Tuesday, 2 June 2015

Es Lilin, yang Masih Ngetren di Rumah Sendiri

Siapa yang masih suka makan es lilin?
Rasanya es lilin ini sudah tergeser oleh jenis minuman lain ya. Waktu zaman saya kecil dulu es lilin adalah minuman favorit. Biasanya yang paling banyak dijual adalah rasa kacang ijo. 
Zaman sekarang juga masih ada yang menjual, hanya sayang setelah makan es lilin ini jadi batuk karena banyak penjual yang memberikan pemanis buatan ke dalam es lilinnya

Membuat Es Lilin Sendiri
Beberapa bulan terakhir ini untuk mengantisipasi anak-anak beli minuman di luar, seperti cappucino cincau, pop ice blender, aneka susu racik, dll yang kini marak dijual di pinggir jalan atau di kedai-kedai, saya membuatkan es lilin sendiri untuk anak-anak. Karena biasanya kalau sering beli minuman seperti itu anak-anak suka batuk. Bahkan yang lebih parah sekitar 2 minggu yang lalu si Adik dan Kakak keracunan gara-gara beli susu racik. Sejak saat itu, saya melarang anak-anak untuk beli minuman seperti itu lagi. Mengingat susu merupakan tempat perkembangbiakan yang mudah bagi bakteri. Jadi kita harus hati-hati sekali dalam memilih minuman yang berbahan dasar susu.

Semula sih saya buatkan es cappucino sendiri, tapi tanpa cincau. Anak-anak suka banget, karena selain lebih enak, dapatnya juga lebih banyak. Etapi lama-lama kok males ya kalau setiap hari harus buat es blender. 

Akhirnya ada ide membuat es lilin. Sekali buat, anak-anak ternyata suka, dan yang terpenting dari mereka tidak ada yang batuk-batuk karena saya menggunakan gula asli. Biasanya saya buat es lilin dari nutrisari, cappuccino instan aneka rasa, bahkan kopi instan atau dari jus aneka buah. Saya buat selang-seling biar anak-anak tidak bosan.

Cara membuatnya pun sangat gampang. Kalau lagi malas memblender, cukup diberi air dan gula saja dan diaduk rata. Tapi khusus untuk cappuccino dan kopi instan harus diseduh pakai air panas dulu agar bisa tercampur dengan merata. Kecuali jus buah ya harus diblender agar buahnya bisa hancur. Setelah itu dimasukkan ke dalam plastik es dan dikareti atasnya. Lanjut masuk freezer, 1 jam kemudian sudah jadi deh es lilinnya.

Setelah dimasukkan di plastik khusus es,
ditaruh di freezer,
jadi deh es lilinnya.

Es lilin cappuccino, suegerr!
Memang tidak semua bisa menikmati es lilin ini karena gigi sensitif misalnya. Karena saat makan es lilin biasanya kita "makan" bukan "menunggu cair baru meminumnya", yaitu dengan menggigit dan mengunyah es lilin tersebut sehingga ada sensasi dingin-dingin renyah di dalam mulut. yang wow!
*****

33 comments:

  1. Ah ini es dari masa ke masa yang gak akan terlupakan oleh penikmatnya, di aku juga masih ada mba :D

    ReplyDelete
  2. wahhh anak-anakku langsung minta nih mba dibuatin es lilin liat postinganmu, coba es lilin nutrisari dulu deh..makasih yaa :*

    ReplyDelete
  3. Satu jam ? kalau pakai kulkasku bisa sehari semalam baru mengeras. Aku sudah tidak kuat makan es lili seperti ini. gigiku sangat sensitif. Kalau ditempaktu bukan es lilin namanya. Cukup es. Kalau es lilin yang esnya empuk kaya busa itu lo.

    ReplyDelete
  4. Ingat jaman kecil Mbak.
    "Bu es nya dong 2" hehehe.
    Kmrn mama saya bikin yang kacang hijau. Dari bazaar juga sih. Drpd yang gak habis dibuang. Dijadikan es. Terus santap keluarga aja.

    ReplyDelete
  5. mbakkkk...es lilin cappucinonya menggoda..alamat pengen bikin juga nih aku....

