Thursday, 18 December 2014

Menengok ke Belakang dan Memperbaiki untuk Menjadi Lebih Baik


Salam kenal Om NhHer :)

Saya tertarik mengikuti giveaway ini karena menurut saya cukup menantang.

Pertama, saya harus tengok-tengok kembali blog saya yang belum berumur satu tahun ini, untuk mencari satu saja postingan yang paling berkesan. Kelihatannya gampang, namun sangat sulit dilakukan. Karena hampir semua postingan saya mempunyai chemistry sendiri dengan penulisnya, yaitu saya sendiri.
Kedua, waktunya sangat pas di penghujung tahun 2014 ini. Tahun 2014 sudah hampir usai. Saatnya menengok ke belakang, tentang apa saja yang sudah terjadi. Saatnya memilah mana yang harus dipertahankan dan harus ditingkatkan, mana yang harus dihapus dan tidak boleh terulang kembali. 
Ketiga, saya mau hadiahnya. *hihihi* Iya, kalau menang, kalau tidak menang ya anggap saja sudah ikut berpartisipasi. 

Setelah sempat dibuat galau, akhirnya saya memilih sebuah postingan yang saya buat pada hari Sabtu, 10 Mei 2014 lalu yang berjudul Pemandangan di Kaki Gunung Lawu
Saya memilih postingan ini karena merupakan momen yang sangat berkesan bagi saya. Dimana saya dan suami naik sepeda motor dari Tulungagung ke Jogjakarta pergi pulang, dan ini merupakan salah satu hadiah ultah saya dari suami tercinta. Pengalaman pertama naik motor jarak jauh, kurang lebih 500 km (jarak Jogja-Tulungagung 251 km) di usia yang sudah setengah baya ini.

Tulisan ini juga postingan pertama saya ikut giveaway. Mungkin masih banyak kekurangan disana-sini ya, antara lain lebih banyak menceritakan proses perjalanannya, padahal tema giveaway-nya tentang “a place to remember”. Saya memang masih harus lebih banyak menulis dan menulis, agar pintar mengolah kata-kata dan enak dibaca. Itulah kelemahan saya, saya tidak bisa bercerita dengan alur cerita yang mengalir. Kemampuan inilah yang harus saya tingkatkan untuk tulisan-tulisan saya selanjutnya. 
Dalam berlomba kalah menang memang tidak masalah, karena faktor keberuntungan juga menjadikan salah satu penyebab bisa menang. Yang penting kita sudah menulis dengan sebaik-baiknya dan bersemangat untuk berkompetisi.

Yang membuat berkesan ketika membuat tulisan ini adalah saya harus ekstra menguras ingatan saya mengingat apa saja yang sudah terjadi selama perjalanan kami. Karena perjalanan kami lakukan kurang lebih 4 bulan sebelumnya, yakni di bulan Januari. Sewaktu menulis, sepertinya saya mengulang kembali pengalaman yang terjadi di sepanjang jalan saat itu. Seperti saat saya sudah merasa kangen anak-anak padahal baru 2 jam perjalanan, saat suami saya menambah kecepatan motornya di jalan raya, saat kami kehujanan berdua, saat kami menikmati jagung bakar berdua, saat kami menikmati pemandangan Telaga Sarangan di kaki Gunung Lawu. Hmm,benar-benar pengalaman indah yang tak terlupakan.

Untungnya yang saya tulis ini adalah pengalaman sendiri, jadi tidak terlalu bingung memilih kata-kata. Memang lebih mudah menulis pengalaman sendiri. Kita bisa lebih menjiwai tulisan kita. Tidak ada yang dibuat-buat, semua mengalir begitu saja. Semoga pilihan saya kali ini tepat, karena saya bukan tipe orang yang beruntung. Menang tidak menang yang penting sudah ikut giveaway keren ini. Terimakasih Om Trainer.

Yuk, terus menulis, lama-lama pasti akan terbiasa.

12 comments:

  1. wah udah ikutan aja nih mbak, saya masih bingung e milih-milih postingannya >.<
    Oiya, goodluck yaa buat GA-nya, semogaa nangkring jadi salah satu pemenang! aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihhh Ranii.... eh jadi ikutan gak nih?

      Delete
  2. Pengen juga ikut giveaway sih, semangat kak :)

    ReplyDelete
  3. Semangat mbak, memang setiap tulisan ada maknanya tersendiri :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, juga ada kenangan tersendiri :)

      Delete
  4. Semoga bisa menang yah! http://duniarty.net/

    ReplyDelete
  5. Wah, keren ya, baru tahun pertama udah rajin ikut lomba. Saya baru tahun ini belajar ikutan lomba, mbak. Biasanya cuma nulis aja soalnya. :D
    Seneng ya mbak, nostalgia.. Ayo kita terus ngeblog! dan semoga mbak ninik menang.. :D yey!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pokoknya nulis terus dan berbagi, masalah diikutin lomba atau tidak gak masalah... tapi kalo diikutin lomba kan ada harapan dapetin hadiahnya, Mbak..hehehe
      keep on blogging Mbak Yanet...yeay!! makasihhh yaaa :D

      Delete
  6. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #74

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Om NhHer, semoga berkenan dengan tulisan saya :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)