Friday, 3 October 2014

Silaturahmi yang Mendamaikan Hati

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), silaturahmi berarti persahabatan (persaudaraan), sedangkan bersilaturahmi bermakna mengikat tali persahabatan (persaudaraan). Seperti yang pernah saya tulis pada posting terdahulu saya yang berjudul "Hobi Berkunjung yang Menyatukan Keluarga", dimana silaturahmi itu sangat penting agar hubungan persaudaraan atau persahabatan tidak terputus. 

Sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk hidup, manusia akan terus berkembangbiak dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Semakin panjang garis keturunan yang terjadi, semakin sulit untuk melacaknya. Hal ini harus segera diantisipasi karena bisa menyebabkan putusnya silsilah keluarga, yang juga berarti putusnya tali silaturahmi. "Jangan sampai kepaten obor (bahasa Jawa, artinya=obornya mati)", kata para sesepuh, yang artinya terputusnya tali silaturahmi sehingga tidak mengetahui silsilah keluarganya atau garis keturunannya sendiri.

Bersilaturahmi sangat dianjurkan dalam agama dan begitu banyak manfaatnya, antara lain memanjangkan umur, menambah rizki, membuat orang lain merasa senang, dan tentu saja masih banyak lagi keberkahan yang bisa kita dapatkan dari bersilaturahmi. Salah satunya adalah yang kami sekeluarga alami. Dengan bersilaturahmi kami bisa mengungkapkan rasa kasih sayang persaudaraan kami, dan membuat tali persaudaraan kami semakin kuat. Kami jadi mengetahui silsilah keluarga kami dan mengenal lebih dekat saudara-saudara kami yang tersebar dimana-mana. Bersilaturahmi hendaknya tidak hanya kepada saudara yang mempunyai garis darah saja, melainkan dengan teman dekat atau sahabat yang terkadang malah lebih dekat daripada saudara kandung sendiri.

Bersilaturahmi bisa mendamaikan hati. 
Terkadang karena masalah sepele bisa menyebabkan hubungan dua buah keluarga menjadi retak. Hubungan yang dulunya harmonis dan indah menjadi tercemar gara-gara kurangnya komunikasi, sehingga masing-masing hanya saling bersyak-prasangka. Masalah yang semula sepele lama kelamaan menjadi besar dan menyebabkan keengganan berhubungan kembali. Harus ada salah satu yang mengalah untuk membesarkan hati dan mulai menjalin kembali hubungan silaturahmi yang terancam putus ini. Jika kedua buah keluarga tidak ada yang mau mengalah, harus ada pihak ketiga yang berlaku sebagai mediator yang tidak boleh berpihak pada siapapun. Masalah akan semakin runyam jika ada pihak-pihak tertentu yang turut mencampuri urusan. Bukannya menyambung kembali tali persaudaraan yang hampir putus, tetapi malah sebaliknya, hubungan persaudaraan akan benar-benar putus. Bahkan kadang bisa berlanjut sampai anak cucu. Naudzubillah! Jangan sampai terjadi yang seperti ini ya, Teman-teman.

Tak bisa dipungkiri, hal seperti ini pun pernah terjadi pada keluarga kami. Karena jarak yang jauh dan jarang berkomunikasi menyebabkan hubungan menjadi kurang harmonis. Jika harus menunggu siapa yang mau berkunjung terlebih dahulu, tentu saja masalah tidak akan pernah selesai. Justru hubungan keluarga malah semakin jauh karena masing-masing pihak merasa paling benar dan mau menang sendiri. 
Akhirnya dengan berbesar hati, kami harus mau mengalah dan mau berkunjung terlebih dahulu. Tak masalah, mengalah bukan berarti kalah kan?
Akhirnya, hubungan antar keluarga kami yang semula agak kaku dan asing, kini mencair kembali bagai es batu besar yang meleleh di hati yang panas. Nyezz!!
Bersilaturahmi membuat hati kami menjadi damai, karena kami merasa saling memiliki dan saling menguatkan jika salah satu dari kami terkena musibah. Bersilaturahmi membuat hati kami damai, karena pada saat tertentu kami bisa berkumpul, mengobrol, bercanda dan tertawa bersama. Bersilaturahmi membuat hati kami menjadi damai, karena kami mempunyai saudara dimana-mana. 