    ReplyDelete
  6. Ingat waktu kecil deh. :D Bener juga ya mbak, bikin sendiri supaya lebih terjamin. Ngerinya sampai keracunan susu, itu gimana ceritanya? :(( Tapi syukurlah kalau semua sehat. ^^ alhamdulillah

    ReplyDelete
  7. es lilin ini bisa dibilang tak lekang oleh waktu yaa
    kadang-kadang istri jualan es lilin ini mbak, pas-pas kan sebelah rumah lapangan bola, abis main langsung diborong deh sama mereka, yg ada campuran kacang ijonya yg banyak disuka :D

    ReplyDelete
  8. Nyokap ku masih suka bikin buat ponakan2 coz dari pada beli di luar yg ngak jelas gula nya hehehe

    ReplyDelete
  9. waktu kecilku dulu, harganya masih 25 rupiah. Dulu sering dimarahi emak kalau beli es ini, dengan alasan "obat gulo marai watuk"

    ReplyDelete
  10. hemmm es lilin memang mantap dari aku masih kecil hehe es lilin ini masih ada :) jadi kangen es lilin :G

    ReplyDelete
  11. wah kok dede nya bisa sampai keracunan... kasian sekali... ide bagus untuk membuat es lili sendiri, jadi lebih sehat tanpa pemanis buatan. sekarang sudah jarang yang jual, kebanyakan minuman instan...

    ReplyDelete
  12. nice share gan, bagus artikelnya

    Toko Online Penyedia Berbagai Macam Produk Berkualitas
    https://www.rifana.co.id

    ReplyDelete
  13. pasti seger bgt nih es capucino... coba jg ah :D

    ReplyDelete
  14. seger banget es lilin, aku biasa pake susu kental manis sama gula aja, hehe

    ReplyDelete
  15. cara membuat es lilin mudah ya, nanti ah aku mau coba

    ReplyDelete
  16. jadi inget masa kecil saya, mau beli es lilin saja pakai gulung2 dulu :)

    ReplyDelete
  17. sampai sekarang es lilin ini masih ngetren di kalbar mbak. kadang di dalam gang ada yang jual dan lumayan juga buat anak-anak, asal jangan kebanyakan. sekarang enaknya banyak pilihan rasa dan vitaminpun dapat kita pilih dari kandungan es lilin tersebut, misalnya campur buah nangka, kadang ijo, nenas, pisang, dan lain sebagainya. gak kayak dulu hanya di kasih pemanis dan pewarna alami...sekarang udah ada pilihannya ya...saya juga kadang makan es lilin juga mbak...heee

    ReplyDelete
  18. Bener itu, jaman dulu jajanan jauh lebih aman ya.
    Waktu SD suka dipatahin jadi dua buat join sama teman. Nggak murah-murah amat soalnya, Rp5 (lima rupiah), jauh lebih mahal daripada permen yang Rp1 (serupiah). :D

    ReplyDelete
  19. udah lama banget saya gak pernah makan es lilin :D

    ReplyDelete
  20. wah kalau saya dirumah bikin susu diseduh air panas tunggu agak hangat dimasukan plastik di iket masukin freezer .. nah itu enaaak :D

    ReplyDelete
  21. Aaaa seger bgt ni mbk, palagi bikinan ndiri bebasbgula buatan

    ReplyDelete
  22. enak lagi es lilin rasa kopi yang proses produksinya melalui mesin pembuat kopi kak :D

    ReplyDelete
  23. es lilinnn,, doyananan jaan sd banget

    ReplyDelete
  24. Bisa pesen dong?? hehe, secara sekarang susah banget cari es lilin di bandung..

    ReplyDelete
  25. Ingat dulu kalau beli harganya liman-gelonan alias Rp 5 :D
    Btw, sudah lama juga nih nopost-nya Bu Ninik, semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  26. Muantappp memang es lilin hingga sampai saat ini tetap eksis abis.

    ReplyDelete
  27. Mengingatkan masa kecil...Mbak Ninik kemana sajaa?? Lama nggak ada postingan. Semoga Mbak dan keluarga Ok semua yaa...:)

    ReplyDelete
  28. Mengingatkan masa kecil...Mbak Ninik kemana sajaa?? Lama nggak ada postingan. Semoga Mbak dan keluarga Ok semua yaa...:)

    ReplyDelete
  29. es bikinan ibu, susu kacang digituin. enaknya

    ReplyDelete
  30. duh es lilin, jajanan wkt saya sd

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)