Saturday, 17 January 2015

Menolong Teman Pingsan, Haruskah Berpikir Panjang Terlebih Dahulu?

Selasa, 13 Januari 2015


Siang itu, sepulang sekolah Mas Dani  langsung menghampiri saya yang sedang setrika baju. Kemudian terjadilah pembicaraan antara saya dan anak mbarep saya itu, sebagai berikut:
------------------------------------------------
"Ma, tadi aku nolong temanku."

"Nolong gimana, Mas?"

"Temenku tadi ada yang pingsan."

"Pingsan, terus?"

"Ya aku tolong."

"Cewek apa cowok?"

"Cewek."

"Oh, cewek. Nolongnya itu gimana, Le?"

"Ya aku gotong ke UKS."

"Lho, anaknya Mas gendong sendirian ke UKS?"

"Ya endak.  Aku dibantu sama anak-anak cewek. Mereka ndak kuat, akhirnya tak bantuin. Temen-temenku cowok ndak ada yang mau nolongin."

"Wah, bagus itu, Le. Menolong orang pingsan itu tidak usah melihat cowok atau cewek."
---------------------------------------------------------------------
Itulah penggalan percakapan saya dengan anak lanang mbarep (anak laki-laki sulung) saya yang sudah kelas 8 SMP, umurnya 12 tahun 8 bulan. Saya bersyukur, di balik sikapnya yang terlihat cuek ternyata dia juga bisa care dengan teman sekelasnya.

Sikap tolong-menolong seharusnya memang diajarkan sejak dini. Agar anak bisa berempati terhadap apa yang dirasakan orang lain. Menolong orang lain memang seharusnya tidak pandang bulu dan tanpa pamrih. Apalagi dalam kasus di atas, pingsan adalah kondisi darurat. Apakah kita harus berpikir panjang terlebih dahulu sebelum menolongnya, "kira-kira perlu ditolong apa tidak ya orang ini?" Bagaimana seandainya tidak ada yang mau menolong menggotongnya ke UKS?

Memang, di jaman sekarang ini terkadang kita harus lebih waspada. Banyak modus kejahatan yang menggunakan 'rasa iba' sebagai umpannya. Contohnya di jalan ada orang yang pura-pura minta tolong, sepertinya dia terluka karena jatuh. Setelah kita dekati untuk menolong ternyata teman-temannya datang melakukan aksi kejahatan.

Tentu saja kita sebagai orangtua harus lebih bijak dalam menyikapi hal ini. Tidak serta merta memukul rata bahwa semua orang yang butuh pertolongan kita adalah orang jahat. Artinya menolong seseorang itu bisa dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita, misalnya membantu menyeberangkan jalan orang yang sudah tua, menolong mengambilkan buku guru yang terjatuh, mengantar teman ke UKS, menolong membawakan belanjaan Mama, and so on.
*****

25 comments:

  1. Yang penting Menolong untuk kebaikan

    ReplyDelete
  2. Memang di jaman sekarang mau baik harus siap-siap Mbak. Kadang senyum di jalan kepada orang secara acak saja, kita dianggap mau menipu. Padahal senyum kan sedekah termudah. Sama seperti mas Dani, bisa saja ada yang nanti bilang Dani naksir anak cewek tersebut, padahal murni ingin menolong...

    Peran orang tua memang besar untuk menanamkan nilai-nilai baik sejak dini, ya Mbak.. Senang membaca ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, yang penting niat dari diri sendirinya saja,
      memang seperti itu di dunia ini, kita melakukan kebaikan atau pun tidak, orang yang tidak suka ngomongnya selalu negatif :)

      makasihh mbak Yanet :)

      Delete
  3. selama untuk kebaikan, menolong itu nggak perlu dipikrkan. dan nggak perlu pandang bulu :)
    tapi, jaman sekarang banyak banget modus kejahatan yang nggak terduga, kita harus berhati2 juga

    ReplyDelete
  4. yang amat memilukan dan mejadi ironi ketika ada orang kecelakaan, bukannya di tolong malah dilihatin aja, itulah moral kebanyakan orang saat ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin merasa takut mas...apalagi kalau yg lukanya parah

