Friday, 13 June 2014

PICTALOGI: Solusi Mudah Mencetak Foto Hanya dari Rumah

Mencetak foto?
Ah sudah lama sekali rasanya kami tidak pernah mencetak foto koleksi keluarga kami. Karena sudah keenakan menyimpannya di handphone, di laptop, atau di flashdisk. Padahal sejak pernikahan kami terutama sejak kelahiran anak pertama kami tahun 2001 silam, kami selalu mengabadikan momen-momen perkembangannya dengan mengambil gambarnya menggunakan kamera manual, yang di dalamnya harus diisi 1 roll negatif film. Satu bulan bisa habis satu roll film yang kemudian kami cetak dan kami simpan dalam album untuk dilihat-lihat kembali di kemudian hari.


Menginjak tahun 2010-an yaitu setelah kami membeli kamera digital bisa dikatakan hampir tidak pernah lagi mencetak foto dan mengoleksinya di album. Saya sendiri, suami, bahkan anak-anak suka main jeprat-jepret entah itu pakai kamera digital, kamera handphone, atau bahkan pakai webcam yang ada di laptop untuk berselfie ria kemudian menyimpannya di flashdisk atau bahkan hanya dibiarkan begitu saja tersimpan di sana. Ihh norak juga ya :p

Hari ini saya seperti diingatkan kembali ke masa puluhan tahun silam, dan saya ingin mengulanginya kembali. Saya ingin mencetak foto-foto koleksi saya. Tentu saja saya harus memilih foto mana saja yang harus saya cetak. Kalau semua saya cetak, waduh kantong saya bisa bolong, karena koleksi fotonya ada ribuan. Kemudian saya harus menyimpannya di flashdisk dan membawanya ke studio foto. Belum-belum saya kok sudah males ya membayangkan ribetnya. Apalagi bagi saya yang tidak begitu suka keluar rumah, maunya yang praktis saja. 
Emang ada ya fasilitas seperti itu? Tentu saja ada dong
Dengan fasilitas internet apa coba yang tidak bisa? Cukup pakai Pictalogi saja. Kita bisa mencetak foto dengan sangat mudah dan praktis karena semua bisa dilakukan hanya dari rumah.

Yuk mari kita mulai berselancar, mengenal lebih jauh tentang Pictalogi


Sekilas tentang Pictalogi
Setelah membaca sekilas tentang Pictalogi sudah bisa dibayangkan ya apa kira-kira yang nanti akan kita dapatkan.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Pictalogi adalah sebagai berikut:


2. Lakukan register bagi pengguna baru



Setelah mengisi data secukupnya kita sudah bisa mulai beraksi.

Cara pemesanannya adalah sebagai berikut:


3. Yuuk lihat-lihat dan pilih produknya
Mini Book

Mini Book
Mini Stiker
Mini Stiker
 Square Photo

Square Photo

R Sizes

R Sizes

Ahhh mulai lapar mata iniiihhhh *halah*
Habis, selain cantik-cantik harganya juga lumayan miring, dan bebas ongkir lagi ke seluruh Indonesia!

Setelah ditimbang-timbang akhirnya saya memilih Mini Book saja. Karena bentuknya buku, jadi tidak usah beli album lagi. *nah ketahuan pelitnya kan*


4. Klik tombol "Pesan Sekarang" yang ada di spesifikasi produknya
Mari kita mulai!

Langkah 1. Ubah cover dan beri judul
Ini gambar cover aslinya


Nah, yang ini cover pilihan saya berikut judulnya sudah saya ubah "Papa Mama DOA (Dani Ony Ahya)".


Langkah 2. Mulai upload foto
Selain dari komputer,foto yang di-upload bisa diambil dari akun sosial seperti facebook atau instagram. Klik "upload", kemudian klik "tambah gambar". 
Catatan: foto yang di-upload maksimal 5 buah. 
Lalu klik "unggah semua".

Setelah gambar di-upload, baru bisa ditempel ke album. Caranya adalah seperti gambar di bawah ini. Maklum di awal-awal sempat bingung bagaimana cara nempelnya *alasan gaptek*. 


