Sunday, 15 February 2015

Liburan Seru dengan Sepeda Impian bersama Keluarga

Liburan adalah saat yang paling ditunggu-tunggu.
Biasanya jauh-jauh hari sebelum liburan tiba, kita sudah merencanakan liburan seru bersama keluarga tercinta. Bisa ke pantai, ke tempat-tempat wisata, atau sekedar jalan-jalan sambil menikmati kebersamaan. Tentu saja tidak lupa memilih alat transportasi yang akan digunakan, apakah pesawat, kereta api, bus, angkutan umum, mobil rental atau mobil pribadi, sepeda motor, atau sepeda kayuh.

Sudah pernahkah Teman-teman berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi suatu tempat dengan bersepeda? Rasa-rasanya seru juga ya?
Wah bisa dipertimbangan juga nih!

Keuntungan yang Kita Dapat dengan Bersepeda bersama Keluarga

  • Menambah kerukunan antar anggota keluarga. Kita akan merasakan kebersamaan dan suka cita saat mengayuh sepeda, sambil sesekali mengobrol akan meningkatkan intensitas interaksi emosi dan menambah semangat.
  • Murah meriah. Dengan bersepeda jelas tidak ada biaya transportasi yang dikeluarkan. Sebagai gantinya adalah biaya energi yang sudah kita keluarkan untuk mengayuh sepeda, yaitu makan dan minum.
  • Lebih santai dan bisa lebih menikmati pemandangan sekitar dengan lebih seksama. Bersepeda dengan santai membuat kita bisa menikmati alam sekitar secara lebih detail. Bayangkan sewaktu melewati hamparan sawah, kita bisa melihat tanaman padi yang bergoyang-goyang diterpa angin, mendengar suara kicau burung yang terbang di antara pepohonan. Tidak lupa jika ada penjual makanan yang sekiranya menarik perhatian dan memang sudah waktunya untuk makan, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak untuk beristirahat sambil "mengganti energi yang telah hilang".
  • Lebih sehat pastinya. Bersepeda sama saja dengan berolahraga. Mengayuh pedal juga membuat kalori kita terbakar. Jadi tentu saja bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan
Agar liburan dengan bersepeda ini berjalan dengan lancar, tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar berlibur dengan bersepeda tetap menyenangkan.

  • Stamina tubuh harus baik dan tidak sedang sakit. Ini penting banget ya. Saat tubuh tidak/kurang fit jelas akan membuat kita tidak bisa menikmati liburan dengan total. Bisa-bisa malah membuat repot anggota keluarga yang lain.
  • Perlengkapan yang harus dibawa. Meskipun bersepeda, hendaknya tidak melupakan perlengkapan seperti: botol air minum, alat komunikasi (hape), kamera bagi yang suka narsis, uang secukupnya dan obat-obatan seperlunya (seperti minyak kayu putih botol kecil, obat merah, plester, dll), makanan jika suka (kalau lebih suka praktis alias beli saja ya tidak usah bawa makanan). Masukkan ke dalam tas ransel kecil yang bisa dibawa oleh salah satu anggota keluarga. Ingat! Tas ransel jangan diisi banyak-banyak ya, nanti malah menambah beban si pembawa dan membuat tidak nyaman mengayuh sepedanya.
  • Memilih sepeda yang ringan, kuat, dan nyaman. Tentu saja banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk memilih sepeda yang tepat, agar perjalanan liburan tidak menyisakan rasa capek yang teramat sangat dan membuat senang dan nyaman, sehingga ingin mengulang kembali liburan bersepeda bersama keluarga tercinta.
  • Jangan menentukan tujuan yang terlalu jauh. Pilih tujuan yang tidak terlalu jauh, agar tidak kecapekan di jalan. Apalagi jika baru pertama kali melakukan liburan dengan bersepeda, dan ada anggota keluarga yang masih kecil.

Tips Memilih Sepeda yang Ringan, Kuat dan Nyaman
Berbicara tentang sepeda, rasanya perlu untuk mencari informasi detail tentang berbagai macam jenis sepeda dan bagaimana cara memilih sepeda yang baik dan benar. Salah satu
sepeda terkenal yang sudah tidak asing di telinga kita adalah POLYGON. Saya pribadi pernah memiliki 2 buah sepeda POLYGON, yaitu POLYGON SIERRA warna biru yang ada keranjang di bagian depannya, dan POLYGON BONANZA warna hijau yang dulu dipakai si "Mbarep" ke sekolah saat dia masih kelas 1 dan 2 SD, sekitar tahun 2007-an.

