Monday, 30 March 2015

Ketika Musim Durian Melanda Tulungagung


Harga durian dibandrol mulai 10K.
Mulai bulan Februari kemarin di Tulungagung sedang musim durian. Daerah penghasil  durian adalah daerah Watulimo, Trenggalek. 
Tulungagung dan Trenggalek hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan saja.

Durian Watulimo terkenal enaknya. Selain rasanya manis, legit, bijinya kecil (daging buahnya tebal), dan buahnya juga gampang dibelah. Saya sendiri bukan ahli dalam memilih durian. Biasanya yang jago memilih durian itu adalah suami saya. Tapi karena suami bekerja di Bali, sementara Kakak Ony dan Adik Ahya juga penggemar durian seperti Papanya, mau gak mau saya harus mau berburu durian bersama mereka.

Sepertinya akhirnya menjadi sebuah kebiasaan, setiap hari Sabtu atau Minggu adalah hari wajib berburu durian. Berburunya cukup di Pasar Ngemplak, Tulungagung saja. Hampir setiap hari di area parkir dari barat sampai ke timur dipenuhi mobil pick up yang penuh dengan durian Watulimo yang aromanya bikin gak nahan para pengguna jalan yang lewat. 

Sebenarnya kalau sudah musim durian begini tidak susah mencari tempat mangkal para penjual durian. Di sepanjang jalan raya Tulungagung-Trenggalek dengan mudah bisa ditemui. Konon katanya kita bisa dapat harga lebih murah jika mau langsung datang ke Watulimo. Tapi ya tetep harus pinter-pinter nawar.

Durian Repto dari Watulimo
Durian "Repto" dari Watulimo, Trenggalek
Sumber: https://jawatimuran.wordpress.com/2012/07/13/durian-repto-kabupaten-trenggalek/
Karena selama ini hanya bergantung kepada suami dalam hal pemilihan durian, membuat saya gagal paham dalam pemilihan durian yang bagus. Tapi, karena setiap hari saya lewat Pasar Ngemplak yang dipenuhi aroma durian, dan rengekan duo krucil, akhirnya si Mama yang sebelumnya tidak suka durian karena harganya mahal ini mau juga belajar memilih durian.

Dari beberapa kali membeli, akhirnya saya menemukan beberapa trik jitu untuk memilih durian yang bagus. Saya dapat beberapa info ini dari seorang teman, dan tentu saja berdasarkan sedikit pengalaman saya berburu durian bareng OA (Ony-Ahya), Mas Dani tidak begitu suka durian.

Tips Memilih Durian
Saya tidak begitu jago memilih durian, tapi inilah tips saya ketika memilih durian setelah beberapa kali memilih durian tapi selalu tertipu karena saya tidak teliti ketika memilihnya.
  • Perhatikan dengan seksama penampakan buah durian, masih segar dan tidak kering.
  • Perhatikan buahnya, utuh dan tidak berlubang.
  • Tekan dan dekatkan kedua durinya dengan 2 jari, jika sudah agak lentur berarti durian sudah matang, jika masih keras berarti masih mentah.
  • Jika durian sudah terbelah pucuknya, pastikan terbelahnya baru saja, karena jika sudah lama rasanya hambar atau bahkan masam. Pastikan ujung durian yang sudah merekah tidak ditali rafia. Berdasarkan pengalaman saya yang kurang teliti ini, durian yang sudah ditali rafia ujungnya karena merekah, ternyata ketika dibuka buahnya sudah hampir busuk. Warning! Ini hanya akal-akalan penjualnya saja yang bilang duriannya baru mlethek/merekah.
  • Dipukul-pukul pakai pisau mbak/mas penjualnya. Biasanya durian yang sudah matang berbunyi seperti ada ruang yang kosong di dalam buahnya.
  • Dicium, baunya wangi durian segar. Tapi ini juga tidak menjamin, dengar-dengar ada penjual yang mengolesi duriannya dengan aroma durian, biar wanginya lebih semerbak. Yang ini hanya Tuhan yang tahu ya.
Ini salah satu durian pilihan kami. 20K.
Kulitnya tipis dan gampang dibuka, isinya banyak.
Nyam-nyam maem duren yuk!
Tinggal satu nih! 
Itulah nikmatnya nge-duren di hari Sabtu-Minggu.
Sudah gak sabar menunggu Hari Sabtu dan Minggu lagi. Hari Durian Ony-Ahya! :D
*****

52 comments:

  1. Uh jadi pengen. Tipsnya keren Mbak. Saya sendiri susah milih. Dah gitu dr kata org sekitar hati2, lbh baik makan durian di tempat daripada bawa pulang. Jadi bisa komplain langsung.

