Tuesday, 17 March 2015

Bakso dan Es Kencur Pak Mun

Semangkuk bakso Pak Mun
Semangkuk bakso itu sudah biasa, tapi semangkuk bakso Pak Mun ini luar biasa.
Penampilannya sih biasa-biasa saja, tapi rasanya itu lho yang luar biasa.

Bakso dan Soto Pak Mun ini terletak di depan Stasiun Kereta Api Tulungagung agak ke selatan. Karena jalannya satu arah, harus lewat jalan sebelah timur dealer Cahya Yamaha, kemudian belok ke utara. Hati-hati jangan ngebut, karena lokasinya di sebelah barat jalan kurang lebih 100 meter dari pertigaan.

Bakso ini sudah "mengudara" sejak saya SMA, tahun 1986-1989. 
Bayangkan! Sudah 29 tahun! Bisa jadi lebih ya, karena saya tidak tahu Pak Mun ini mulai membuka usahanya sejak kapan. 
Penampilan tempatnya sederhana, dan sampai sekarang pun tidak ada yang berubah, mulai dari bangkunya, mangkuknya, sendoknya, sama sekali tidak ada yang diubah. Warung ini selalu ramai, tidak pernah sepi dari pelanggan. Menu utama yang disajikan adalah bakso dan soto.

Seingat saya dulu pak Mun pernah membuka beberapa cabang, tapi tidak seramai pusatnya. Dan akhirnya, sekarang ya hanya ada satu, di depan Stasiun ini.
Bisa juga dicampur lontong
Semangkuk bakso, soto ayam dan soto daging dibandrol Rp. 10.000,-. Kalau baksonya nambah lontong jadi Rp. 11.000,- saja. 
Tahu nggak? Dulu tahun 1990-an harganya semangkuknya Rp. 3000,- lho. Kemudian Rp. 5.000,- , dan sempat juga dibandrol Rp. 8.000,-.

Minuman yang disajikan juga banyak pilihan, ada es campur, es buah, es teh, cappucino, dll. 
Namun yang membuat saya suka kesini adalah Es Beras Kencur. Tidak ada es beras kencur di Tulungagung yang enaknya menyaingi di tempat Pak Mun ini. Padahal mungkin di warung lain juga ada menu es kencur.

Es kencur yang ngangeni
Es kencurnya bikin nagih!
Terbuat dari sirup merah, ditambah beras kencur dan dikasih es batu. Itu saja. Tapi di sini rasanya lebih segar. Saya sudah mencoba es kencur di berbagai tempat di Tulungagung bahkan di Mojokerto, tetapi hanya di sini saya merasakan nikmatnya es kencur.
Harga per gelasnya Rp. 3000,- saja.

Dulu, ketika saya masih merantau di Surabaya, Bali dan Mojokerto, bakso dan es kencur ini adalah menu wajib yang harus saya santap ketika berkunjung ke Tulungagung. Benar-benar bakso legendaris bagi saya. 
Teman-teman, kalau lagi berkunjung ke Tulungagung silahkan mampir ke sini yaa :)
*****
Silahkan baca juga : Nasi Bantingan Khas Tulungagung


46 comments:

  1. seumur-umur belum pernah minum es beras kencur bu, mendengarnya jadi penasaran. kapan-kapan ke tulungagung ah.. beli es kencur dan mapir ke rumah bunda Ninik, boleh kan..??

    ReplyDelete
  2. mbak asli tulungagung ya...
    es kencur mantap itu mbak... seger!!

    ReplyDelete
  3. Wuih...bakso sih kuliner favorit keluarga sering berburu tukang bakso yang enak-enak kalau disini sih bakso malang jagonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bakso malang saya juga suka... malah waktu hamil kedua saya ngidamnya bakso malang... sampe bela-belain ke Malang naik bus saking kepenginnya :D

      Delete
  4. Abis makan bakso minum es jamu.. Jadi berimbang gizi nya..bisa lebih sehat... udah lama sekali pak mun berjualan baksonya.. Sepertinya Mba ninik jd pelanggan setia bakso pak mun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas...ini bakso legendaris... karena sejak SMA sampai sekarang masih ada :)

      Delete
  5. Kayaknya saya jadi lapar lihat postingan ini...

