kanker pada Anak Tidak Dapat Dicegah


Penyakit kanker yang menyerang anak-anak berbeda dengan kanker yang menyerang orang dewasa. Kanker pada anak-anak tidak dapat dicegah, sementara kanker pada orang dewasa bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat sejak dini, agar di saat dewasa tidak terserang kanker. 

Banyak orangtua yang menyalahkan diri mereka sendiri ketika anaknya divonis menderita kanker, padahal bisa jadi anggapan itu salah. Penyebab penyakit kanker pada anak masih dalam penelitian, karena banyak faktor yang memengaruhinya.


Deteksi Dini Kanker pada Anak


Penyakit kanker pada anak memang belum diketahui penyebabnya, tetapi bisa dideteksi secara dini. Dengan deteksi dini, maka pengobatan bisa dilakukan sampai tuntas.
Penyakit kanker pada anak yang bisa dideteksi secara dini hanya ada satu jenis, yaitu kanker bola mata (retinoblastoma). Kanker bola mata biasanya menyerang anak balita. Deteksi dini jenis kanker ini bahkan bisa dilakukan di puskesmas dengan alat yang disebut ophtalmoscope


Kanker yang Banyak Menyerang Anak-anak

Kanker yang menyerang anak-anak dibagi menjadi 2 macam, yaitu kanker cair dan kanker padat

Kanker Cair
Yang termasuk kanker cair adalah kanker darah (leukimia)Kanker darah termasuk jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak.

Ciri-ciri awal kanker darah ini adalah:

  • muka pucat, yang disebabkan karena kadar eritrosit (sel darah merah) dalam darah rendah
  • sering demam tanpa sebab yang jelas, yang disebabkan oleh kadar leukosit (sel darah putih) yang rendah
  • sering mengalami perdarahan, seperti mimisan, perdarahan kulit dan gusi, yang disebabkan oleh kadar trombosit (sel pembeku darah) yang rendah
Selain gejala di atas, bisa juga dijumpai gejala lain sebagai akibat dari sel-sel kanker yang sudah menyebar ke organ tubuh lainnya, seperti  kejang, pembengkakan gusi, nyeri tulang, perut terlihat membesar, dan testis tampak membesar dan keras.

Kanker Padat
Kanker ini ditandai dengan adanya benjolan padat pada organ tubuh, bisa terdapat pada semua organ tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki. Sudah seharusnya, jika orang tua mendapati benjolan pada tubuh anaknya segera memeriksakan anaknya untuk memastikan bahaya atau tidaknya benjolan tadi.

Yang termasuk kanker padat adalah:

1. Kanker Mata
Kanker mata bisa saja diawali dengan tanda yang sederhana, misalnya mata merah, terjadi gangguan penglihatan, mata anak terlihat seperti mata kucing, dan mata juling.

2. Benjolan pada Leher
Benjolan ini biasanya tidak terasa sakit jika ditekan atau dipegang, akan tetapi biasanya membesar dalam waktu yang singkat. 
Berbeda dengan benjolan yang diakibatkan infeksi gigi dan telinga yang sakit jika dipegang dan terasa panas ketika diraba. 

3. Benjolan di Paru
Pada anak-anak tidak ada kanker paru. Jika pada foto dada ditemukan sel kanker pada paru-paru anak, itu menunjukkan bahwa itu adalah kanker lain (bukan kanker paru) yang sudah menyebar ke paru-paru anak. Salah satu jenis kanker pada anak yang dapat menyebar ke paru-paru adalah kanker tulang.

4. Benjolan di Perut
Perut anak terlihat membuncit, dan jika diraba akan terasa ada benjolan. Segera periksakan anak ke fasilitas kesehatan, dan jangan menekan perutnya karena bisa mempermudah terjadinya penyebaran. Banyak sekali organ di dalam perut, antara lain hati, ginjal, indung telur, dan lain-lain. Semua organ tersebut bisa terkena kanker.

5. Benjolan pada Alat kelamin
Benjolan ini terjadi pada anak laki-laki. Kanker ini juga merupakan penyebaran dari leukimia (kanker darah). Secara kasat mata bisa dilihat bahwa testis kanan dan kiri besarnya tidak sama. 

6. Benjolan pada Tangan atau kaki
Pembengkakan ini biasanya dapat disertai dengan demam atau nyeri.

7. Benjolan pada Otak
Gejala-gejala yang terjadi jika ada benjolan di otak adalah: pusing, muntah yang menyemprot, lumpuh, dan gangguan keseimbangan. Benjolan di otak memang tidak bisa diraba, namun dengan gejala-gejala di atas orang tua diharapkan waspada dan segera memeriksakan buah hatinya ke fasilitas kesehatan.


