Monday, 12 January 2015

Sambal Kecap Ala Mama DOA

Ada yang bilang, makan nasi tanpa sambal terasa hambar. Tingkat rasa pedasnya pun berbeda-beda. Ada yang sukanya sumer (bahasa Tulungagung yang artinya  sedang), atau super pedas. Memang relatif sesuai selera masing-masing.

Jenis sambal pun beragam, ada sambal terasi, sambal bawang, sambal bajak, sambal kluwak, dan lain-lain. Masing-masing daerah mempunyai nama sendiri-sendiri, meskipun dari segi bahan maupun tampilannya sama saja.

Saya mau share resep membuat sambal kecap yang praktis namun fresh ketika dimakan. Resep ini sangat cocok untuk yang sedang terburu-buru tetapi pengin menikmati sambal yang segar dan pedas. Karena bahannya yang sederhana dan sangat mudah didapatkan, serta praktis karena tidak perlu ulekan, hanya diiris-iris saja.

Yuk mari kita membuatnya!

Bahan-bahan:
  • cabe rawit 10 biji (sesuai selera)
  • tomat 1 buah
  • kecap manis
  • garam secukupnya
Cara membuat:
  • Cabe rawit diiris 1/2 cm.
  • Tomat dipotong dadu.
  • Masukkan irisan cabe dan tomat ke dalam mangkok. Setelah ditaburi garam secukupnya, pencet-pencet dengan sendok hingga agak layu. lalu tuangkan kecap dan aduk-aduk hingga merata.
Jadi deh :D

Sambal kecap ini sangat cocok sebagai teman makan nasi soto, nasi gulai, nasi ayam/ikan goreng, sebagai cocolan gorengan, seperti: tempe mendoan, ote-ote, tahu aci, ketela pohon goreng dll

Selamat mencoba :)
*****

36 comments:

  1. betul mbak, nggak ada sambel rasanya hambar banget rasa makanan

    ini mah ciamik bget sambelnya mbak...

    ReplyDelete
  2. Saya suka bikin ini mba kalo males bikin sambil terasi. Praktisssss DAN nikmatttttt

    ReplyDelete
  3. Fotonya kalo ditambah mendoan enak tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto mendoan sudah siap Mbak, ntar tinggal dibikin postingan sendiri hihihi

      Delete
  4. saya malah nggak suka pedes ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih cabe juga enak kok :)

      Delete
  5. sambal kecap, cocok untuk makan tahu sumedang.. enak

    ReplyDelete
  6. Mbak minta nomor HP deh entar kalo mudik lebaran saya mau mampir minta sambel kecapnya hehe..... Postingan yang bikin ngiler hari ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh2....pasti belum sarapan yaa.....hehe

      Delete
  7. Sepertinya ada yang kurang tuh Mba, medoan atau sate kambingnya ga ada. he,, he, he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebenernya banyak banget yang bisa dimakan bareng sambel kecap ini hehe

      Delete
  8. Replies
    1. oke....dimakan sama nasi anget plus tempe goreng :D

      Delete
  9. betul banget,kurang aja kl g ada sambal hehe

    ReplyDelete
  10. Waah! Mata ngantuk jadi melek makan ginian yaa. Kalo di kampung saya (Ambon) ada juga yg kayak gini,Mak...cuma bedanya tidak pakai garam, tapi pakai cuka sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga ditambahin cuka Mak Mutia, cuma kan sudah ada tomatnya :D

      Delete
  11. Saya nanti mau nyoba ah! :D
    makasih infonya ya mak

    ReplyDelete
  12. Sambel... saya suka sambel apa saja.... krn pasti lezat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Susi ternyata penyuka sambal juga ya :D

      Delete
  13. Di lidah kurang berasa kalau gak pakai sambel, mbak :D.
    sepertinya mantap, soalnya saya suka tomat mbak. meskipun diolah sama bawang merah saja, plus gula jawa, enak dah, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dapat resep baru nih, tomat+gula jawa, jadi minuman ya?
      pasti seger :D

      Delete
  14. yang pedes2 enak, tp kalau kepedesan, jd gak enak, gak bisa merasakan makanannya. tp sekarang kayaknya cabe lagi mahal ya, tp jg bukan cabe cabean.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pedesnya disesuaikan selera aja :D

      Delete
  15. Lebih enak sambal tomat pedas asam gimana gituuuu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada rasa asam2nya sekalian ngilangin aroma amis2an dari ikan juga mbak... hehe

      Delete
  16. Mbak Nik... Paling sering sambal kecap itu ditaburi Brambang (red Onion).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mas, kalo ditambah brambang mentah enaknya dimakan sama sate kambing, kalo ditambah brambang goreng enake karo tahu lontong yo Mas...hehehe

      Delete
  17. Waaah, 10 cabai rawit mbak? Pedesssnya :p Aku gak kuat makan yang pedas2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo saya yang bikin Mak hihihi
      kalo gak suka pedes cukup 1 atau 2 aja cabenya :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)