Saturday, 11 October 2014

Yuk Belajar Bahasa Mandarin sambil Bernyanyi


Si Adik Aya (panggilan bungsuku) sedang belajar bahasa Mandarin kelas 2 SD untuk ujian mid semesternya. Rupanya selain dia kesulitan menghafal kata-kata baru, kata yang ditulis pun berbeda cara membacanya.

Aku memutar otak bagaimana si Adik ini lebih gampang menghafal. 
Tiba-tiba aku punya ide untuk menghafal sambil bernyanyi, seperti waktu dia masih TK dulu.

Masih inget lagu "Pelangi-Pelangi" kan?
Nah, ternyata si Adik jadi lebih gampang menghafal kata-kata sederhana dalam bahasa Mandarin, dengan menyanyikan lagu Pelangi tetapi syairnya saya ganti dengan kata-kata bahasa Mandarin yang harus dihafalkan.

Yuuk kita mulai yaa,
satuuu....duaaa.....tigaaa....
Halo, halo Ni Hao
Slamat pagi Zao An (cao an)
Slamat siang Wu An (u an)
Slamat malam Wan An
Sampai jumpa Zai Jian (cai cien)
Trimakasih Xie xie (siek siek)
Trimakasih kembali, Bui Xie (puk siek), Bui Xie (puk siek)

Yuhuuuu, akhirnya si Adik dengan senang mau belajar dan menghafal sambil bernyanyi.
Semoga postingan saya ini bermanfaat yaa, Teman-teman. Yuk kita berkreasi lagi agar anak-anak belajar dengan rasa senang.
*****
Sumber: buku catatan sekolah Adik Aya

21 comments:

  1. Wah asyrik juga ya bahasa mandarin bu ninik hehehe jadi pengen belajar ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...ini juga karena si Adik dapat pelajaran bahasa Mandarin di skulnya...hehe

      Delete
    2. mudah mudahan adik aya tambah pinter bahasa mandarinnya mbak ninik aamiin.

      Delete
    3. sip mas Yuli....semoga bermanfaat yaa :)

      Delete
  2. Wahh seru juga ya mbak ninik hehe ikutan sing a song ahhh hehehe

    ReplyDelete
  3. Xixixi ikutan nyoba tapi lidahnya keseleo terus nih...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...semangat Mbak, bisa diajarin ke muridnya juga nanti :)

      Delete
  4. jd ingat 11 th lalu waktu bljr bhs mandarin (tp g pinter2 ). asyik mak. kl ada kesemptn lg pingin bljr lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah aku bisanya juga cuman itu mak.... :D

      Delete
  5. Cara belajar yg kreatif.

    Sekarang ini, perusahaan sudah banyak mencari karyawan yg menguasai Bahasa mandarin. Jadi akan lebih mudah utk cari kerja jika menguasai bahasa mandarin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih :D

      Bener Mas, barangkali itu juga yang menjadi pertimbangan guru2 di skul anak saya.
      Diajarkan mulai kelas 2 sd, selain bahasa Inggris dan bahasa Arab yang sudah mulai dikenalkan sejak kelas 1sd :)

      Delete
  6. Hai ijin blogwalking ya ;-)
    Ada info lomba blog nih. Klik link ini ya. Makasih:)

    ReplyDelete
  7. duu pas ngajar di sekolah yg ada bahasa mandarinnya,bisanya cuma, ni hao ma hehehe...sama panggilan buat guru mandarin, lause *bener g sih*hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bisanya juga cuma itu Mbaak....huhuhu

      Delete
  8. Wah, kreatif ini mak. Belajar sambil bernyayi, malah lebih cepat hafal ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak....soalnya anak2 jd seneng, gak terbebani hafalan yg monoton....

      Delete
  9. aduh mak... susyah bgt ini lidah klo diajak ngomong bahasa mandarin,heu heu... btw,great idea nih mak!belajar smbil brnyanyi,bisa sy praktekin klo syafieq udh gedean nanti...:)

    ReplyDelete
  10. hihihi....aduh emang aku bisa Mak?
    sip Mak, moga2 ntar Syafieq juga dapat pelajaran bahasa mandarin ya di skul'nya :D

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)