Kanker Bisa Diobati Asal Masih Stadium Awal

Selama ini masih banyak orangtua yang menunda upaya pengobatan karena kurangnya informasi. Penundaan hanya akan membuat keadaan semakin buruk. Jika stadium kanker sudah lanjut, kemungkinan untuk sembuh pun tentunya semakin kecil dibanding bila kankernya ditemukan dalam kondisi atau stadium masih awal. 


Pengobatan Kanker dan Efek Samping

Salah satu jenis pengobatan kanker di dunia kedokteran adalah dengan melakukan kemoterapi. Kemoterapi adalah pemberian obat anti kanker kepada pasien dengan cara ditelan atau disuntikkan. Penyuntikan bisa langsung ke dalam pembuluh darah, otot, di bawah kulit, di ruang antara dua ruas tulang belakang, maupun langsung ke organ tubuh yang terkena kanker.

Dampak negatif dari kemoterapi adalah obat-obatan anti kanker yang dimasukkan ke dalam tubuh tadi juga akan menyerang sel-sel yang baik. Sehingga dampak yang biasa terjadi adalah kerontokan rambut hebat yang menyebabkan kebotakan, rasa mual, dan kulit menjadi kering, gangguan keseimbangan, dll.


RMHC, Ronald McDonald House of Charity, Indonesia 

Sumber gambar: disini
RMHC, Ronald McDonald House Charities adalah organisasi non profit yang mempunyai misi untuk menciptakan, menemukan dan mendukung program-program yang secara langsung meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak di seluruh dunia.

RMHC mempunyai cabang jaringan global di 57 negara, dan mempunyai 3 program utama, yaitu : 

  1. Ronald McDonald House
  2. Ronald McDonald Family Room
  3. Ronald McDonald Care Mobile
Di Indonesia, Yayasan Ronald McDonald House Charities Indonesia didirikan pada tanggal 14 Februari 2011 bertepatan dengan perayaan 20 tahun McDonald's Indonesia dan merupakan bagian dari jaringan global Ronald McDonald House Charities. Organisasi ini mempunyai misi meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia. 

Di Indonesia baru dijalankan 2 program, yaitu Ronald McDonald Care Mobile dan Ronald McDonald Family Room
Ronald McDonald Care Mobile
sumber: disini
Ronald McDonald Care Mobile sebuah klinik berjalan yang rutin melakukan pemberian imunisasi wajib, pelayanan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak yang membutuhkan, dan penyuluhan kesehatan dasar melalui cerita anak serta pemantauan dan konsultasi gizi.

Program Ronald McDonald Care Mobile berada di 6 lokasi di wilayah Jakarta dan 2 lokasi di Jawa Barat (Sukabumi dan Soreang , Bandung)
Kegiatan berlangsung hari kerja , pk.08.30 - pk.12.00

Ronald McDonald Family Room
Sumber: disini
Ronald McDonald Family Room adalah sebuah ruang khusus bagi keluarga dari pasien anak rawat inap yang menjadi bagian dari sebuah Rumah Sakit. Di salah satu pojok Ronald McDonald Family Room tersedia tempat bermain anak dilengkapi dengan buku-buku, alat permainan dan personal computer. Ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang tunggu bagi orangtua pasien anak untuk sedikit menghilangkan kejenuhan. 

Program Ronald McDonald Family Room bertempat di 
Departemen Radioterapi, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.
Senin - Jumat , pk 09.30 - pk.16.30 WIB 


Bagaimana Kita Bisa Mendukung Program RMHC Indonesia?

Kita bisa mendukung program RMHC Indonesia ini dengan berbagai cara berikut:
1. Menjadi Donatur
Anda yang mau membantu dalam bentuk dana tunai bisa disalurkan melalui Box Donasi RMHC yang ada di setiap restoran McDonald's Indonesia, 
atau melakukan transfer ke rekening :

Yayasan Ronald McDonald House Charities

Bank BCA, No Rek : 03.53163.300 
Bank OCBC, No.Rek : 5458.0000.9445

2. Menjadi Relawan

Jika Anda berminat menjadi relawan atau memiliki pertanyaan mengenai Ronald McDonald House Charities, silahkan mengirim email kepada pengurus yayasan RMHC Indonesia di bawah ini:
Rini Wardani
rini.wardhani@id.mcd.com

Okta Melinda
okta.melinda@id.mcd.com 

Bunga Yulita Sari
bunga.sari@id.mcd.com 

atau menghubungi nomor telp : 021 - 458 56199
Fax : 021 - 458 56309


3. Sponsorship dari Perusahaan

Yayasan RMHC menerima donasi berbentuk barang, misalnya : buku- buku , perlengkapan kebersihan pribadi yang akan disalurkan pada program Ronald McDonald Care Mobile
Atau berupa: buku bacaan anak-anak , alat permainan, DVD dengan materi edukasi bagi anak dan orang tua yang akan melengkapi Ronald McDonald Family Room.