    Ryanfilewordpresscom

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang lebih aman kalau makan di tempat hehehe

      Delete
  2. Duriannya bener2 menggoda...pastinya aku bakalan puas makan 1 durian itu..hahahaha...jadi pengen gegara baca postingan ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di Surabaya durian mahall ya Mbak .... :D

      Delete
  3. Mak nyuuusss yo bu'e hehe...

    ReplyDelete
  4. dan sampai sekarang saya masih belum bisa makan duren bahan cium baunya dah pusing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ada kok orang yang gak suka duren, termasuk Mas Denny salah satunya.... :D

      Delete
    2. malah tadi siang temen kantor ada yang bawa duren trus sengaja makan di depan saya sebab mereka tau saya gak suka duren dan gak tahan cium baunya, alhasil terpaksa saya keluar ruangan haha :D

      Delete
  5. Sekarang yg lagi digandrungi oleh pecinta durian itu yg durian merah mbak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. durian merah tuh gimana yaa rasanya? berasa aneh aja...hehe

      Delete
    2. kalo rasanya enak yang biasa aja. yang merah teksturenya agak keras sama kurang harum. kalo di saya sih gatau kalo di tempat lain.

      Delete
    3. tapi penasaran sama rasanya....kapan2 hunting ah :D

      Delete
  6. ..Udah lama nih gamakan durian. Bagi dong mbak. :D

    ReplyDelete
  7. Padahal ini termasuk buah yang mahal dan elit menurut saya dan hampir semua kalangan menyukai buah yang satu ini dengan sensasi rasa harum menyengat tapi sayangnya saya tidak termasuk orang yang menyukai buah ini x____x

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...gak usah dipaksa suka mbak kalo memang gak suka :D

      Delete
  8. Saya penggemar durian, kalau pas tugas luar kota terutama pontianak, saya pasti borong durian, apalagi pas lagi musim, dapat yang murah2 deh hehehe

    ReplyDelete
  9. Ach, durian buah yang paling tidak ku suka, tapi kalau hasil olahannya malah doyan...gimana sih...

    ReplyDelete
  10. Emang sekarang sedang musim durian ya mba... di dekat rumah yang dagang durian pada berjejeran pakai mobil, ada yang menawarkan mulai 10rb sampai 35rb..
    Padahal kalo gak musim bisa sampai 100rb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, kalau lagi musim emang murah :D

      Delete
  11. tipsnya lengkap, boleh dicoba tapi saya udah gak doyan durian -,- gak ada yang ngasih sih :p

    ReplyDelete
  12. enak sekali kayaknynya mbk, tapi sayang kadang saya makan 4 biji saja sudah pusing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya mabok durian...untuk menghilangkan pusing sehabis makan buah durian bisa dengan cara "minum air putih yang ditaruh di kulit durian"

      Delete
  13. paling asik kalo dapat durian yagn isinya banyak :D

    ReplyDelete
  14. jadi pengen. kirimi teh sayah.
    disaya sudah klewat musimnya.
    kalo saya mending dimakan di tempat jualanya soalnya kalo jelek suka digantii.

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. iyaa murah....makanya main sini yuk mbak :D

      Delete
  16. weh enaknya, saya mau kesanalah, udah enak murah pulak

    ReplyDelete
  17. Aduh mak, aku jadi pengen durian, buah terlezat di dunia menurutku meski harganya mehongs...

    ReplyDelete
  18. Waduww..mampir sini langsung ngiler liad durian..ntar dipraktekin trik memilih durianya sis..
    Salam satriyoku

    ReplyDelete
  19. udah lama banget ga makan durian. mungkina dah 5 tahun. padahal punya pohon durian sendiri tapi ga pernah makan hahaha.

    ReplyDelete
  20. Aku lho ora doyan duren, nyium bau nya aja dah eneg banget mau muntah #Tragisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kalo dapet duren, kasih saya aja.... :D

      Delete
  21. Tips yang menarik. Saya setuju soal durian yang di tali rafia..pernah terjebak juga soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak...kadang talinya kecil banget, kalo gak jeli gak keliatan

      Delete
  22. suami dan anak perempuan saya yang doyan banget sama duren. Bisa asik berduaan mereka kalau lagi asik makan duren :)

    ReplyDelete
  23. ane kemarin pas musim durian sering banget beli durian, teman teman ane tak kasih semua haha

    ReplyDelete
  24. Blog kamu sangat keren gan. Sering sering mampir saya. Jika butuh motor atau membeli motor baru area Tulungagung,Kediri Dan Trenggalek. Datang ke dealer kami www.guskecil.top

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)