Bersilaturahmi tidak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, di dunia maya pun kita bisa melakukannya, yaitu dengan mencari komunitas-komunitas positif dimana kita juga bisa menjalin silaturahmi. Yuk, mari bersilaturahmi sebagai media untuk belajar dan mengembangkan kualitas diri.
*****
Tulisan ini disertakan dalam
*****

34 comments:

  1. Benar, silaturahmi itu membuat sesuatu yang jauh menjadi lebih dekat :-)

    ReplyDelete
  2. iya bener, bisa menambah saudara dimana-mana...
    juga membuat yang terpisah bisa terhubung kembali :)

    ReplyDelete
  3. betul ya mak silaturahmi itu hati jadi damai,sukses ya mak GA nya....:)

    ReplyDelete
  4. bener banget mak, setuju :) kunjungan perdanaku sepertinya mak, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp Mak, makasih yaa ...akhirnya dirimu menjejakkan kaki di sini Mak hihi...salam kenal kembali Mak :)

      Delete
  5. Silaturahmi itu memanjangkan umur dan murah rezeki

    ReplyDelete
  6. benar sekali mbak, silaturohim itu bisa memper erat dan membuat yang tidak tahu bahwa itu masih saudara menjadi tahu, seperti misalnya kemarin saya alami ketika pulang cuti kejawa saya, main kesalah satu saudara, eh ternyata sudah banyak perubahan, banyak anak anak dari sodara ibu saya yang sudah menikah dan memiliki momongan. nah jika tidak sering bersilaturohim itu membaut kita jadi jauh dan tidak tahu jika sudah banyak saudara yang berkembang segitu banyaknya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah mas kenapa kita harus rajin silaturahmi, biar gak kepaten obor kan...hehe

      Delete
  7. silaturahmi itu wajib loh...kalau kita tidak mau kehilangan jejak leluhur kita....selamat berlomba..semoga menjadi salah satu yang terbaik..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mas, karena ada di Al Qur'an dan Hadist juga... makasih, salam kembali dari Tulungagung :)

      Delete
  8. Subhanllah bu ninik sungguh mendamaikan nih keren dah ^-^ sangat terinspirasi terima aksih Bu Ninik ^-^ mantep sekali ini pas di suasana hati

    ReplyDelete
  9. Silaturahmi memperkaya hati, mempermudah rezeki, dan panjang umur. Insya Allah
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, Pakde... makasih...
      salam hangat kembali dari Tulungagung :)

      Delete
  10. setuju banget mbk,berkah silaturahmi itu melimpah :)

    ReplyDelete
  11. Bener, rasanya kalau uda bersilaturahmi, bertemu dgn orang trsayang. Itu rasanya damai bnget, apalagi org yg uda lama gk jumpa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, yuk lebih giat lagi bersilaturahmi :)

      Delete
  12. Alhamdulillah dg silaturahmi keluarga jd damai lagi ya mbak,... jd senang membacanya... mak nyezzzz jg...
    Terimakasih sdh berpartisipasi dalam GA saya ya mbak...

    ReplyDelete
  13. Selamat berhari raya ya sis,... semoga senantiasa berlimpah nikmat hidup buat kita semua...

    Salam blogging dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ....sama2....aamiin ya Robb...
      salam blogging kembali :)

      Delete
  14. Subhanallah, indahnya silaturahmi...

    ReplyDelete
  15. Silaturahmi memang mendamaikan hati, memperpanjang umur, melapangkan rejeki :)

    ReplyDelete
  16. Kali sdh bersilaturahmi dgn saudara,to long singjirkan rasa cemburu n pikiran2 negatif. Ok,Make? Sukses. :)

    ReplyDelete
  17. wah cerita yang menyenangkan ya mbak :)
    silaturahmi memang indah asalkan dibumbui ketulusan dan tidak pakai iri hati :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Ina....bumbunya yang positif2 aja :)

      Delete
  18. Banyak banget manfaat dari silaturahmi ya mbak :) Rajin bersilaturahmi akan memberi energi positif bagi kita, jadi ayooo lanjutkan mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak...insyaAllah panjang umur dan murah rejeki ....
      siaappp lanjutkan Mbak :)

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)