Tuesday, 17 June 2014

Bikin Pastel Lezat nan Renyah Yuk!

Ada yang suka pastel?
Kalau saya mah suka, tapi gak pakai banget, karena selama ini setiap saya ketemu jajanan yang bernama pastel ini kulitnya selalu yang tipis, terus kalau sudah agak dingin jadi agak lembek gitu, rasanya gak krezz lagi seperti tampilannya saat masih hangat.

Kali ini ceritanya beda, saya jadi jatuh cinta sama yang namanya pastel ini. Pastel yang berkulit agak tebal, tetapi saat dimakan berasa renyah di luar dan lembut di dalam.  Yummy deh pokoknya!! Waktu itu lebaran tahun 2013, kami sekeluarga mengunjungi saudara di Semarang. Saat itulah saya bertemu dengan pastel yang renyah ini. Minta resepnya dan langsung dipraktekkan di rumah.

Kebetulan sekali pada saat itu saudara juga sedang menerima pesanan kue. Ceritanya saudara saya ini memang buka usaha katering kecil-kecilan, dimana pastel termasuk salah satu di daftar pesanan. Maka beruntunglah saya yang berkesempatan bantu-bantu dan melihat-lihat secara langsung proses pembuatan si pastel lezat nan renyah tadi. Sehingga saya nantinya bisa membuat sendiri di rumah. Dan ternyata membuatnya gampang dan bahan-bahannya mudah sekali didapat di pasar tradisional atau di minimarket.

Mari kita buat bahan isinya dulu ya, karena setelah matang harus ditunggu dingin dulu baru bisa dimasukkan ke dalam adonan kulit pastel.


Bahan isi pastel:
  • Wortel 500 gram, kupas dan iris dadu kecil-kecil.
  • Ayam  200 gram, direbus dan ditiriskan, kemudian ambil dagingnya dan dicacah. Ingat yaa dicacah, agar rasa ayamnya lebih berasa. Caranya, ambil potongan daging ayam, taruh di atas talenan, kemudian pukul-pukul pakai pisau sampai agak remuk dan iris-iris.
  • Daun bawang (bawang pre), cuci bersih dan potong-potong kurang lebih 1/2 cm. Di Semarang orang menyebut bawang pre ini dengan nama onclang :D
Bumbu isi pastel:
  • Bawang putih, merica, pala, garam, gula dihaluskan
  • Bawang bombay diiris tipis
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng untuk menumis
Cara membuat isi pastel:
  • Bawang putih, merica, pala, garam dihaluskan
  • Panaskan minyak secukupnya di wajan, masukkan bumbu halus dan bawang bombay, kemudian oseng hingga baunya harum.
  • Masukkan ayam dan wortel, aduk sebentar. 
  • Beri air secukupnya dan taburi gula.
  • Sesekali diaduk sampai wortel empuk dan bumbu meresap. Jika sudah pas rasanya, angkat dan tiriskan.
Kita tunggu sampai dingin dulu sembari kita membuat adonan kulitnya.
Bahan kulit pastel:
  • Terigu 500 gram
  • Telur ayam 3 butir
  • Mentega (saya pakai blueband) 250 gram
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
Cara membuat kulit pastel:
  • Campur semua bahan, kecuali air. Aduk dan uleni hingga tercampur rata sambil menambahkan air sedikit demi sedikit. Penggunaan air ini dikira-kira saja, yang penting adonan tidak terlalu kering atau terlalu lembek. Setelah kalis, ambil adonan sejumput demi sejumput dan buat menjadi bulatan.
Nah tiba saatnya membentuk pastelnya.
Pastelnya kurang rapi yaa,
perlu latihan terus biar lebih rapi
Cara Membentuk Pastel:
  • Ambil sebuah adonan kulit, taruh di atas talenan, kemudian tipiskan menggunakan gelas atau alat penipis yang terbuat dari kayu, hingga adonan berbentuk lingkaran. Jangan lupa dialasi plastik agar tidak lengket.
  • Ambil sesendok isian, taruh di atasnya, kemudian tangkupkan kedua sisinya hingga membentuk setengah lingkaran.
  • Pilin pinggiran yang ditangkupkan tadi, sekaligus sebagai pengunci agar isi tidak keluar saat digoreng.
  • Ulangi terus sampai kulitnya habis. Kalau isinya masih, enak juga lho dipakai lauk, atau ditaruh di atas roti tawar sebagai isian.
  • Terakhir, siapkan minyak yang agak banyak di atas wajan. Tunggu sampai panas, kemudian goreng pastel yang sudah kita buat tadi, bolak-baik sampai berwarna keemasan, tiriskan.
  • Akhirnya pastel lezat nan renyah sudah bisa dinikmati. 
Harus telaten dan sering latihan memilin,
agar jadinya rapi.