      Delete
  5. tolong menolong harus dilakukan setiap orang, anak mbarep sudah memiliki sifat ini...senang sekali pasti orang tuanya, selain itu kita juga harus bijak dalam menasehati...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga berlanjut terus ya mbak Dwi, kebaikan demi kebaikan dilakukannya... maturnuwun :)

      Delete
  6. Mas Dani..lanjutkan! semoga tetap jadi anak yg baik hati, penolong, soleh..:)

    ReplyDelete
  7. Untuk menolong tidak perlu liat siapa mereka cowok atau cewek kalau sudah ada niat nolong tinggal laksanain aja biar dapat pahala :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalau terlalu lama mikirnya malah gak jadi nolong :(

      Delete
  8. Menolong teman sekecil apapun adalah sebuah kekeluargaan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul...dan harus ditingkatkan terus :)

      Delete
  9. Menolong itu tak usah pandang bulu, ya.
    Anak lanang mbarep bisa jadi teladan yg baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak Pipit...
      insyaAllah, semoga berkelanjutan sampai dia dewasa :)

      Delete
  10. tolong mrnolong itu sangat di anjurkan dalam hidup bermasyarakat dan tak perlu berpikir-pikir dalam melakukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Defa, cuma di jaman sekarang ini juga harus berhati2 menolong orang, ikuti kata hati aja dan yang penting ikhlas melakukannya :)

      Delete
  11. kalau menolong teman pingsan sih tidak harus pikir panjang, tapi haru tetap tenang aga bisa memikirkan pertolongan terbaik kali ya mbak? terus kalau menolong orang pingsan memang harus hati-hati kalau ada hal di balik itu...ok makasih infonya. happy blogging mbak ninik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, karena kondisinya darurat....
      sama2... happy blogging juga :)

      Delete
  12. Sukur masih ada Mas Dani—tahu kapan mesti 'cancut tali wanda' :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mas...digerakkan hatinya untuk menolong temannya... :)

      Delete
  13. JUAL OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN MANJUR UNTUK USIA 1-7 BULAN.
    OBAT YANG KAMI JUAL RESMI DARI RUMAH SAKIT, JADI ANDA TIDAK PERLU RAGU LAGI UNTUK ORDER OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN YANG KAMI JUAL KARENA BERGARANSI DAN DIJAMIN 100% TUNTAS TANPA HARUS KURET LAGI.

    HP/WA:085647869265
    BBM: 2A41 3EE2

    INFO LEBIH LANJUT KLIK WEBSITE RESMI KAMI YANG TERTERA DI BAWAH INI:


    Obat Aborsi

    obat aborsi asli

    Jual Obat aborsi asli

    cytotec

    cytotec asli

    jual cytotec asli

    Cara Menggugurkan Kandungan

    Obat Terlambat Datang bulan

    Obat Penggugur Kandungan



    www.DOKTERAYU.com


    BBM :: 2A41 3EE2
    HP :: 085647869265


    Salam Sejahtera Untuk Semua??? Kita Di Sini Mau Berbagi Sedikit Tentang obat aborsi Ampuh Atau obat penggugur kandungan.
    Mungkin Di Telinga kita Tidak Asing Lagi. Tentang Kata “ABORSI“. Apa Itu Aborsi???
    Bagaimana Cara Aborsi??? Dan Obat Aborsi Obat Pengugur Kandungan Apa Yang Di Pakai Untuk Aborsi??
    Info Lanjut Bisa Kunjungi Website Kami: obat aborsi Ampuh Aman Dan Terpercaya Terima Kasih Banyak.
    Dan Sekarang 80% Penjual Obat Aborsi Di Dunia Maya Hanya Lah Modus Untuk Menipu, Jika Anda Mau Order obat aborsi
    Sekarang Kita Memberi Tips Membeli Obat Aborsi Asli Semoga Semua Jadi Pembeli Yang Cerdas Dan Selalu Mengutamakan Kesehatan.

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)