Friday, 8 May 2015

Berkompetisi di Ajang EJSC (East Java Scout Challenge) 2K15

Tanggal 11-16 April 2015 kemarin di Kabupaten Tulungagung diadakan seleksi awal East Java Scout Challenge (EJSC) 2K15. Pemenang dari seleksi tingkat Kabupaten ini akan berkompetisi lagi di tingkat Propinsi yang akhirnya hanya akan diambil 1 tim pemenang untuk mendapat kesempatan belajar pramuka GRATIS ke Amerika. Wah hadiahnya keren ya?

EJSC 2K15 diikuti oleh Pramuka Penggalang kelas 4 SD dan kelas 5 SD di 38 Kabupaten se-Jawa Timur. Seleksi dilaksanakan di masing-masing Kabupaten/Kota dimana tempat untuk seleksi ditentukan sendiri oleh Kwartir Cabang setempat. 

Di seluruh wilayah Jawa Timur dibagi menjadi 4 zona, yaitu:
Zona1 :
Kab. Sumenep, Kab. Pamekasan, Kab. Sampang, Kab. Bangkalan, Kab. Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kab. Kediri, Kota Kediri.
Zona2 :
Kab. Pacitan, Kab. Ponorogo, Kab. Madiun, Kota Madiun, Kab.Magetan, Kab. Ngawi, Kab. Bojonegoro, Kab. Tuban, Kab.Lamongan, Kab. Gresik.
Zona3 :
Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Kota Mojokerto,Kab. Jombang, Kab. Nganjuk, Kab. Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Trenggalek.
Zona4
Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Kab. Situbondo, Kab. Banyuwangi, Kab. Bondowoso, Kab. Jember, Kab. Lumajang, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan

Waktu Kompetisi
Seleksi perkemahan di tingkat Kabupaten/Kota akan diadakan maksimal 6 (enam) hari dan dibagi dalam 3 grup, dimana 1 grup berjumlah maksimal 1680 peserta dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari,. Jumlah grup masing-masing Kabupaten/Kota menyesuaikan dari banyaknya peserta di masing-masing Kab/Kota tersebut.

Tantangan Hari Pertama
Meliputi :
  • Winning Eleven Challenge yang terdiri dari : Tantangan Dasa Dharma, Tantangan Lagu Indonesia Raya, Tantangan Pancasila, Tantangan PBB, Tantangan PPGD (P3K), Tantangan Arah Mata Angin, Tantangan English Corner, Tantangan Music, Tantangan Rambu Lalu Lintas, Tantangan Phsycal Excercise, Tantangan Poster On The Spot.
  • Balls Challenge yang terdiri dari : Bola Piring, Bola Keseimbangan, Bola Paralon, Bola Lempar.
  • Tent Challenge.
  • Golden Scouts Challenge.
Tantangan Hari Kedua
Wildcard Chalenge dan Quiz Bowl.

( Sumber : http://www.pramukarek.or.id/index.php/berita-jatim/64-ejsc-2k15-semakin-dekat)
 ----------
Di Kabupaten Tulungagung mengambil lokasi di Lapangan Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Ajang seleksi ini dilaksanakan selama 6 hari, dimana dibagi menjadi 3 kelompok seleksi. Masing-masing kelompok berkompetisi selama 2 hari. 

Termasuk sekolah Kakak Ony juga turut memeriahkan acara ini. Sudah beberapa bulan terakhir ini latihan pramuka si Kakak jadi lebih rajin dari biasanya, seminggu 2 kali, bahkan kadang 3 kali. Seminggu menjelang acara berlangsung malah hampir latihan setiap hari.

Meskipun akhirnya tidak mendapat juara, yang penting sudah ikut berkompetisi dan semoga adik-adik kelas bisa melanjutkan perjuangan ini sehingga bisa meraih juara 1 untuk bisa ikut seleksi tingkat Propinsi.

Nama Regunya adalah Regu Semut. Mengapa? Karena meskipun semut terkesan kecil dan lemah, namun semut itu suka saling tolong menolong dan punya rasa setia kawan yang tinggi.
Saya hanya sempat mengunjungi Kakak Ony di siang hari, karena malam hari harus menjaga Ibu yang harus opname di Rumah Sakit. Padahal malamnya banyak tantangan seru yang harus diselesaikan. 