Si pastel lezat nan renyah
Ternyata pastel ini juga bisa diisi abon lho, dan dicetak kecil-kecil. Sangat cocok untuk isi stoples lebaran.
Selamat mencoba ya :)
*****






36 comments:

  1. nyam nyam nyam...sy suka paapistel....hemmm enak...tp kalau bikin suka gagal.....gak bisa kress...wah bisa dicoba ni mak resepnya.....Top markotop sepertinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mak, aku jadi suka pastel yang ini, padahal sebelumnya gak begitu, soalnya krezz bingits, hehe
      Makasih ya Mak :)

      Delete
  2. kok papistel..? pastel maksudnya mak...maafkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, pasti gara2 terlalu bersemangat ngetiknya :p
      gakpapa Mak, selamat mencoba yaa :)

      Delete
  3. woww ada pastel enyakk :) Kesukaanku nih

    ReplyDelete
  4. sy pya resep'y ga pake telor mak,wajib dicoba nih resep mak,mau bkn yg kecil2 isi abon.klo udh jdi nanti sy bkn postingan,heeeee... mksih mak cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap Mak ditunggu postingnya yaa....
      sama2 Mak Cantik :)

      Delete
  5. Replies
    1. Irfan, aku mau BW ke blognya, tapi gak tahu cara komennya...please help yaa....

      Delete
  6. suka banget sama pastel, apalagi kering huuuu nikmat, makasih yaa resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, yang ini gak lembek...krezzz pokoke, hehe
      sama2 :)

      Delete
  7. Emm.. Enak nih kelihatannya... :D

    Biasanya, saya makan pastel yang isinya bihun dan potongan wortel - sedikit sih.. Hadeh.. Rasanya meragukan deh.. Kapok.. :D

    ReplyDelete
  8. Aku suka makannya, tapi waktu bantuin ibu bikin pastel, penampilannya berantakaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang harus latihan memilinnya biar jadinya rapi :)
      tapi gak takut mencoba lagi bukan? hehehe

      Delete
  9. Dulu, sewaktu almarhumah nenek masih ada, aku paling senang pas sesi masak pastel. Nenekku itu telaten, sayangnya hobi memasaknya itu ndak menurun sama aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti kadang-kadang kangen pastel buatan beliau ya Mbak :(
      sebagai obat kangen, yuuk coba bikin sendiri aja Mbak Mira :D

      Delete
  10. Cocok buat persiapan lebaran ni mbak

    ReplyDelete
  11. Cocok buat persiapan lebaran ni mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...aku juga mau bikin yg isi abon untuk lebaran
      makasih ya sudah berkunjung :)

      Delete
  12. Saya juga suka bikin mbak, tapi yang kecil kering isinya abon. Saya belum pernah sih, buat pastel basah gini.. Ah, bentuknya kurang rapi gak apa sing penting rasane uenak tenan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ini kulitnya gak lembek mbak, jadi aku suka :)
      diisi abonpun juga enak
      hehe iyaaa....rasane mak nyuss tenan :D

      Delete
  13. Wah enak nih...dalamnya ada daging ayamnya. kalau saya suka yang banyak sayurnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya diisi apa saja bisa kok, tergantung selera.
      diisi bihun, telur, mi, suka-suka kita :)
      kalau mau yang banyak sayurnya emang harus bikin sendiri, hehe

      Delete
  14. ibu mertua saya jago bikin pastel, dan pastelnya enak deh. sayangnya, saya malah gak bisa bikinnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuk Mak, belajar bikin sendiri...ntar biar ada momen, "aku suka pastel bikinan mamaku" dari anak2 kita...hehe

      Delete
  15. Pokoknya makanannya enak & halal, aku makan. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berarti masih sehat, harus bersyukur itu, hehe

      Delete
  16. Saya juga sering kecewa klw dapat pastel keras, pinggirannya selalu saya buang. Dapet resep ini jd semangaat mau coba. Trmks ya Mak Ninik...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo monggo dicoba Mak...gampang kok buatnya...
      Sama2 Mak Mutia :)

      Delete
  17. Bikin ngiler... Klo resep segitu bisa dapat berapa buah pastel ukuran sedang, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi 20-an Mbak...bahkan lebih.....
      kalo bikin sendiri itu jadinya banyak Mbak, hehe

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)