Thursday, 19 March 2015

Saya Kan Sudah Tanda Tangan!

Suatu hari di tahun 2007, saat saya masih tinggal di Mojokerto, Jawa Timur, saya dan anak-anak ikut jalan sehat tingkat RW dalam rangka peringatan Agustusan. Rute yang diambil tidak terlalu jauh, kurang lebih hanya 3 km. Selain melewati jalan perumahan, kami harus melewati jalan raya meskipun jaraknya tidak terlalu jauh.

Seperti biasanya, acara dimulai jam 6 pagi. Saya, mas Dani dan kakak Ony sudah siap dengan mengenakan baju olah raga dan bersepatu. Sepanjang jalan anak-anak kadang jalan kaki, kadang berlari kecil sambil tertawa riang. Sementara .kami para orang tua berjalan santai sambil ngerumpi ngobrol ngalor ngidul, dan tentu saja sambil mengawasi dan menggandeng anak masing-masing.

Tiba di jalan raya, kami lebih intensif mengawasi anak-anak, karena meskipun agak sepi oleh pengguna jalan, karena hari itu hari Minggu (libur) namun ada beberapa kendaraan yang melintas.
Di sebuah pertigaan kami dikejutkan oleh teriakan ibu-ibu, "Awas! Ada becak!"

Ternyata ada becak yang hampir menabrak seorang anak yang juga ikut gerak jalan. Si Bapak Tukang Becak itu mau belok kiri di pertigaan tersebut, sementara kami berjalan lurus. Spontan orang-orang meneriakinya, sudah jelas ada pawai malah dengan seenaknya dia belok dan hampir menabrak anak kecil pula.

Sempat terjadi adu mulut antara Bapak Tukang Becak dan Bapak si anak itu. Saya pun sempat ikut berkerumun. Panitia berusaha melerai dan akhirnya perseteruan itu bisa diatasi.
Lalu Bapak Tukang Becak itu pun ngeloyor pergi bersama becaknya sambil bergumam dalam bahasa Jawa campuran yang "aneh",  "Aku lak wis tanda tangan!"yang artinya "aku kan sudah tanda tangan".
Dan ternyata maksud dari kata "tanda tangan" di sini adalah tangannya sudah memberi isyarat mau belok
"Oalah! Pak, Pak. lain kali kalau naik becak mbok ya yang hati-hati, ndak main belok aja!"

Teman-teman punya pengalaman menggemaskan dengan becak?
Yuk dishare :)
*****

42 comments:

  1. Mba, istilah bapak becaknya lucu ya.
    Kalo sy dan adik waktu SD malah dijemput pakai becak mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sempat mikir juga itu waktu dengernya, dan ketawa setelah mengerti maksudnya :D

      Delete
  2. greget juga tuh bapak tukang becaknya.. kita juga harus hati2 kalau mau nyebrang di persimpangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harus hati2, meskipun sedang pawai... tapi si bapak becak harusnya juga hati2 wong sedang ada pawai yang menyeberang :)

      Delete
  3. Heee, biasanya memang kalo sepeda atapun becak kodenya dari lambaian tangan mbak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih....sambil melambai kan juga harus memperhatikan kondisi sekitar.... hehehe

      Delete
  4. Dulu sering terdengar istilah inferior seperti ini
    "Kalau saya pinter ya gak mbecak gini mas"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak cerita lucu tentang tukang becak mas... salah satunya adalah jawaban tukang becak ketika ongkosnya ditawar 5 ribu rupiah oleh penumpangnya, "bulan juga deket dek, tapi saya gak mau dibayar 5000 untuk mbecak sampe ke bulan" :D

      Delete
  5. Pengalaman aku pada waktu naik beca sangat miris banget :') waktu itu aku abis pulang dari rumah temen trs pulangnya kesorean dan aku mutusin buat naik becak saja sendirian daripada naik angkot sendiri kan takut. Trs ga lama kemudian becak yg aku tumpangi malah tabrakan sama motor orang lain dan aku terlempar, sakit + malu juga kepala sampe benjol hadeh x_____x

