Monday, 23 February 2015

Berenang adalah Olahraga yang Menyenangkan


Berenang adalah olahraga favorit saya dan My DOA.
Biasanya kami melakukannya di hari Minggu atau di hari libur. Agar acara berenangnya nyaman dan menyenangkan, kita harus pinter pilih-pilih waktu lho Teman-teman, misalnya pagi hari sekitar jam 6 atau 7 pagi, atau sekalian sore hari, misal jam 3 sore sehabis shalat ashar.

Kenapa mengambil waktu-waktu tersebut?
Biasanya jam segitu kolam renang agak sepi dan matahari tidak panas lagi.
  • Kalau kolam renang agak sepi kita bisa berenang bebas, tidak suka tertabrak perenang yang lain. Apalagi kolam renang Vidia Tirta, Tulungagung ini sering dipakai tempat praktek olahraga renang beberapa sekolah di Tulungagung. Dan, anak-anak sekolah itu sukanya bergerombol di tempat tertentu di kolam renang. 
  • Tidak panas! Itu yang paling penting, biar badan gak belang bo', hihi, lagian sinar matahari jam-jam siang kan banyak mengandung ultraviolet yang bisa menyebabkan kanker kulit.
Manfaat olahraga renang
Begitu banyak manfaat yang saya dapatkan dengan melakukan olahraga renang secara rutin, yaitu :
  • Kebersamaan. Berenang bersama anak-anak sangat menyenangkan. Meskipun ketika di kolam renang terkadang mereka masih suka berantem juga. Itulah yang namanya saudara, kadang mereka akur, kadang ada saja masalah kecil yang membuat mereka berantem. Bisa karena rebutan makanan, minuman atau rebutan pelampung. Tapi secara umum, berenang akan meningkatkan kekompakan. Biasanya saya suka mengajak mereka bermain di dalam air, misalnya lama-lamaan menahan napas di dalam air, cepet-cepetan berenang untuk sampai titik tertentu. Anak-anak biasanya merasa senang dan tertawa-tawa. Bisa terbayang betapa fresh-nya kan? Kalau si Papa ikut, biasanya beliaulah yang jadi juru fotonya.
  • Badan terasa lebih fit. Berenang adalah olahraga yang paling ringan dan aman, karena seluruh badan kita tertumpu di air. Badan jadi terasa ringan ketika melayang di air. Tapi jangan salah lho, gerakan-gerakan yang santai tapi pasti di air tersebut bisa membuat otot-otot kita kuat. Jika baru pertama kali berenang, jangan kaget kalo badan tersasa njarem (pegal) semua. Tapi kalau kita rutin melakukannya, badan akan terasa sehat dan bugar setelah berenang. 
  • Napas lebih teratur. Gerakan renang favorit saya adalah gaya dada/gaya katak. Gaya yang lain seperti gaya bebas, gaya punggung atau gaya kupu-kupu juga patut dipertimbangkan lho. Apapun gayanya jelas membutuhkan pengaturan napas, sehingga membuat napas kita menjadi lebih teratur.
  • Lebih fokus dan pikiran lebih fresh. Saat berenang saya harus berkonsentrasi untuk tetap menjaga tubuh saya melayang di air, sambil terus bergerak maju untuk mencapai target sasaran. Pernah saya mencoba, ketika berenang saya memikirkan hutang masalah saya, gerakan renang saya jadi tidak stabil. Dengan berenang, kita akan berlatih fokus untuk mencapai tujuan.
Beberapa tips berenang
  • Memakai baju renang dan celana khusus untuk berenang. Untuk muslimah sudah banyak tersedia baju renang khusus yang menutup ujung kepala hingga mata kaki. Baju renang memang didesign khusus untuk memudahkan gerakan kita di dalam air. Kalau belum punya, gunakan baju/celana yang terbuat dari bahan kaos yang ringan. Jangan coba-coba pakai bahan yang tebal seperti jeans atau kaos yang tebal, dijamin kita tidak akan bisa bergerak bebas dan justru bisa tenggelam karena kita akan kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh di dalam air.
  • Membawa perlengkapan renang, seperti kacamata renang yang berfungsi untuk melindungi mata kita kemasukan air saat berenang, pelampung jika suka, penutup kepala untuk melindungi rambut dan kulit kepala.
  • Perhatikan kedalaman kolam renang. Dampingi anak-anak jika mereka baru pertama kali berenang, atau memang belum bisa berenang. Awasi jangan sampai masuk ke kolam yang airnya dalam.
  • Membawa makanan kecil dan minuman secukupnya, seperti biskuit atau roti, dan air putih atau minuman manis. Ini untuk antisipasi anak-anak tiba-tiba merasa lapar di tengah-tengah waktu berenang. Atau beli saja di kantin kolam renang.
  • Membawa peralatan mandi, seperti handuk, sabun, dan sampo. Air kolam renang biasanya mengandung chlor, jadi sebaiknya bilas tubuh dengan air bersih setelah berenang.
  • Membawa plastik/kresek untuk tempat baju/celana renang yang basah.
  • Jangan lupa memakai sunblock untuk melindungi kulit sari sinar UV.
  • Jangan lupa membawa minyak kayu putih jika berenang dengan anak-anak. Minyak kayu putih ini membantu menghangatkan badan anak yang kedinginan karena terlalu lama berendam di dalam kolam.
  • Body lotion dan pelembab juga penting lho. Setelah berenang biasanya kelembaban kulit kita berkurang, Dengan memakai pelembab dan body lotion akan membantu mengembalikan kelembaban kulit kita.
Berenang ternyata merupakan olahraga yang disarankan bagi ibu hamil dan penderita nyeri sendi. Bahkan bisa dilakukan sejak anak masih bayi. Yuk pertimbangkan berenang sebagai alternatif mengisi hari libur untuk menjaga kebugaran tubuh dan menambah keharmonisan keluarga.
Selamat berenang!

