Sunday, 3 May 2015

Ceramah Agama dan Penyuluhan Kesehatan Rutin di RSUIT ORPEHA Tulungagung

Nikmat sehat memang sebuah nikmat yang harus kita syukuri setiap hari. Di minggu kedua April kemarin kami sedang mengalami cobaan Ibu tercinta harus rawat inap di RSUIT (Rumah Sakit Umum Islam Terpadu) ORPEHA (Organisasi Persaudaraan Haji) Tulungagung. Otomatis, kami (Bulik/adiknya Ibu, adik dan saya) harus bagi tugas untuk menjaga Ibu di Rumah Sakit. Jangan sampai Ibu sendirian di kamar. Berhubung Adik jaga UN SMA dan harus berangkat pagi-pagi, maka sayalah yang kebanyakan harus berjaga malam. Alhamdulillah Ibu sudah diperbolehkan pulang setelah menginap selama 9 hari di Ruang Perawatan.

Meskipun sudah diperbolehkan pulang, namun Ibu harus menjalani rawat jalan di Poli Dalam yang ditangani oleh Dr. H Laitupa, S.PD. Sementara prakteknya hanya hari tertentu, yaitu Selasa dan Kamis. Ibu yang merupakan pensiunan pegawai negeri, menggunakan fasilitas ASKES yang secara otomatis masuk layanan BPJS.

Hari Selasa minggu kemarin saya yang mengantar Ibu kontrol untuk berobat rawat jalan. Seperti biasa, setelah mengambil antrian, kemudian dipanggil di Poli Umum untuk memeriksa tekanan darah, lalu antri di Poli Penyakit Dalam.

Karena Dokter baru datang kurang lebih jam 9, ada 2 orang petugas rumah sakit, dimana yang satu memberikan materi ceramah agama, sedangkan yang seroang lagi berseragam perawat dan memberikan penyuluhan kesehatan.
Yang saya tangkap saat itu, intisari ceramah agama yang disampaikan adalah bahwa kesembuhan yang kita dapatkan adalah semata-mata adalah karena izin Allah, dokter dan obat-obatan adalah sebagai sarana ikhtiar saja. Sedangkan materi penyuluhan kesehatan adalah seputar radang tenggorokan. Dua rangkai acara ini kemudian ditutup dengan doa.
Petugas RS yang memberikan ceramah agama.
Seorang perawat yang memberikan penyuluhan kesehatan.
Ternyata ceramah agama dan penyuluhan agama ini dilakukan secara rutin setiap pagi, sambil menunggu Bapak/Ibu Dokter datang. Menurut saya sangat positif, karena bisa memberikan kekuatan dan support mental bagi para pasien yang berobat dan mengingatkan para pengantar untuk mensyukuri nikmat sehat yang diterimanya hingga saat ini. Penyuluhan kesehatan juga bermanfaat bagi para pasien dan pengantar, bahkan bagi sang perawat untuk sekalian latihan public speaking biar gak grogi lagi.
Nabi SAW bersabda, “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari]
***** 

21 comments:

  1. Alhamdulillah, semoga ibunda sehat selalu.
    Bagus banget kegiatannya sambil nunggu dokter ada ceramah agama, perlu dicontoh sama rumah sakit lain tuh.
    Btw.. sebenernya dokter itu datangnya pagi loh, cuma harus kontrol ke IGD dan pasien ranap dulu sebelum ke poli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin...terima kasih doanya :)
      kalo di RSUIT ini dokternya malah ke Poli dulu, baru kontrol pasien di rawat inap...karena setahu saya setiap hari selasa dan kamis ibu saya diperiksanya selalu siang...

      Delete
  2. Betul sekali mbak, walaupun kita berobat kemana saja tapi kalau Allah belum memberikan kesembuhan buat penyakit kita maka akan sama saja, yang terpenting kitanya sudah berusaha. Semoga Ibu mbak dalam keadaan sehat selalu. Amin :)

    ReplyDelete
  3. itu yang ceramah siapa ustadz nya mbak, :D

    ReplyDelete
  4. Keren jg yak, drumah sakit jg ada ceramah nya :D bs tambah alim para pasiennya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan tambah alim, tapi memberi support secara psikologis agar tetap bersemangat untuk mendapatkan kesembuhan :)

      Delete
  5. Bagus juga idenya sebelum datang dokter ada kegiatan lain di rumah sakit tersebut agar para pasien tidak jenuh apabila menunggu dokter yang belum sampai RS ya mba (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak....menurut aku juga positif acaranya :)

      Delete
  6. Waduh, enak banget satu paket gini, ya Mak... Sambil belajar minum air, makan rumput laut dan nangkep ikan Hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mak...idenya patut ditiru :)

      Delete
  7. Semoga Ibu mbak Ninik semakin sehat ya, Mbak. Aamiin...
    Wah, salut tuh... ada ceramah agamanya juga.

    ReplyDelete
  8. Hwaa iya tu penting, ibuku radang tenggorokan sepulang umroh, 2 minggu nggak ada suara. Pulihnya lama & pelan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga Ibu Mbak Lusi sehat selalu yaa... :)

      Delete
  9. Salut sama RSU'a ada acara ceramah segala

    ReplyDelete
  10. Kegiatan yang bagus mbak....wajib dilaksanakan di seluruh RS

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)