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih ngeri juga ya mbak, secara kita duduknya kan di depan.... ..untung mbak Wida gak papa... :)

      Delete
  6. kayanya udah lama ga naik becak saya..lucu si bapak istilahnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak, saya juga sudah lama banget gak naik becak :)

      Delete
  7. Wakssss melambai tangan yaa maksudnya mau belok. Aku pikir kalo mau belok, kasih tanda tangan diatas matrei hua hua hua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.... :D Si bapak becaknya pas bingung milih kata-kata mungkin hehehe

      Delete
  8. buakakakak..aku yo berarti pernah tanda tangan kalo mau belok..loh mbak pipit di mojokerto dulu, terus Bali, sekarang dimana mbak posisi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Dwi :D
      typo tuh Mbak namaku :D
      saya di Surabaya 8 tahun, lalu Bali 5 tahun, lalu Mojokerto 7 tahun, lalu Bali lagi 10 bulan, eh sekarang posisi balik ke Tulungagung :D

      Delete
  9. Hahaha...saya kira sudah tanda tangan surat apaaa gituh! :) *Yg jelas bukan surat izin nabrak yaa..:)

    ReplyDelete
  10. Untung anak kecilnya ngga papa :(

    ReplyDelete
  11. aku suka takut pas naik becak motor
    kalo becak biasa yang dikayuh gitu sih enak ya jalannya pelan pelan
    becak motor kan suka ngebut. jadi ngeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja Mbak...aku juga pernah naik becak yg dikayuh, mau ditabrakin truk gara2 dia melawan arus :(
      iya mbak, secara betor kan kecepatannya lebih tinggi :)

      Delete
  12. Ada yang bilang kalau becak itu raja jalanan.. Hihi

    ReplyDelete
  13. di tempat saya, becak seperti tak punya aturan dlm berlalu lintas. Kadang melawan arus, kadang main sradak sruduk aja.

    ReplyDelete
  14. kalau ada becak lebih baik saya jaga jarak, aku lak wis tanda tangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kadang2 mau belok aja si becak main belok aja, gak pakai tanda :(

      Delete
  15. Ternyata masih pakai tangan ya Mba beloknya akalau naik becak ? saya pikir hanya Tuhan dan abang becaknya saja yang tahu kalau mau belok. he,, he,, he,,

    ReplyDelete
  16. Salah ucap ya sepertinya, aturan kasih tanda pake tangan.. hehe jadi aneh.
    saya jarang naik becak, pernahnya waktu kecil nyewa becak mini..remnya blong jadi mau jatuh ke selokan :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih bahasa versi bapak becaknya sendiri :D
      wahh menyedihkan yaa mau jatuh ke selokan :(

      Delete
  17. Bahasanya lucu, jadi orang gak ngerti.
    Waktu di kampung bojo dulu sering naik becak.

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  18. Kreatif nih si bpk becak, punya istilah sendiri..hihihi

    ReplyDelete
  19. kalo udah di tabrak ama becak, waktu pulang dari sawah..katanya si tukang becak ngantuk banget..jd nyetirnya kemlelet tenan..la ngantuk kok nyetir becak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ngantuk ya memang gak boleh nyetir apa pun, gara2 mak sliyut bisa merenggut nyawa :)

      Delete
  20. hehe...lha situ tanda tangannya di mana, pak? kl di madiun sini banyak bentor mbak. walah...ngeri-ngeri seru kl naik. lha gimana ya, ngebut tapi kitanya di depan. mana ga ada pengamannya lagi. wadaw... tapi anak2 suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mak saya juga ngeri kalau naik becak yang ngebut, sepertinya kita yang dibuat "mangsa" :(

      Delete
  21. Baca cerita ini jadi teringat almarhum Kakek saya Beliau pengayuh becak saat saya masih duduk di bangku SD. Saya kangen kakek (alm)

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut berduka mas Asep :(
      semoga Almarhum sudah mendapat tempat terindah di sisi Allah, aamiin

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)