Berikut AnekaTips Memilih Sepeda:

  • Jenis sepeda yang dipakai. Pilih sepeda yang akan disesuaikan dengan medan yang akan ditempuh. Tentu saja sepeda untuk anak-anak berbeda dengan sepeda untuk orang dewasa.
  • Bahan sepeda. Perhatikan bahan atau sparepart sepeda. Pilih yang menggunakan velg aluminium dan rangkanya terbuat dari baja ringan.
  • Sesuaikan dengan kantong. Ini penting ya. Jangan gara-gara membeli sepeda mahal jadi berhutang. Nanti sepedanya kalau dinaiki bisa bunyi: "dit...dit...kredit...." *hihihi* (SKIP saja bagian ini). Ternyata oh ternyata, harga sepeda itu tidak hanya berbandrol 1t-10jt, bahkan ada juga sepeda yang harganya mencapai 60 juta hingga 100 juta lho. Tapi tidak usah berkecil hati karena meskipun murah belum tentu jelek ya.
  • Pilih toko sepeda yang baik. Yaitu dealer/toko yang benar-benar mengerti tentang sepeda. Jangan lupa cari dealer yang ramah kepada pelanggan. Kita bisa bertanya sepuasnya tanpa khawatir pelayan tokonya cemberut sehingga bisa menghilangkan mood.

Rencana Liburan Seru Bersepeda POLYGON Bersama Keluarga


*Menentukan Lokasi
Karena baru pertama kali melakukan liburan dengan bersepeda, maka cukup memilih tujuan yang dekat-dekat saja. Takutnya nanti malah kecapekan. Yang paling penting adalah kebersamaan bersama keluarga tercinta.

Hari#1
Huko (Hutan Kota) ~ Bersantai dan bermain
Huko berlokasi di desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Jarak tempuh dari rumah saya ke lokasi kurang lebih 6 km.
Di Hutan Kota ini selain memang ada hutan buatan, tersedia juga aneka mainan untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dll. Ada tempat berkumpul dan mengobrol, berupa kursi stainless memanjang yang diletakkan di berbagai sudut taman. Disini juga ditanam aneka tumbuhan sehingga anak-anak bisa belajar dari alam.

Hari#2
Alun-alun Kota Tulungagung ~ Bermain
Alun-alun Kota Tulungagung ini berlokasi di Jl. RA Kartini Tulungagung.
Disini ada arena bermain pasir, taman air mancur, kolam ikan, arena skateboard, dan ada ratusan burung merpati.

Jarak tempuh dari rumah saya ke lokasi kurang lebih 7 km.

Sumber : http://www.tulungagung.go.id/

Hari #3
Pasar Senggol Bangoan ~ Berwisata Kuliner
Sumber : http://www.tulungagung.go.id/
Pasar Bangoan ini berlokasi di desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.

Jarak tempuh dari rumah saya ke lokasi kurang lebih 10 km. Di pasar senggol ini disediakan aneka macam wisata kuliner khas Tulungagung, seperti gethuk, cenil, kicak, gathot, jenang grendul, thiwul, punten pecel, sompil, ayam lodho dan aneka makanan khas yang lain.

Enaknya berangkat pagi-pagi, mengayuh sepeda dengan santai. Lanjut berwisata kuliner. Hmm pasti nkmat dan menyenangkan.

* Saatnya Memilih Sepeda POLYGON yang Tepat

Saatnya browsing ke website POLYGON, di http://store-id.polygonbikes.com/ untuk mempelajari berbagai macam jenis sepeda beserta fungsinya, dan tentu saja harus disesuaikan dengan budget. Jangan lupa cek harga sepeda agar kita sudah punya patokan harga dan tahu tentang sepeda yang akan dibeli.

Untuk Papa
Sumber : http://store-id.polygonbikes.com/cozmic-cx1.0.html
POLYGON COZMIC-CX1.0 adalah sepeda gunung (MTB) yang didesain mengikuti XC race (yang harganya dibandrol mulai 16 juta-an), namun yang ini harganya lebih terjangkau. Dan yang paling penting sepeda ini tetap tangguh untuk menjelajah medan cross country.

Untuk Mama
Sumber : http://store-id.polygonbikes.com/sierra-deluxe-5-clone.html
Sepeda tipe City ini bisa dipasangi keranjang, sangat cocok untuk Mama yang suka bawa perlengkapan. Tapi harus diperhatikan muatan jangan sampai overload.

Untuk Mas Dani
Sumber : http://store-id.polygonbikes.com/bike-to-work-26.html
POLYGON BIKE TO WORK ini sangat cocok untuk Mas Dani, karena merupakan sepeda MTB berjenis LEISURE yaitu sepeda gunung (MTB) yang didesain dengan posisi duduk yang lebih tegak demi kenyamanan berkendara. Sepeda ini dapat digunanakan multifungsi baik di offroad maupun perkotaan. Selain bisa untuk berlibur bisa juga untuk ke sekolah.

Untuk Kakak Ony
Sumber : http://store-id.polygonbikes.com/rayz-24.html
POLYGON RAYZ-24 ini adalah sepeda gunung yang didesign khusus untuk  junior rider. Tersedia dalam ukuran yang sesuai dengan tinggi badan anak.

Untuk Adik Ahya
Sumber : http://store-id.polygonbikes.com/cleo-20.html
POLYGON CLEO-20 ini adalah sepeda gunung yang didesign khusus untuk  junior rider. Tersedia dalam ukuran yang sesuai dengan tinggi badan anak.

Nah, karena sudah memilih sepeda, lanjut ke toko sepeda yang menjual sepeda POLYGON. Jangan lupa tes dulu dengan tanya-tanya seputar informasi sepeda yang akan dibeli tapi sebenarnya kita sudah tahu jawabannya. 

