Monday, 1 December 2014

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin C

Sumber: credit
Pergantian musim dan cuaca ekstrim seperti saat ini bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kita, terutama anak-anak. Sudah menjadi menu wajib untuk anak-anak saya mengonsumsi suplemen vitamin C setiap 2 hari sekali masing-masing 500mg. Terkadang saya menyediakan vitamin C dalam bentuk tablet hisap, atau tablet effervescent. Jika anak-anak sakit, baru mereka saya wajibkan minum vitamin C-nya setiap hari, tetap dengan dosis 500mg sehari.

Terbukti dengan rutinnya anak-anak saya minum suplemen vitamin C ini mereka jadi jarang sakit, terutama sakit langganan yaitu bapi (batuk pilek). Daya tahan tubuhnya juga lumayan bagus. Tapi sayangnya terkadang saya yang lengah, lupa tidak memberi mereka suplemen vitamin C, baru setelah mereka sariawan atau bibirnya kering dan pecah-pecah, lalu bilang ke saya, "Ma. bibirku sobek", sambil meringis, baru saya tersadar, "oh iya, sudah 3 hari ya gak minum vitamin C."

Sebenarnya konsumsi vitamin C tidak melulu harus dengan suplemen. Vitamin C bisa kita dapatkan dari aneka buah dan sayur yang bisa kita beli di pasar atau toko swalayan. Hanya saja, mungkin dengan cara salah memasak atau bisa jadi salah waktu makannya, bisa menyebabkan kandungan vitamin C yang terserap oleh tubuh tidak maksimal.

Bahan makanan sumber vitamin C
Sumber vitamin C bisa diperoleh dari makanan-makanan berikut ini:

  • buah-buahan, seperti: jeruk, tomat, arbei, stroberi, pepaya, kiwi, blewah
  • sayur-sayuran, seperti : asparagus, kubis, paprika merah, brokoli, kembang kol
  • bahan makanan lain, seperti: susu, mentega, kentang, ubi jalar, ikan, hati
Kebutuhan harian vitamin C
Kebutuhan harian vitamin C masing-masing orang berbeda, tergantung pola hidup seseorang. Misalnya kebutuhan seorang perokok dan bukan perokok berbeda, karena kadar nikotin dalam rokok bisa mengganggu penyerapan vitamin C ke dalam tubuh. Jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap hari adalah 40–60 mg, dengan catatan, kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Jumlah aman konsumsi vitamin C per hari adalah 500mg hingga 2000mg per hari.
Vitamin C termasuk golongan vitamin yang larut dengan air, sehingga kalau kelebihan akan dibuang melalui ginjal.

Akibat kelebihan vitamin C
Hipervitaminosis C atau overdosis vitamin C bisa menyebabkan iritasi di mulut, sakit kepala, demam, nyeri lambung dan diare. Dua hal terakhir ini disebabkan vitamin C bersifat asam.

Kegunaan Vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan
Kegunaan vitamin C sangat banyak, antara lain:
  • vitamin C termasuk vitamin antioksidan, sehingga bisa memperkuat daya imun tubuh, mencegah sariawan
  • membantu penyerapan zat besi dan kalsium dalam darah
  • membantu proses pemulihan tubuh
  • vitamin C menjaga struktur kolagen, sehingga bisa membantu menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil dan luka ringan
  • membantu pembentukan sel-sel darah merah
  • menghambat terjadinya pembentukan nitrosamine yang merupakan salah satu senyawa penyebab kanker
  • melancarkan buang air besar atau kotoran

Akibat kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti:
  • scorbut atau lidah pecah-pecah, sariawan, perdarahan di bawah kulit, perdarahan di gigi atau gusi yang kadang mengakibatkan gigi goyang dan mudah lepas, kulit kasar, cepat merasa lelah, otot lemah dan depresi.
Ternyata vitamin C sangat penting ya bagi tubuh kita. Yuk mulai konsumsi rutin vitamin C dengan makan buah atau sayuran segar dan mengolah bahan makanan yang kaya akan vitamin C, atau mengonsumsi suplemen vitamin C.
Untuk saya pribadi, mengonsumsi suplemen vitamin C hanya pada saat-saat tertentu saja, seperti saat: menstruasi, saat bibir terasa kering, sedang sakit atau setelah sakit.

*****
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_C
http://health.kompas.com/read/2012/08/21/13383652/10.Sumber.Vitamin.C.Selain.Jeruk
http://www.menshealth.co.id/kesehatan/waras/cerdas.konsumsi.vitamin.c/004/003/49
*****

7 comments:

  1. Aku paling sering itu sariawan mbak :-(

    ReplyDelete
  2. Sangat cocok tipsnya utk mengahadapi musim hujan seperti sekarang ini...

    ReplyDelete
  3. he-eh...
    senengnyaaa kalau anak2 juga suka konsumsi vit c^^

    ReplyDelete
  4. Aku suka makan buah-buah juga salah satunya jeruk

    ReplyDelete
  5. Waa, mbak ikutan GA ini ya.. Sukses ya mbak Ninik... :D
    Klo saya sukanya makan buah, kalo udah terpaksa baru deh minum suplemen tambahan, hehe

    ReplyDelete
  6. Aih..aq juga dulu sering sariawan mbak, alhamdulillah sekarang udah jarang banget

    Makasi atas partisipasinya ya

    ReplyDelete
  7. Saya gak pakai suplemen vitamin C mbak, paling dari buah atau sayur aja deh :)

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)