4. Berpartisipasi dalam Program Stripes for Love

Anak-anak yang sedang sakit dan harus berada di rumah sakit dalam waktu yang cukup lama, pasti kehilangan waktu bermain mereka. Yayasan Ronald McDonald House Charities berupaya melengkapi bagian yang hilang itu dengan Love, Joy, Hope, and Smile. Pada saat kita memberi Cinta (Love), maka Kebahagiaan (Joy) akan hadir dalam hidup mereka, kemudian Harapan (Hope) akan tumbuh dan Senyum (Smile) akan kembali menghiasi wajah mereka.

Sungguh misi yang sangat mulia dan patut kita dukung.
Kita bisa berpartisipasi dalam program Stripes for Love ini dengan cara:

  1. membeli Stripes for Love T-Shirt* 
  2. membeli Stripes for Love Bear* 
  3. memberi kata-kata motivasi kepada pasien anak di microsite Stripes for Love**

*Membeli Stripes for Love T-Shirt atau Stripes for Love Bear


Sumber: disini
Seluruh hasil penjualan akan didonasikan ke Yayasan Ronald McDonald House Charities.

**Memberi Kata-kata Motivasi kepada Pasien Anak

Di Microsite Stripes for Love kita bisa memberikan dukungan semangat berupa kata-kata motivasi kepada pasien anak. Caranya adalah sebagai berikut:

1. KLIK http://www.stripesforlove.com/

2. KLIK 'tanda pensil' seperti yang ada pada gambar



3. Masukkan alamat email, nama, dan pesan Anda


4. Jangan lupa ketik kode CAPTCHA dan tekan ENTER
5. SHARE di SOCMED Anda ( agar semakin banyak dukungan untuk anak-anak penderita kanker ini

Gampang kan?
Yuk langsung dipraktekkan, a
gar mereka tambah semangat untuk sembuh :)

Itulah sekelumit tulisan tentang penyakit kanker pada anak-anak dan Yayasan RMHC Indonesia. Penyakit kanker yang membutuhkan waktu yang lama untuk pengobatan sehingga anak-anak kehilangan waktu bermainnya dan Yayasan RMHC yang berusaha untuk melengkapi waktu bermain anak-anak yang hilang. Mari kita berikan dukungan semampu kita, demi melengkapi kebahagiaan pasien anak-anak yang sebagian dari masa kecilnya harus dihabiskan untuk berjuang melawan rasa sakit dan melakukan pengobatan. 
*****
Tulisan ini disertakan dalam
LOMBA BLOG RONALD MCDONALD HOUSE CHARITIES (RMHC)
*****
Sumber:
http://www.dharmais.co.id/index.php/kanker-pada-anak.html
http://www.stripesforlove.com/
http://www.rmhc.or.id/

*****

14 comments:

  1. anak2 yg memiliki penyakit kanker, tak memiliki waktu bermain, yg layaknya dimiliki anak2 lain, sedih banget memang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mak...bisa jadi malah butuh waktu seumur hidupnya untuk pengobatan.. :(

      Delete
  2. Pernah dua kali melihat perjuangan orang dewasa melawan kanker. Perjuangan yang tak mudah. Sedih banget kalau anak-anak terkena kanker. Kanker bisa merenggut senyum mereka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak Ety.....yuuk ikut berbagi di RMHC agar senyum yg terenggut tadi bisa kembali :)

      Delete
  3. Lengkap ulasannya Mak. Semoga menang ya ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak atas doanya dan kunjungannya :)

      Delete
  4. Penyakit sekarang semakin banyak dan mengerikan ya.. Kasihan kalau anak2 yg mengalaminya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener...waktu bermain dan eksploring mereka jadi berkurang...
      yuuk kasih dukungan via STRIPES FOR LOVE :)

      Delete
  5. Terima kasih mak infonya, baru tahu aku ada program ini, bermanfaat ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mak Icoel....makasih sudah maen kesini..
      kapan pulang TA? semoga bisa kopdaran ya Mak :)

      Delete
  6. Semoga semakin banyak upaya untuk menjaga kesehatan anak-anak Indonesia utamanya bagi anak-anak dari golongan yang kurang mampu.
    Mari kita seantiasa menjaga kesehatan agar kita dapat lebih banyak melakukan aktivitas yang bermanfaat.
    Yuk ikut kontesku dalam rangka ikut memperingati Hari Ibu 2014
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.... :)
      oke Pak Dhe, siap meluncur n ikutan GA nya....
      Salam hangat kembali dari Tulungagung :)

      Delete
  7. Baca artikel ini aku jadi tau ttg RMHC, makasih mbak :)
    Mudah-mudahan yayasan ini semakin berkembang dan semakin memberi banyak manfaat, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... agar anak2 yang terbantu secara psikologis juga banyak, karena punya semangat yang tinggi untuk sembuh :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)