Tuesday, 3 February 2015

Pentingnya Sarapan Pagi

Nasi pecel khas Tulungagung, salah satu menu pilihan sarapan pagi.Yang bulet digoreng itu namanya entho.

Jangan pernah menyepelekan sarapan pagi!

Sarapan pagi yang terlihat sangat sepele itu, ternyata sangat penting bagi aktifitas kita sehari-hari. Ibarat mobil atau motor, sarapan pagi adalah penggerak mesin agar mobil bisa berjalan kencang dan lancar. Tidak macet-macet, bahkan tidak sampai mogok di jalan, yang tentu saja membuat aktifitas selama seharian menjadi terganggu.

Ada memang sebagian orang yang tidak terbiasa sarapan. Dia bilang kalau sarapan malah perutnya mulas. Bahkan ada malah yang sarapannya sekalian makan siang. Haduh! memangnya makan bisa dirapel gitu ya? *hehehe*

Bagi saya dan anak-anak, sarapan pagi itu wajib. Saya tidak ingin anak-anak kelaparan pada saat belajar dan bermain di sekolah. Gimana mereka bisa berkonsentrasi jika perut kosong. Yang ada malah lemes dan gelisah karena kelaparan. Yang paling saya takutkan jika terkena penyakit organ pencernaan. Itu opini saya tentang sarapan pagi.

Sarapan pagi, perlu latihan juga lho
Di awal memang banyak kendala untuk melatih anak-anak sarapan pagi. Seperti baru dua suapan sudah mau muntah (ini terjadi pada Ony, anak kedua saya), atau tidak bisa makan nasi sama sekali ketika pagi (ini terjadi pada Ahya, anak ketiga saya).

Solusi
Untuk Ony, saya tetap menyediakan sarapan, dengan saya suap sedikit (baca= sedikiiiittt sekali, alias seujung sendok) demi sedikit. Memang harus telaten. Dari 5 sendok makan, lama-lama 10 sendok makan dan mau makan sendiri. Alhamdulillah sekarang sudah kelas 5 SD, dan nasi pecel pun dia sudah mau.

Untuk Ahya, sampai usia kelas 1 SD masih sarapan cereal plus susu. Saya terkadang sampai heran, "apa gak bosen ya?". Cerealnya hanya mau yang coklat lagi. Dia tidak suka cereal putih (seperti honey star). Ya sudah lah, cereal plus susu pun termasuk menu sarapan bergizi untuk anak-anak kok.
Sedikit demi sedikit saya ganti cerealnya dengan nasi goreng mentega atau roti tawar yang dioles mentega dan ditaburi meses. Alhamdulillah, sekarang (sudah kelas 2 SD) juga sudah terbiasa sarapan nasi, seperti kakak-kakaknya.

Untuk membiasakan anak sarapan pagi memang Ibu harus banyak akal dan tidak boleh menyerah. Ketika anak tidak mau, jangan langsung distop, bisa jadi karena anak lagi tidak mood atau perlu penyajian yang menarik.

Terus terang, sampai anak-anak saya besar, saya belum pernah membuat bento (menghias makanan jadi berbagai macam karakter kesukaan anak-anak). Selain tidak ada waktu karena saya masih bekerja full time pada saat itu, jiwa seni saya juga masih perlu dipertanyakan. *hihihi*

Sarapan untuk orang dewasa juga tidak kalah penting lho. Yuk, mari budayakan sarapan pagi, agar kita bisa lebih bersemangat mengejar mimpi :D

Semangattt ^^
*****

29 comments:

  1. Sarapan memang penting untuk mengawali hari-hari beraktifitas. Apalagi anak-anak yang super antraktif baik di rumah ataupun di sekolah. Gak kebayang kalau anak jadi lemes di sekolah karena gak sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kasihan banget kalau gak bisa konsentrasi gara2 kelaparan :)

      Delete
    2. iya kasihan banget kalau gak bisa konsentrasi gara2 kelaparan :)

      Delete
  2. mbak, pecelnya menggoda banget ya....kalo seperti itu mah sarapannya jadi wajib nih..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak kesini, nasi pecel tulungagung memang mantap, hehe :D

      Delete
  3. sarapan memang harus, ya saya membiasakan anak2 sarapan. Apalagi saya, kalau gak sarapan lemes sepanjang hari. Ih nasi pecelnya asik tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak sarapan upntuk energi hari itu...
      itu nasi pecel khas tulungagung Mbak :)

      Delete
  4. betul banget,sarapan itu wajib,soalnya kan buat tenaga kalau kita mau beraktivitas. mau pecelnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. main sini Mbak Hana....beneran deh aku traktir :D

      Delete
  5. Wah, ternyata segitunya ya sampe gak bisa sarapan pagi. Baru tau :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa orang memang ada yg tidak terbiasa sarapan pagi Mbak :)

      Delete
  6. Setuju dengan emak, sarapan jauh lebih penting dari makan siang....

    ReplyDelete
  7. Saya juga wajib sarapan, Mba.
    Tapi seringnya buah kadang ditambah jus.
    Sabar banget nih Mba sampai anaknya mau makan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sebagian anak2 harus dilatih juga biar terbiasa sarapan :)

      Delete
  8. nah memang harus dan wajib buat sarapan pagi soalnya bakal lemes buat ngejalanin aktifitas sehariharinya :D

    ReplyDelete
  9. Sarapan favorit itu Bubur Ayam :-)

    ReplyDelete
  10. orang tamvan selalu sarapan setiap pagi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak sarapan berarti gak tamvan dong, hehehe

      Delete
  11. setuju mak, saya selalu membiasakan anak2 sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Kalau ayahnya terbiasa sarapan dengan secangkir kopi untuk sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip Mbak :)
      suami saya dulunya biasa sarapan pagi+kopi susu hangat, sekarang kebiasaannya berubah sarapannya di jam2 makan siang

      Delete
  12. Saya selalu sarapan setiap pagi, setelah itu saya aru berangkat kerja hasilnya saya terbebas dari penyakit maag, dan bekerja semakin semangat dan siap menghadapi tantangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp...jadi sehat dan tambah semangat ya Mas :)

      Delete
  13. Aku sarapan pagi jam 10 atau jam 11 siang, kalo pagi2 sarapan suka mules :-)

    ReplyDelete
  14. Aku juga termasuk yang terbiasa sarapan mbak, kalau enggak sarapan lemes :p

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)