* Bekal yang Harus Dibawa

Karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, tidak perlu membawa bekal yang banyak. Yang paling penting air minum dan snack atau biskuit. Atau roti tawar isi meses saja. Untuk makan siang bisa beli di warung atau resto. Tinggal diskusikan, terutama anak-anak, mau makan dimana.

Obat-obatan ringan seperti minyak kayu putih, obat merah jangan lupa dibawa. Uang tunai sebaiknya dibawa secukupnya. Perlengkapan lain seperti tisue dan tisue basah juga sangat penting.

*Persiapan Mental dan Fisik
Selain fisik yang sehat diperlukan juga mental yang kuat, misal saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti ban bocor atau rantai putus. Usahakan tetap tenang, jangan panik, dan segera mencari solusi.


Wah, rasanya sudah tidak sabar menunggu saat liburan kenaikan kelas di bulan Juni yang akan datang. Dengan bersepeda, tentu saja badan menjadi kuat dan sehat. Setelah berlibur tentu saja anak-anak akan lebih siap untuk masuk sekolah kembali. Mereka akan belajar dengan semangat membara karena otak fresh kembali setelah berlibur bersepeda, karena dengan bersepeda kita menyatu kembali dengan alam. Sungguh petualangan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta.
*****
Sumber :
http://www.anneahira.com/cara-memilih-sepeda.htm
http://store-id.polygonbikes.com/panduan-memilih-sepeda.html
http://www.tulungagung.go.id
*****

22 comments:

  1. jadi kepingin liburan main sepeda jg...
    lengkap artikelnya :)

    ReplyDelete
  2. wah, sepedaan memang seru ya. sehat lagiii.....
    jadi pingin sepedaan keliling kota.
    kalau saya punya bmx, bagus nggak tuh? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau bareng teman atau keluarga, tambah seru tentunya
      bmx beda sama MTB Mas, lebih berat sepedanya :)

      Delete
  3. Kalau naik sepeda bareng keluarga itu paling enak, bia buat hidup sehat dan akan banyak cerita dan kisah bersama. Tapi sekarang jadi tidak sulit juga untuk mendapakan lokasi penual sepeda ya Mba, lebih mudah untuk mendapakan informasi penjulan sepeda yang tepat sih kayanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener banget...
      memang kita browsing dulu untuk lihat2 jenis dan harganya, baru ke toko sepeda terdekat...biar kita jadi pembeli yang pintar :D

      Delete
  4. enak juga ya bisa sepedaan bareng keluarga.. keren sepeda2 dari poligon, jadi ingin beli :)

    ReplyDelete
  5. Saya baru aja beli sepeda mbak, maklum hampir 1 tahun ndak naik sepeda, jadinya terlena untuk tidak olahraga ni :D, terima kasih Info nya yang sangat bermanfaat ini ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh asyik dong, jadi bisa sepedaan dan berolahraga :D

      Delete
  6. keren banget emang polygon ya mbak, buatku mana nih mbak polygonnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat mbak Dwi sama mas Tweety bisa coba sepeda tandem aja Mbak, asyik lho keliling perumahan sambil sepedaan berdua :D

      Delete
  7. Cozmic, heewww pengen beli sepeda itu haaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaa cocok banget ya sama mas Rullah yang suka berpetualang naik sepeda :D

      Delete
  8. Udah lama nggak sepedaan, Mba.
    Btw sy tertaik sy istilah 'huko', hehehe lucu ya.
    Baru tahu lho mba *kudet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak....aku juga :D
      HUKO itu memang namanya mbak, pinter ya yg bikin singkatan hehehehe

      Delete
  9. Saya malah sampe lupa cara ngayuhnya bagaimana,,,habis kelamaan nggak pake sepeda maklum tinggal didaerah yang nggak mendukung untuk sepeda,Tapi jujur rasanya kangen bisa bersepeda diderah pedesaan yang masih ijo royo-royo

    ReplyDelete
    Replies
    1. suatu saat di planning aja liburan bersepeda...pasti seru :D

      Delete
  10. oh jarah Hukot dengan rumah njenengan 6 km, kalau dengan rumah saya sekitar 300 meter. tapi saya tidak pernah menginjakkan kaki saya di Hukot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah njenengan mana mas Rachmat?
      300 meter ke arah barat, timur, utara atau selatan? Nanti biar saya tebak :)
      sekali2 main ke huko, Mas :)

      Delete
  11. Wah sepertinya asyik juga berliburan dgn berseeda bersama keluarga ya Mbak?
    Belakangan bersepeda mulai nge-trend lagi sepertinya, setidaknya dilingkungan tempat kerja saya. Satu dua orang mulai bersepeda menuju temat kerja.

    Salam kenal dari saya di Sukabumi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mas, kebersamaan dalam mengisi liburan :)
      belakangan orang-orang mulai menyadari kesehatan dan manfaat bersepeda, selain sekalian berolahraga dan mengurangi polusi udara, juga menghemat bensin, hehe

      salam kenal kembali, Mas ...makasih sudah berkunjung :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)