Di siang hari mereka harus mendirikan tenda sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan panitia yang termasuk dalam penilaian Tent Challenge. 
Ternyata saat kami (saya, suami, dan Mas Dani) datang, mereka sudah selesai mendirikan tenda dan sedang santai di depan tenda sambil menyanyi diiringi musik gendang. Lapangan Beji ini sudah "disulap" menjadi sebuah perkampungan tenda yang didirikan oleh para peserta. Kita bisa jalan dari ujung ke ujung lapangan, untuk melihat-lihat tenda-tenda yang sudah didirikan. 





Kerapian, termasuk sepatu juga harus ditata rapi, alat masak yang tidak boleh menggunakan gas elpiji, tempat sampah, persediaan air bersih, persediaan makanan dll juga menjadi kriteria penilaian dalam Tent Challenge ini.
Inilah pintu masuk dari jalan luar ke dalam area tenda Grup Semut. Semula saya sempat bingung saat mau masuk, mau lompat atau gimana? Eh, ternyata tinggal dorong aja, hehehe.

Meskipun tidak bisa mengikuti full acara ini, saya sudah cukup bisa merasakan betapa serunya ajang kompetisi ini. Semoga acara East Java Scout Challenge (EJSC) 2K15 ini lancar dan sukses.
Salam Pramuka!
*****

35 comments:

  1. Asik bener ya mbak acara beginian..paling suka kalo ada lombanya dan menangin hadiahnya...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa iming2 hadiah itu yang bikin tambah semangat :D

      Delete
  2. Seru banget tuh acaranya, meriah dan banyak pesertanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semua SD di Kabupaten Tulungagung sangat antusias mengikuti acaranya :)

      Delete
  3. Waah kerennya. Hadiahnya juga keren. Seminggu lalu anakku juga kemah. Berantakan, jauh banget dr ini. Ini sih bagus banget. Semoga menang ya nak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbak ... tapi tahun ini belum menang, semoga di tahun2 berikutnya para adik kelas bisa menang :)

      Delete
  4. jadi kangen kemah di sekolah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti sangat berkesan ya mbak :D

      Delete
    2. sangat berkesan banget mba rasanya tuh pengen balik lagi sekolah hehehe

      Delete
  5. wah seru mbak. pramuka kl kompak asyik. tp yg ikut gini biasanya dah niat kok ya. ga kayak yang wajib, selalu saja ada yang niat dan yang ga niat jadi ga asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sangat seru bagi yg berminat...nih anak kedua semangat sekali
      beda sama mas-nya, ikut pramuka dan persami, habis itu ngadat gak mau lanjut, capek katanya hehehe

      Delete
  6. Replies
    1. kelihatannya acara apa mas? heheheh

      Delete
  7. wah ini pasti seru ya mbak buat anak" mantap euyy...

    ReplyDelete
  8. seru ya mba, anak-anak jadi belajar mandiri, kerjasama dan berani, jadi ingat masa2 SMA hobiku kemping :)

    ReplyDelete
  9. Tampaknya mereka nggak mikir juara. yang penting kumpul-kumpulnya itu lho....exciting

    ReplyDelete
  10. Pasti asyik acara kayak gitu, hadiah sih belakangan, yang penting ngumpul bareng temen-temennya itu yang bikin seru, apalagi buat anak-anak, bukan begitu mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener :D
      yg bersemangat dapetin hadiahnya biasanya malah guru/ortunya hehe

      Delete
  11. Wah meriah banget yah mba acara kemahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena pesertanya semangat semua :D

      Delete
  12. Sahabatku ini sungguh aktif dan lincah sekali. Tampak tak ada rasa lelahnya. Semoga cepat sehat dan semogs kompetisi itu mampu memperkuat fisik dan mental sang buah hati.

    ReplyDelete
  13. Dan sampek sekarang aku ngga bisa masang tenda sendirian loh, Mbak. Hahah :D

    ReplyDelete
  14. Wah, seru bgt y mb acaranya ^_^

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)