Thursday, 29 May 2014

Pantai Popoh, Potensi Wisata Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Tulungagung adalah sebuah kabupaten di propinsi Jawa Timur yang terletak di bagian selatan pesisir pulau Jawa. Karena lokasinya yang strategis di tepi Samudera Hindia, Tulungagung mempunyai banyak pantai indah yang bisa dikunjungi dan menjadi obyek wisata. Salah satu obyek wisata andalan kabupaten Tulungagung adalah Pantai Popoh yang terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur kuranglebih 30 km ke arah selatan dari pusat kota Tulungagung.

Peta Kabupaten Tulungagung
Sumber : disini
Dari kota Tulungagung ke Pantai Popoh bisa ditempuh dengan sepeda motor atau kendaraan pribadi. Sepanjang jalan sudah beraspal mulus, memudahkan kita untuk menuju ke lokasi. Meskipun ketika mendekati lokasi ada beberapa ruas jalan yang berlobang di sana-sini menunggu sentuhan pemerintah daerah untuk segera diperbaiki, namun secara umum jalannya sudah bagus.

Untuk menuju Pantai Popoh kita melewati beberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Boyolangu, Kecamatan Campurdarat dan Kecamatan Besuki. Di sepanjang jalan Kecamatan Boyolangu pemandangan rumah penduduk, sawah, pasar dan beberapa sekolah. Tidak kalah menariknya ada Gunung Budheg yang konon berdasarkan legenda Kabupaten Tulungagung adalah penjelmaan Joko Bodho yang dikutuk ibunya menjadi batu besar karena ketika dipanggil oleh sang ibu berulangkali tidak menjawab. Saat itu Joko Bodho melaksanakan tapa bisu selama 40 hari yang merupakan syarat untuk mendapatkan cinta seorang putri yang bernama Rara Ringgit. Oleh mahasiswa ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) dibuatkan topi dari anyaman bambu yang dinamai cikrak raksasa, karena ukurannya yang besar, yang diletakkan di atas kepala Sang Joko Bodho. Sehingga jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti seorang yang duduk bertopikan cikrak.

Selanjutnya memasuki kecamatan Campurdarat dan kecamatan Besuki yang merupakan penghasil kerajinan batu onix atau marmer. Di sepanjang jalan desa Gamping, kecamatan Campurdarat banyak etalase di depan rumah penduduk yang memajang aneka kerajinan marmer, mulai dari hiasan-hiasan seperti: bulatan berbentuk telur, vas bunga, kap lampu sampai meja marmer berbagai ukuran. Kerajinan marmer ini sudah dikirim keluar pulau bahkan keluar negeri.

Sejurus kemudian pemandangan berganti dengan pegunungan kapur. Rumah penduduk semakin jarang dan pemandangan berganti hutan di sebelah kanan dan kiri jalan. Layaknya jalan menuju ke pantai, yang berkelok naik turun, akhirnya tibalah kita di Pantai Popoh. Di jalan masuk ada gapura bertuliskan Pantai Indah Popoh.

Setelah membayar retribusi masuk lokasi dan membayar parkir, kita bisa menikmati pemandangan di sekitar. Di dekat pintu masuk ada bangunan berbentuk joglo atau pendapa agung. Bangunan besar tanpa pintu ini biasanya dipakai para pengunjung untuk beristirahat atau sekedar menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Tetapi bagi Anda yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir karena di sini tersedia berbagai macam warung dan rumah makan.

Di Pantai Popoh ini juga sering diadakan berbagai macam pertunjukan seni budaya dan hiburan, seperti wayang kulit, jaranan, musik dangdut dan acara-acara yang digelar oleh masyarakat umum seperti resepsi dan seminar. Setiap minggu kedua bulan Suro (Muharram) di Pantai Popoh juga diselenggarakan upacara adat Labuh Sembonyo yaitu serangkaian upacara adat yang ditujukan kepada Ratu Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

Di sini juga banyak kios yang menjual aneka macam souvenir seperti: kerajinan perahu yang terbuat dari kayu dan bambu, aneka hiasan dari kerang, baju, topi, dan lain-lain. Ada juga kios penjual ikan asap, kalau pintar menawar pasti mendapat harga yang lumayan miring jika dibandingkan dengan harga normal di pasar tradisional.

Anak-anakpun bisa berfoto dengan aneka patung hewan yang dipajang di sana. Bahkan ada beberapa hewan seperti monyet dan burung yang juga sengaja dipelihara dan diletakkan di dalam kerangkeng. Ada juga mainan sederhana seperti ayunan dan jungkat-jungkit. 