    ReplyDelete
  6. Mungkin pak Muni punya resep rahasia mba sehingga rasanya tidak tertandingi sama yang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener...rasanya gak ada yang nyamain...hehe

      Delete
  7. biasa nya penjual bakso yang bertahan lama gini , gak mengurangi resep yang sudah dibuat , jadi rasanya tetap maknyus , dan membuat pembeli akan datang kembali.. sukses buat pak Mun

    ReplyDelete
  8. hmmm, ini nih makanan favorit ane, tp kok es kencur kayak apa itu rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baksonya favorit tapi es kencurnya yang belum nyoba

      Delete
    2. yuk mari....es kencurnya ini mah kesukaan saya...ngangeni :D

      Delete
  9. jadi pengen nyoba Es Beras Kencur, tapi didaerah saya nggak ada yang jualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli beras kencur aja Mbak, habis itu dikasih sirup dan es batu :)

      Delete
  10. es kencurnya itu yang penasaran saya dibuatnya :D

    ReplyDelete
  11. Hmm... masih ngebayangin bakso pasangannya beras kencur. Belum pernah coba. Biasanya pasangannya sama es teh atau es jeruk ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya pilihan minumannya banyak Mbak Ika, cuma kalau di Pak Mun saya selalu milih es beras kencur :D

      Delete
  12. oh my God, bakso pakai lontong itu enak banget Mba, hehehe, itu es kencurnya juga seger banget ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm nikmat Tuhan yg mana lagi yg kau dustakan.... :)
      memang top markotop mas, apalagi saat lapar....

      Delete
  13. Hmm...baksonya nikmat banget kayaknya mbak, dari masih SD ampe sekarang saya paling suka sama yang namanya bakso... Bakso ditempat langganan saya dulunya 2500 terus naik 5000 terus sekarang harganya 10.000 termasuk lontong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa...ternyata sama juga yaa.....karena bakso itu gampang nyarinya dan enak rasanya :)

      Delete
  14. waa ala ini menggoda selera kaum muda baksooo hehe mantap mbak ninik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. senengnya lagi yg suka bakso bukan hanya kaum muda saja, kaum tua kayak saya juga tergoda, hehe

      Delete
  15. Kalo enak pasti mjd pelanggan setia ya mba.
    Ngeces sama bakso dan es kencurnya. Unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak akhirnya jadi langganan selama puluhan tahun :)

      Delete
  16. Aku demen nya makan bakso di jawa timur itu selalu ada jeruk nipisnya, jadi rasa nya bisa agak2 sedikit asem. Kalo di jakarta boro2 ada jeruk nipissss hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang sebagai pengganti jeruk nipis dikasih cuka, rasanya juga sama jadi agak kecut tapi seger dan gak amis :)

      Delete
  17. Bakso campur lontong? Belom pernah cobak, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak dimakan kalau kondisi pas lapar sangat Mbak :)

      Delete
  18. es kencur??? semacam jamu yang sueger dipadu serutan es ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jamunya beras kencur, tapi esnya gak diserut, es batu biasa... :)

      Delete
  19. kalo bakso di mojokerto, paling enak dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jadi inget Moker nih...
      kalau di sana saya suka bakso solo depan stasiun dan bakso miji sebelah selatan rel kereta api jl. pahlawan
      Mbak dari Mojokerto kah?

      Delete
  20. Wah, sampai puluhan tahun gitu ya mbak, pasti rasanya memang luar biasa makanya bisa bertahan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, rasanya itu khas....makanya jadi nagih :D

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)