Monday, 12 May 2014

Cerita Hape Pertamaku : Nokia 5110

Cerita tentang sesuatu yang pertama itu selalu mengesankan ya. Kali ini aku mau cerita tentang hape pertamaku, Nokia 5110.

Saat itu tahun 1998. Waktu itu aku masih bekerja menjadi pengajar tetap di sebuah Bimbingan Belajar di kota Denpasar, Bali. Di kantor, aku punya teman yang memang maniak gadget. Setiap ada yang baru dia pasti berusaha beli. Nah dia beli Nokia 5110 ini, gres masih pakai segel dan kartu garansi. Tidak tahu kenapa beberapa hari kemudian dia pengen ganti hape merk lain. Demi memuaskan hawa nafsunya itu, akhirnya dia merayu aku untuk membeli Nokia 5110 miliknya. Saat itu dia beli Nokia 5110 dengan harga 1,5 juta rupiah (kalau gak salah yaa, sudah lama banget sih soalnya, hihihi). Akhirnya deal aku beli seharga 900 ribu rupiah saja. Lumayan, akhirnya aku punya hape juga. Hape pertamaku, meskipun second tapi khan masih baru juga hitungannya. Baru dipakai orang lain maksudnya :p

Nokia 5110
Sumber : Disini
Fungsi hape-ku saat itu hanya untuk menelepon dan sms saja. Teman-temanku tidak banyak yang bawa hape. Jadi lebih sering dipakai telepon daripada untuk sms. Padahal kirim message via sms pada saat itu bisa dibilang keren banget lho. Kan bisa bales-balesan, kayak chatting gitu pada jaman sekarang. Karena pada saat itu juga ada gadget yang lagi ngetrend namanya pager. Bentuknya kotak sebesar genggaman orang dewasa, biasanya diselipin di ikat pinggang. Yang bikin kurang menarik alat ini hanya merupakan komunikasi searah. Kalau mau mengirim pesan harus telepon operator dulu. Super ribet menurutku.

Layar Nokia 5110 ini masih hitam putih lho. Fiturnya juga masih sangat sederhana. Beratnya hampir 2 ons. Boro-boro mau browsing atau chatting, browser-nya saja tidak ada. Kamera juga tidak ada. Jadi tidak bisa selfie apalagi mau narsis pakai tongsis. Nada deringnya pun juga masih monophonic.

Tapi yang membuat aku bangga menenteng Nokia 5110 saat itu adalah hapenya gaul abis karena casing-nya bisa diganti-ganti, warna-warni pula. Dan ada game-nya juga lho, lumayan dimainin saat galau. Namanya Snake. Game ini fiturnya sederhana banget, tapi lumayan keren pada jamannya. Seingatku semakin tinggi levelnya semakin panjang ularnya. Dan si ular gak boleh nabrak tembok penghalang yang ada dimana-mana. Kalau si ular makan buah yang muncul di layar maka score-nya juga akan bertambah.

Casing Nokia 5110 yang sangat mudah diganti-ganti
Sumber : Disini

Snake Game
Sumber : Disini
Pada saat itu membeli kartu perdana untuk hape masih dibatasi, harganya pun relatif mahal dan pada saat membelinya harus bawa KTP berikut hape-nya. Seratus ribu rupiah untuk sebuah kartu perdana simpati. Pulsa isi ulangpun minimal limapuluh ribu rupiah. Pakai sistem roaming lagi. Haduh, kalo dipikir-pikir tekor juga. Suatu saat aku mudik ke kotaku di Tulungagung, dengan hanya melakukan panggilan ke telepon rumah minta dijemput di terminal saja pulsaku sudah berkurang sepuluh ribu. Padahal hanya kupakai beberapa detik saja, tidak sampai satu menit. Karena kartunya Denpasar, dipakai di Tulungagung, kena biaya roaming jadinya. Komunikasi dengan keluarga di Tulungagung malah kupakai wartel, karena ngobrolnya bisa lebih lama, lebih santai, dan lebih murah tentunya.

Berbahagialah kita yang hidup di era sekarang. Pulsa tidak mahal, aplikasinya bermacam-macam, game-nya keren-keren, semakin tipis dan ringan. Tapi sampai sekarangpun aku masih bangga kalau aku pernah memiliki hape Nokia 5110, hape sejuta umat, hape terkeren pada masanya. Bisa diceritain ke anak cucu lagi.

Ini cerita hape pertamaku. Yuk ceritakan hape pertamamu.
***


16 comments:

  1. aku sempet pake hp itu jaman SMP mak...warisan dari kakaku...dan sayangnya hp nya lenyap dicuri orang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mak Chela...
      waduh aku jadi berasa tua nih Mak, lha tahun segitu masih SMP haha

      Delete
  2. Hape pertama memang susah dilupakan. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun jadul banget ya Mak ...hehehe

      Delete
  3. Kakakku masih punya hp ini dirumah :))

    ReplyDelete
  4. wuish hape pertamanya mantap banget....harga secondnya aja lumayan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....mantap beratnya euy...hihi
      saat itu masih single, jadi pertimbangannya gak banyak :)

      Delete
  5. Keren hapenya mbak, game snakenya ngingetin sama game di hp nokiaku, tunggu aja postinganku tentang hape pertama :)

    Ngomong2 ini kayaknya kunjungan perdanaku yah mbak, salam kenal dulu sama pemilik blog. Kalau berkenan, berkunjung balik yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. snake game emang oke pada saat itu, soalnya gak ada pilihan lain hehe
      iya buruan, keburu deadline

      Salam kenal balik yaa, makasih sudah berkunjung :)
      Siap meluncurrrr ....

      Delete
    2. Kalau hapeku dulu ada 3 permainannya mbak tapi memang snake masih paling favorit tapi di hp bapakku N73 snakenya udah versi baru, lebih keren lagi loh mbak

      Delete
    3. kadang2 memang pengeenn main game (lagi)....tapi sekarang agak sulit cari waktu untuk main game hehehe
      jadi...main game-lah selagi bisa...#ehhh

      Delete
  6. ini hp pertama papaku, mak. aku juga ikut2an pake jadinya, hahhaa. sms temen pake hp papa. sms-an gebetan juga pake hp papa tp abis itu diapus lagi :D

    makasih ya mak udah ikutan GA aku :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhh jadi mengingatkan masa lalu nih Mak, hihi
      sama2 mak...sukses selalu :)

      Delete
  7. Hihi.. HP pertama saya itu Motorola C113 - layar biru, layar kecil, tombol kecil, dan fitur yang sederhana. Nggak seperti HP yang saya pakai sekarang ini.. Lebih wah..

    Jujur, saya termasuk telat mulai pakai HP sendiri. Baru tahun 2006-2007an. Sebelumnya minjam HP orang, atau.. Tak nelpon sama sekali. Hihi.. :D Makanya, saya berusaha belajar memakai berbagai jenis HP dan smartphone, kecuali IPhone dan Windows Phone yang belum pernah dipelajari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya....kalo liat hape jadul tu jadinya lucu banget...secara cuma bisa dipake sms+telpon doang, hehe
      beda sama smartphone :p
      makasiih yaa kunjungannya :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)