Sunday, 21 December 2014

Cara Kembali dari BBM Android ke BBM BlackBerry

Siapa sih yang tidak suka dibelikan tablet android? Gak nolak lah yaw, secara dapat gratisan gitu. Makasih ya suamiku, sudah memberi hadiah ultah tablet android 7", muahh. Padahal ultahnya masih bulan depan lho, hihihi.

Saking senengnya, beberapa aplikasi saya download dari play store. Yang pasti sih Facebook
, Twitter, Whatsapp, Instagram, dan tak lupa aplikasi Blogger. Amboi senengnya, mulai sekarang saya bisa nulis dimana saja nih. Ternyata di tablet ini memang sudah ada bawaan aplikasi BBM (BlackBerry Messenger), jadi saya gak perlu download lagi. 
Tanpa pikir panjang lagi saya aktifkan BBM yang di android. Ternyata hanya tinggal memasukkan BBID plus password saja, otomatis BBM saya aktif di android, semua kontakpun dengan mulus pindah dari hp BlackBerry ke BBM android, sehingga saya tidak perlu invite ulang kontak lagi. Cukup praktis!

Pertama saya memang merasa enjoy dengan aplikasi BBM di android ini, karena layarnya yang lebar dan semua aplikasi kesukaan saya tersedia dalam satu gadget. Namun lama-lama saya merasa tidak nyaman, karena saya hanya bisa BBM-an saat paket data diaktifkan saja. Padahal saya tidak selalu online di tablet. Alhasil saya jadi slow response di BBM. Sementara selama ini saya pakai BBM sudah seperti pakai sms, tapi biaya lebih murah. Dan yang paling penting, hp BB gak akan panas meskipun BBM ON terus, seperti android kalau dipakai terus-terusan. Mohon maaf ini hanya opini dan kenyamanan saya saja, tidak ada maksud membandingkan atau menjelekkan.


Mengingat BBM ini merupakan kebutuhan pokok komunikasi dengan suami, akhirnya "demi kesejahteraan bersama", pinjam istilah pak RT di serial kartun "Keluarga Pak Somat", saya pengin kembali ke hp BB yang lama. 
Tapi gimana caranya ya? Sudah saya coba cari menu untuk "kembali" tetapi gak ada. Kemudian saya search di Google, ada tips dari forum BlackBerry. Tipsnya sudah jelas, tapi menurut saya kurang detail karena tidak disertai caranya.

Berikut tampilan hp BB, saat kita pakai BBM di android. Karena BB ID (alamat email) hanya bisa dipakai untuk satu device, ketika kita pakai BBM di android, maka otomatis BBM di hp BB layarnya berubah menjadi biru seperti ini.

Nah berikut cara detail untuk kembali BBM-an menggunakan hp BB yang lama, setelah ditransfer ke Android:


  • Masuk ke menu SET UP - OPTION - BlackBerry ID
  • Tekan "ikon BBM", nanti akan muncul seperti ini.

  • Pilih tombol "Restart Now" 

  • Selesai.


Yeayyy, berhasil berhasil hore!
Semoga tips ini bermanfaat bagi yang suka BBM-an di hp BlackBerry.

*****

8 comments:

  1. Saya gak punya blackbery jadi nyimak saja, semoga saja dapat PERTAMAX

    ReplyDelete
  2. Ehem yang dapat hadian haaaa, selamat ya mbak :-D

    ReplyDelete
  3. BBM itu messenger paling berat kalau buat aku, jadi jarang dipake, hihi. Tp thanks ya buat tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa Mbak?
      bagiku justru yang tersimple dan paling praktis :)

      Delete
  4. dikasih tabloid android 7, seneng bangeeet ya, Mbak
    selamat menyongsong ultah juga ya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Pak Ustadz kunjungannya.... maturnuwun :)
      btw typo tuh...hehehe

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)