Monday, 5 May 2014

Cara Membuat Martabak Manis Mini Ala Mama DOA

Semangat pagi :D

Martabak manis atau biasa disebut terang bulan termasuk kesukaan myDOA. DOA adalah sebutan untuk krucil-krucil kesayanganku, yaitu singkatan dari Dani-Ony-Ahya. Iyaa itu singkatan nama dari ketiga anakku. Saat ini baru usia sekolah semua, kelas 7 smp, 4 sd dan 1 sd. Merekalah semangat hidupku.


Dari dulu kami biasa beli martabak manis, karena selain rasanya lebih enak tentu saja lebih praktis, tinggal santap aja. Tapi gak ada salahnya kan sekali-sekali mencoba saat ada waktu luang? Selain jatuhnya lebih murah, lebih higienis, dan lebih banyaakkk hehe. Juga bisa dibuat bareng sama anak-anak, mereka bisa memberi toping sesuka hati mereka.

Oke mari kita mulai eksekusi martabak manisnya :D

Siapkan bahan-bahannya, yaitu:
- 500 gram tepung terigu
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 100 gram gula pasir
- 700 ml air
- 1/2 sachet ragi instant, saya pakai fermipan sachet 11 gram, pakai setengah bagian saja
- 2 sdm margarin, dilelehkan
- 2 butir telur
- gula pasir secukupnya untuk taburan

Topingnya : margarin, meses, keju, kacang sangrai yang dihaluskan (sesuai selera)

Cara membuat :
1. Campurkan tepung terigu, garam, sebagian gula pasir, baking powder, telur dalam satu wadah. Aduk-aduk. Kemudian masukkan air sambil terus diaduk. Jika adonan bergerindil, bisa diaduk pakai tangan sambil dipencet-pencet biar halus. Kalau tidak mau belepotan silahkan aduk pakai 2 sendok, caranya sendok adonan pakai tangan kanan kemudian tangan kiri menghaluskan dengan posisi sendok di atas sendok pertama.
Setelah tercampur merata tuang ragi dan aduk lagi hingga merata.
2. Tutup adonan dengan serbet bersih, diamkan kurang lebih 30 menit.
 3. Setelah serbet dibuka, masukkan margarin yang sudah dilelehkan dan sebagian gula pasir. Aduk merata.



4. Nah, adonan siap dicetak.
Siapkan cetakan yang sudah diolesi margarin (hanya saat pertama saja, selanjutnya tidak usah diolesi).
Caranya ambil adonan dengan menggunakan sendok sayur, masukkan ke dalam cetakan dengan sedikit ditekan agar ada kulit tipis di bagian atasnya.



5. Jika sudah setengah matang, taburi atasnya dengan gula pasir. Kemudian tutup cetakan.
Gunakan api yang paling kecil, agar matangnya merata.



6. Jika sudah kekuningan dan sudah matang, angkat. Kemudian olesi dengan margarin dan siap diisi toping sesuka hati. Bisa ditaburi meses dan parutan keju di atasnya. Atau menggunakan taburan kacang sangrai yang sudah dihaluskan.








Alhasil setelah saya sering membuat sendiri martabak manis ini, anak-anak jadi sering request jajanan homade ini, Martabak Manis buatan Mama. Seneng kan Bunda kalau anak-anak suka masakan buatan kita?
Yuuk monggo kalau mau dipraktekkan.


4 comments:

  1. Komplit bener tuntunannya Mak... kereenn !! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, semoga bermanfaat ya. Makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  2. Wihhh resepnya maknyusss banget nih dan terlihat mudah membuatnya. Mau bikin ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mudah Mbak, gak ribet, selamat mencoba yaa :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)