Tuesday, 9 September 2014

Waktu oh Waktu, Cepat Sekali Waktu Berlalu



Waktu terkadang terlalu lambat bagi mereka yang menunggu, terlalu cepat bagi yang takut, terlalu panjang bagi yang gundah, dan terlalu pendek bagi yang bahagia. Tetapi bagi orang yang mengasihi, waktu adalah keabadian. (Henry Van Deyke)

Semua orang pada dasarnya sama, mempunyai waktu 24 jam sehari. 
Tetapi kira-kira sama atau tidak ya,  yang saya rasakan akhir-akhir ini dengan yang teman-teman rasakan? Rasanya waktu berlalu begitu cepat. Sudah datang hari Jumat, eh tiba-tiba sudah Jumat lagi. Apakah ini hanya perasaan saya saja? Ataukah memang usia sang Bumi ini sudah semakin tua sehingga perputarannya juga semakin cepat karena mempertahankan gravitasi dari sang Matahari?

Ya, WAKTU

Betapa sangat berharganya sampai ada yang yang bilang, "Waktu adalah uang". Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, namun sayangnya terkadang kita mengabaikannya. Tidak jarang timbul penyesalan dan berkata, "seandainya waktu bisa kembali". Tragis memang kalimat itu, tetapi apadaya penyesalan selalu datang di akhir waktu. 


Pernahkah Anda meminta waktu tambahan kepada Tuhan?

Bagi sebagian orang mungkin ada yang menganggap biarlah waktu berlalu begitu saja dan menjadi sesuatu yang sangat biasa, tetapi bagi sebagian yang lain berprinsip bahwa waktu harus digunakan dengan sebaik mungkin. Mereka berprinsip, "apa yang selama ini sudah saya lakukan untuk orang lain?". Mereka tidak ingin waktunya berlalu dengan sia-sia. Mereka ingin waktu yang masih diberikan oleh Tuhan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya.

Andai saya bisa meminta, terkadang saya ingin minta waktu tambahan yang lebih lama, agar lebih banyak yang bisa saya lakukan lagi. Sebagai seorang ibu 3 orang anak laki-laki super tanpa asisten rumah tangga, sebagai pengajar yang harus mau berkutat dengan soal-soal jenis baru karena kurikulum baru sudah diterapkan, sebagai seorang istri dan suami bekerja di luar pulau, sebagai anak dari seorang ibu yang sudah menginjak usia senja, sebagai kakak tertua, sebagai warga masyarakat yang masih jarang ikut kegiatan di masyarakat, sebagai bagian dari suatu komunitas, dll terkadang waktu 24 jam yang diberikan oleh Tuhan terasa kurang. 

Tapi inilah kodrat, bahwa waktu yang diberikan memang hanya 24 jam sehari, dan bagi saya  ini sangat berharga. Apalagi umur sudah kepala 4, sudah semakin sedikit jatah waktu yang tersisa. Meskipun panjang atau pendeknya umur kita adalah rahasia Ilahi yang kita tidak akan pernah tahu, waktu yang sangat berharga ini harus dimanage dengan baik, sehingga semua bagian terkecilpun bisa terjangkau.
Saya bukan ibu yang sempurna, yang bisa memberikan segalanya dan mampu mengerjakan semuanya. Akan tetapi saya akan tetap mengusahakan yang terbaik yang bisa saya lakukan. Apapun yang saya lakukan, baik itu menggunakan tenaga, pikiran dan harta benda yang saya miliki semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja. Aamiin.

Surah Al 'Ashr (Waktu/Masa)

Di dalam Al Qur'an surat ke 103, yaitu Surah Al-‘Ashr yang berarti Waktu/Masa.
Yang terjemahannya sebagai berikut:
Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
1. Demi masa
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.
Dari ayat tersebut di atas sudah ditekankan bahwa waktu itu sangat berharga. Kita tidak boleh menunda-nunda suatu kebaikan, dan membuang waktu dengan percuma. Hanya dengan menjalankan kebaikan demi kebaikan dengan dasar rasa ikhlas dan sabar, insyaAllah kita bisa meraih ridha-Nya.

Sebagai penutup, masih ingat lagunya Raihan yang berjudul "DEMI MASA"?
Inilah lagunya....



*****
Sumber :
http://ms.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-%E2%80%98Asr
http://www.youtube.com/watch?v=mJbHBhA9INQ

14 comments:

  1. betul mak... sepertinya waktu itu memang cepat sekali berputar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, sayang sekali ya kalo dibuang percuma :)

      Delete
  2. Semoga kita tak menyiakan waktu ya mbak..karena memang berlalunya cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian izin follow blognya ya mbak :)

      Delete
    2. aamiin...betul mbak Susi :)
      siappp mbak, saling follow yaa....

      Delete
  3. waktu itu cepat berlalu ya mak,semoga kita termasuk orang2 yg pintar dalam memanfaatkan waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes Mak...aamiin
      sering harus multitasking biar semua kerjaan beres sesuai dgn yg diharapkan... :)

      Delete
  4. Yah.. Intinya bersyukur aja sama waktu yg sudah di lewati. Kalau minta waktunya di ulang, yah, harus minjem alat doraemon dulu.. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersyukur itu wajib, hehe...sambil terus mengisi waktu dengan kebaikan tentunya..
      aku mau seandainya dikasih kantung ajaib doraemon.. *emang siapa juga yg mau ngasih?

      Delete
  5. iya mbak memang waktu begitu cepat berjalan, saya juga merasakan kemarin barusan tahun baru, eh bentar lagi udah mau tahun baru lagi......

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas, umurnya juga sudah mau nambah lagi..hehe

      Delete
  6. 2014 ini terasa cepat sekali :D

    oh ya aku suka lagu "demi masa"
    mengingatkan kita banget tentang arti waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bentar lagi dah tahun baru 2015 ya Mbak.... :D

      toss Mbak :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)