Nah, saatnya kita menikmati pemandangan laut Pantai Popoh.
Pantai Popoh berbentuk teluk, yaitu laut yang menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Pantai Popoh berada di ujung timur Pegunungan Kidul. Karena berbentuk teluk itulah membuat air laut di Pantai Popoh cukup tenang, sehingga dimanfaatkan untuk berlabuh perahu para nelayan. Angin lautnya juga tidak begitu kuat. Para pengunjungpun akan merasa nyaman berendam dan bermain air sambil menikmati indahnya pemandangan gunung sejauh mata memandang. Atau hanya sekedar mengobrol dan duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati desiran angin laut dan menikmati pemandangan pegunungan yang eksotik. Tempat ini benar-benar cocok untuk merefresh pikiran dari rutinitas sehari-sehari dan kejenuhan.

Pantai Popoh berbentuk teluk 
Perahu nelayan berlabuh
Pada hari libur besar, terutama saat libur lebaran bisa dipastikan Pantai Popoh dipadati oleh pengunjung. Anda tinggal memilih waktu yang tepat sesuai keinginan Anda.

Inilah salah satu wisata pantai yang ada di kabupaten Tulungagung yang harus dijaga dan dilestarikan. Mari kita ciptakan pantai yang bersih dan indah. Kalau ada waktu monggo silahkan mampir. 
Salam :)

Tulisan ini diikutsertakan dalam "Kontes Blog #3TahunWB - Warung Blogger Peduli Potensi Daerah


*****
Alhamdulillah dan Terimakasih Warung Blogger, tulisan ini menjadi pemenang 7-13. Sukses terus yaa :)



*****






17 comments:

  1. wah saya baru dengar ttg pantai popoh :)
    jadi penasaran ingin lihat langsung penjelmaan Joko Bodho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? mak Rita tinggal dimana?
      kalo liat Joko Bodho enaknya dari jauh aja, kalo dari dekat gak begitu mirip sama orang duduk, hehe.
      ayo Mak maen2 ke Tulungagung, banyak pantai2 eksotiknya :)

      Delete
    2. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

      Delete
  2. saya baru tahu mbak beritanya, menarik sekali ulasannya :)


    pantainya cantik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohya? ayo sekal2 main ke Tulungagung, banyak pantai cantiknya :D

      makasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Bagus banget mbak..... dulu saya sering ke Besuki. setidaknya setahun sekali. tapi tak pernah jalan-jalan. fokus ke kerjaan saja. nyesel jadinya. Kapan ke sana lagi. hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah padahal tinggal sedikit lagi ya mbak...sayang banget...
      ahh gakpapa mbak, kapan2 kalo ada kerjaan lg mampir aja ke pantai popoh :)

      makasih ya sudah mampir :)

      Delete
  4. Xixixi namanya unik yaa...baru denger tuh! jadi kepengen liat langsung. Semangat berkarya yaa...semoga Mbak lah juaranya. Good luck! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa....gak boleh diplesetin lho yaa... :p
      Aamiinnnn....makasih Mbak sudah mampir :)

      Delete
  5. Jadi ingin jalan2 ke Tulungagung. Pantainya bagus ya..berbukit-bukit. Mudah2an kapan2 bisa jalan2 ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena memang terletak di ujung pegunungan ....jadi terlihat banyak gunungnya...hehe
      aamiin....moga2 terwujud ya Mbak :)

      Delete
  6. Mbak Ninik, saya dulu lama di Kediri, sering main ke Tulung Agung Trenggalek sama arek2, pernah ke pantai poph, bagus banget pantainya, jadi kangeeeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....pantai popoh memang ngangenin...hihi
      kapan2 main lagi yaa.... :)

      Delete
  7. Wow..pantai popohnya keren..gak kuat ngeliat biru lautnya dan didepannya bebukitan hijau.... ah.asyiknya, Mak... Kpn aku diajak kesana..?hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mak....asyiiikk banget untuk ngademin pikiran, hehehe
      ayo Mak maen ke Tulungagung, nanti aku ajak kesana :D

      Delete
  8. Dulu pernah main di pantai popoh waktu zamanya masih sekolah lanjutan atas.
    Tempatnya memang indah.
    Semoga sukses kompetisinya ya Mbak Ninik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti pernah ke Tulungagung ya?

      ini postingan lama kok Mas :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)