Silahkan diulang-ulang langkah di atas, upload foto sebanyak maksimal 5 buah dan tempelkan. 

Langkah 3. Saatnya mengedit foto-foto yang sudah ditempel di album
Foto-foto yang sudah ditempel tadi masih bisa diedit-edit lho. Antara lain bisa diberi teks di bawahnya, background-nya bisa diganti-ganti sesuka kita, fotonya digeser-geser biar pas, bahkan kalau hanya mau menampilkan teks saja tanpa foto juga bisa.


Kalau masih bingung, ada tab "tampilkan petunjuk" seperti di bawah ini, dijamin tidak akan bingung lagi.


 Langkah 4. Ubah cover belakang



Akhirnya selesai sudah membuat 1 album kenangan bersama Pictalogi.

5. Selanjutnya klik "pesan sekarang"
Kita akan dibawa ke halaman "keranjang belanja" yang berisi tentang detail yang kita pesan antara lain: nomor invoice, jenis produk yang dipesan dan jumlah yang harus ditransfer. Kita juga harus mengisi data pengiriman. Setelah transfer ke rekening Mandiri/BCA, silahkan melakukan konfirmasi pembayaran melalui sms.

Praktis banget bukan?
Rasanya sudah tidak sabar menunggu hasil cetak fotonya.

Foto-foto yang sudah saya upload, yang nantinya akan menjadi sebuah album Mini Book


Contoh isi album Mini Book saya


Contoh isi album Mini Book saya
Cantik-cantik bukan?
Ingat! Selain Mini Book masih ada produk lain yang bisa dicoba lho. Lain waktu mau nyoba yang Mini Stiker ah. Pasti asyik itu ditempel-tempel. Anak-anak pasti suka, saya juga suka. *ehh*

Selamat mencoba ya :)
*****


*****
Haiii.....!!!!
Ini dia yang ditunggu-tunggu
Mini Booknya sudah jadi 
Terimakasih Pictalogy :)
Mini Book-nya sudah datang
dalam waktu 2 hari setelah transfer
BEBAS ONGKIR lagi!
****


15 comments:

  1. Aku kemarin barusan cetak foto mini book di pictalogi Mak.. Bagus hasilnya..warna gambarnya kinclong ya menurutku... Ah, mau juga deh ikutan lomba ini...hehehe

    ReplyDelete
  2. ayo Mak ikutan, masih ada waktu...
    ah jadi gak sabar nih Mak pengen liat Mini Book'nya :D

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran nyoba pictalogy...aku biasanya yg lain soale kalo mau bikin photobook gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....dicoba aja, sekalian ikut lomba :)

      Delete
  4. waw, bisa dimodel photobook gini ya, mak? baru tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa Mak....ngirit album..hihihi
      makasih ya Mak :)

      Delete
  5. pengen ikutan tapi sayang kameraku jelek gambarnya hiks .. semoga menang ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak Susan, ayo ikutan aja, sudah hampir kejar tayang nih....
      kali aja mak bisa bahas yang model stiker atuh....
      semangat mak :D

      Delete
  6. salam kenal :-)
    wah sekarang perkembangan teknologi bikin cetak foto selangkah lebih mudah ya :-D
    keren nih pictalogi.
    sukses ya untuk kontesnya!
    ^_^

    ReplyDelete
  7. Salam kenal kembali Mbak Ina :)
    Makasiiiihhh.... Aamiin :)

    ReplyDelete
  8. wah.. keren banget ini mak...aku baru tahu lho..
    thanks infonya, good luck kontesnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, keren dan praktis
      Aamiin, makasih ya Mak :)

      Delete
  9. Hi! Tulisannya keren, Cetak Foto Makin Mudah dengan Pictalogi. Mampir juga ya: http://gebrokenruit.blogspot.com/2014/06/yuk-cetak-foto-di-pictalogi.html
    Makasih;)

    ReplyDelete
  10. boleh nih coba pake kain kanvas

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)