*****

17 comments:

  1. Saya suka berenang tetapi jarang mnelakukannya karena situasi dan kondisi yang sulit untuk mewujudkannya... sok sibuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Mas sekali2 refreshing, jangan sibuk terus :D

      Delete
  2. Replies
    1. yeay seger ya...dan seru saat terkena ombaknya :D

      Delete
  3. Baaru hari sabtu kemarin saya dan anak2 juga berenang. kalo anak yg besar udah bisa dikit2..yg kecil main2 air aja yg penting bergerak. kalau udah berenang susaaaah brentinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak memang suka banget mainan air ya Mbak... :D

      Delete
  4. anak-anak saya sempat kursus berenang. Sekarang lagi brenti. Nanti, kalau musim hujan udah selesai, mau coba kursusin lagi, ah :)

    ReplyDelete
  5. Seru ya berenang bareng keluarga. Di jam sepi, gak ada gangguan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener...bisa dengan tenang berenang beberapa putaran

      Delete
  6. Aku jugak sukak berenang, Mbak. Asik banget kalok uda main air :D

    ReplyDelete
  7. Huaaa, pengeeeen.. Udah lama nggak berenang. :D Tapi kadang saya suka bingung milih bajunya mbak... Klo tipis enak buat berenang tapi pas naik bisa nerawang, kalo tebal berat. Terpikir buat bikin kolam renang pribadi klo nanti punya rumah sendiri, tapi mahaaaal boo'! haha.. *mimpi* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya pake baju renang muslimah tapi di luar masih saya pake kaos tipis mbak...soalnya biasanya juga kalo keluar kolam baju renangnya tetap nempel tubuh hehe

      asyiikkk punya kolam renang pribadi, aamiin aamiin semoga tercapai :D

      Delete
  8. Kemaren aku hari minggu renang dan emang benar olahraga yang paling menyenangkan itu dengan olahraga renang atau senam aerobik hehehe

    ReplyDelete
  9. Guru Renang Belajar Kursus Privat Semua Gaya Berenang Pelatih Renang Profesional Jakarta 081286606678, 081286608678 GURU RENANG JAKARTA

    Anda pengen mahir berenang? Siap melatih renang bagi siapapun untuk umur berapapun. Team Pelatih Renang Kami siap memberikan Les Privat Renang Di Kolam Renang Apartemen Jakarta Pusat, Apartemen Jakarta Barat, Apartemen Jakarta Timur, Apartemen Jakarta Utara, Apartemen Jakarta Selatan.

    Bagi Anda yang memiliki Anak, segera pastikan Anak Anda dapat berenang. Dengan renang akan membuat stamina Anak kuat dan pertumbuhan badan meningkat pesat. Serta tentu akan melatih kepercayaan tinggi. www.gururenang.com
    Untuk Anda yang sudah dewasa atau beranjak tua. Jangan takut, tidak ada kata terlambat. Dengan melatih olahraga renang, otot otot tidak akan kaku dan mencegah Syaraf kejepit. Saya siap melatih renang bagi siapapun Anda dengan ketentuan sbb:

    - Paket Renang 6x Pertemuan Untuk 1 Bulan Rp 1 Juta atau Rp 150rb Per Pertemuan Di Kolam Renang Jakarta.
    - Satu sesi belajar renang kurang lebih 1,5 Jam.
    - Pembayaran dibayar dimuka.
    - Biaya belum termasuk Tiket masuk ke kolam renang.
    - Terima Kursus Private Satu orang, atau Semi Privat lebih dari satu orang.
    - Siap untuk melatih renang dimanapun Anda berada di Jakarta.
    - Kolam Renang bisa Anda yang pilih, atau bisa juga tempat kolam renang berdasarkan masukan dari saya.
    - Jadwal belajar Renang bisa ditentukan berdasarkan kesepakatan dua belah pihak.
    - Siap melatih bagi Anda yang belum bisa renang sama sekali, atau bagi Anda yang bermaksud untuk memperlancar setiap gaya renang.
    - Siap melatih Renang Gaya Dada/Breaststroke Swim, Renang Gaya Bebas/Freestyle Swim, Renang Gaya Kupu Kupu/Butterfly Swim, Renang Gaya Punggung/Backstroke Swimming. Tergantung minat Anda.

    Ayo, segera hubungi HP/WA di 081286606678. Saya sebagai perenang yang telah menguasai renang dari umur 5 tahun sampai sekarang aktif di Kompetisi Renang umur Senior, siap melatih Anda untuk dapat percaya diri berlatih olahraga renang.

    WWW.GURURENANG.COM siap juga menerima Kursus Belajar Renang untuk Pelajar Sekolah SD, SMP, SMU secara kelompok yang dapat dikerjasamakan dengan seluruh Sekolah baik Negeri/Swasta di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur.
    Team Guru Renang di www.gururenang.com siap memberikan Les Privat Kursus Renang dengan Pelatih Renang/Swim Coach Pria Wanita berpengalaman untuk di Kolam Renang Umum Jakarta seperti di Kolam Renang Jakarta Pusat, Kolam Renang Jakarta Barat,Kolam Renang Jakarta Selatan, Kolam Renang Jakarta Timur,Kolam Renang Jakarta Utara. PELATIH RENANG JAKARTA

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)