Tuesday, 3 March 2015

Nasi Goreng Margarin plus Sosis Goreng ala Mama DOA

Masakan yang satu ini benar-benar makanan favorit anak-anak saya, DOA (Dani Ony Ahya).
Ibarat mereka harus makan menu ini setiap hari, mereka tidak akan pernah bosan. Si Mbarep kadang membuat sendiri, kalau lagi pengin dan mau repot-rept di dapur.
Sampai ada cerita di balik sepiring nasi goreng yang saya tulis beberapa waktu lalu

Nasi goreng memang menu mudah dan praktis, karena untuk membuatnya tidak susah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Saya suka bikin nasi goreng untuk sarapan pagi, atau kalau malam-malam anak-anak minta dibuatkan nasi goreng. Tinggal keprek bumbu, oseng-oseng srang-sreng, selesai!

Ada berbagai macam menu nasi goreng di sini, karena bahan-bahannya tergantung stok bahan makanan yang ada di kulkas. Bisa nasi goreng ayam, nasi goreng pindang, nasi goreng sosis, nasi goreng nuget, nasi goreng mawut (digoreng bareng mi), nasi goreng telur ceplok, nasi goreng telur, nasi goreng jawa (gak pakai merica dan saus tiram), nasi goreng plus sayuran (kalo di kulkas lagi ada stok sayuran). Intinya, bahan makanan apa saja bisa dimasukkan sebagai campuran membuat nasi goreng.

Nah, kali ini saya akan membuat nasi goreng yang paling praktis, karena di kulkas hanya ada telur dan sosis. Mari siapkan bahan-bahannya ya.

Bahan-bahan :
Nasi Putih, sosis sapi atau ayam, telur ayam, margarin dan minyak sayur untuk menumis dan menggoreng sosis
Bumbu :
Bawang merah, bawang putih, saus tiram, garam, merica bubuk
Cara membuat :

  • bawang putih dikeprek dan diiris tipis, bawang merah iris tipis, telur dikocok lepas
  • panaskan wajan, masukkan 2 sendok margarin dan sedikit minyak sayur untuk menumis bawang merah dan bawang putih
  • tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu dan baunya harum
  • masukkan telur kocok, aduk pelan-pelan 
  • matikan apinya
  • kemudian masukkan nasi putih ke dalam wajan, taburi atasnya dengan garam, merica bubuk dan saus tiram
  • nyalakan kembali apinya
  • kemudian oseng di atas api hingga bumbu dan nasi tercampur merata
  • sajikan di atas piring, tambahkan sosis goreng di atasnya

Tips menggoreng sosis agar bisa mekar seperti bunga
Potong sosis kurang lebih 2 cm, belah salah satu ujungnya menjadi empat bagian dengan cara mengiris berbentuk "+", tapi jangan sampai terputus ya. Goreng dengan sedikit minyak di atas teflon.

Taraa!!
Jadilah nasi goreng margarin plus sosis goreng.
Praktis kan? Silahkan mencoba :)
*****

41 comments:

  1. Maknyuuus neih rasane yo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut anak-anak saya sih iya...hehe

      Delete
  2. iya maknyus nih siang2 gini makan nasi goreng spesial tambah telur & sosis, nikmat rasanya.... saya belum pernah buat tapi sering makan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....praktis dan enak, apa lagi tinggal makan ... tambah uwenak ya :D

      Delete
  3. sukaaaa nasi goreng, apalagi kalau sisa nasi kemarin yang belum habis, tapi masih bagus, jadinya dibuat nasi goreng deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak.....termasuk pengiritan juga nih :D

      Delete
  4. Saya suka nasi goreng yang gosong....dan pedaaaas

    ReplyDelete
  5. Enak dimakan ketika perut sedang lapar tuh + kerupuknya jangan lupa dan es teh manis yang sangat segar mantaaaap :g

    ReplyDelete
  6. Makin betah aja nih dirumah, kalo ada hidangan seperti ini...

    ReplyDelete
  7. Makanan favorit nih kalau untuk sarapan biar cepat enak buat nasi goreng margarin seperti ini tambah sosis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. menu sarapan memang lebih enak yg mengenyangkan, tapi cepat proses pembuatannya :)

      Delete
  8. Silahkan ngiler :)
    Ah jadi pengen mencoba bisa pesan antar kagak nih ? tapi gratis kan ?
    Jago masak juga ternyata. ancung jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan :) hehe
      pesan antar kirimnya via G+ aja yaa :D
      gak juga Mas, hanya suka masak makanan kesukaan anak-anak saja kok
      makasih kunjungannya :)

      Delete
  9. Menu andalan dipagi hari nih bikinnya gampang dan kenyang tapi kalau saya pake kemiri mba tapi nggak pake bawang merah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya?
      kapan2 deh coba pake kemiri
      makasih yaa infonya :)

      Delete
  10. sosoisnya pasti enak tuh, aku dikasih sosisnya aja mau deh..tak makan sambil nonton tipi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mbak tak temeni nonton tipinya :)

      Delete
  11. Wuih menu nasi gorengnya lumayan banyak. Trtarik sama nasi goreng mawut, pake mie.

    Hmm.. Sosisnya itu, merekah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tinggal pilih, nasi mawut yg super pedes tu nikmat banget :)

      Delete
  12. Nasi goreng sosis? Aku suka tuh....mantap..

    ReplyDelete
  13. trik yang simpel tapi menggugah selera makan.....

    ReplyDelete
  14. Wah.. Keliatannya sedap, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata anak2 sih sedap, mereka yg menilai hehe

      Delete
  15. Aku lagi menghindari makan yang goreng2 nih mbak, jadi gak iso makan yang beginian deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh lagi diet mayo to mbak? margarinnya diganti sama minyak zaitun aja :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)