Thursday, 23 April 2015

Alhamdulillah Masih Diselamatkan

Saya sangat memercayai bahwa tidak ada sesuatu yang kebetulan terjadi di dunia ini. Semua sudah diatur oleh Allah SWT dan tidak ada satu pun yang terjadi kecuali atas kehendakNya.

Kadang tanpa sadar saya mengalami sesuatu kejadian, dimana setelah dirunut-runut, tiba pada suatu kesimpulan, "Oh, ini to maksudnya."
Setiap kejadian yang kita alami selalu sambung menyambung dan bisa dikaitkan antara kejadian yang satu dengan kejadian lain, bahkan dari kejadian sederhana sekali pun.

Sebulan kemarin saya mengalami kejadian yang tanpa saya sadari akhirnya membuat saya bersyukur. Sudah hampir 2 minggu saya tidak ngurusi motor kesayangan saya, padahal setiap hari saya pakai. Ngurusi di sini artinya ngelap body motor pakai kain lap. Biasanya hal ini saya lakukan setiap pagi sepulang dari mengantar Adik sekolah. Beberapa hari hujan menyebabkan motor kotor, sehingga saya tidak ngelap motor lagi, sampai motor saya dicuci bersih tentunya..

Tiba-tiba saya pengin bikin postingan di blog tentang Cuci Motor Salju yang saya tulis di sini gegara saya terkesan dengan Bapak/Ibu pemiliknya. Dua hari kemudian saya jadi pengen ke cuci motor salju. Alhasil motor saya jadi bersih, sehingga besok paginya saya mulai ngelap motor dengan kain biar bersihya awet. Eh, saat saya sampai ke bagian roda belakang, hampir tidak percaya dengan apa yang saya lihat, ternyata ban belakang sudah tipis sekali dan berlubang. Ya Allah! Jadi selama ini saya naik motor dengan kondisi ban yang tipis seperti ini! Berlobang lagi!
Akhirnya saya sangat bersyukur, saya masih diselamatkan.

Seribu Cara Allah untuk Mengingatkan Kita
Banyak sekali kejadian yang pada akhirnya pasti berhubungan satu dengan yang lain. Itulah rahasia Allah. Dari berbagai kejadian yang runut, pada akhirnya selalu sampai kepada rencana indah Allah sebagai pemilik kehidupan ini.

Ada lagi cerita tentang si A yang gagal masuk suatu jurusan tertentu di perguruan tinggi, padahal kalau menurut kemampuan akademiknya si A mampu untuk masuk jurusan tersebut. Ternyata si A gagal masuk jurusan tersebut, suatu hal yang tidak mungkin jika dinalar dengan logika. "Orang pinter kok ndak bisa masuk?"

Jika kita mampu bersikap positif dan berlapang dada (baca = ikhlas), pasti kita akan berpikir;
"Mungkin Allah punya rencana lain."
Dan ternyata benar, tahun berikutnya si A akhirnya diterima di jurusan lain di suatu Perguruan Tinggi di Luar Negeri dan sekarang dia menjadi orang sukses dan tinggal di Jerman.

Jika kita menyadari sesadar-sadarnya sebenarnya rencana Allah itu selalu yang terbaik dan terindah, meskipun tidak selamanya jalan yang harus dilalui itu indah dan mulus. Bisa jadi jalan yang harus kita lewati penuh dengan batu terjal dan penuh dengan air mata. Bisa jadi kita sudah berprasangka buruk. Tapi biasanya kita baru tersadar di akhir cerita, ternyata rencana Allah tetap yang paling indah.
Mari Sobat kita selalu bersyukur dengan menghitung apa yang sudah kita miliki, bukan apa yang belum/ingin kita miliki. [My Quote]
*****

38 comments:

  1. Setiap kejadian sudah ada yang menentukan, kita sebagai manusia hanya bisa menerima apa yang sudah di rencanakan, wah mba ninik masih beruntung sekali bisa melihat ban nya yang sudah gundul... jadi bisa menghindari sesuatu yang diakibatkan ban tipis,,,

    ReplyDelete
  2. Setuju Mbak.. Saya juga percaya tidak ada yang kebetulan di kehidupan kita. Sekecil apapun, Allah mengaturnya. Tapi jujur, sebagai manusia biasa kadang sering berburuk sangka juga, walaupun sekelebat ya. Padahal banyak hal yang lebih patut disyukuri daripada dikeluhkan. Makasih udah berbagi ini ya Mbak, mengingatkan yang lupa, memberi tahu yang alpa..

    Btw, itu bannya tipis banget... Syukurlah Mbak Ninik nggak kenapa-kenapa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak Yanet, saya pun kadang juga masih suka berburuk sangka, astaghfirullah....harus terus belajar positif ya mbak :)

      Alhamdulillah Mbak masih diselamatkan :)

      Delete
  3. Ban yang sudah tipis mudah terpeleset ketika hujan, sangat berbahaya sekali pas nikung atau nge rem mendadak, beruntung lah kalau kita sadar nge cek dulu kondisi sepeda motor sebelum berangkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Mas, apalagi sudah sobek kayak ban saya itu :(

      Delete
  4. Ya Allah...bocornya sampe segitu ya mbak...bahaya mbak kalo bannya tipis, bisa2 kita terjatuh juga karena licin...Alhamdulillah semoga Allah selalu memberikan keselamatan pada kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak Dwi, saya pub juga kaget saat melihatnya... Amiin aamiin Ya Rabb :)

      Delete
    2. bener banget mbak Dwi, saya pub juga kaget saat melihatnya... Amiin aamiin Ya Rabb :)

      Delete
  5. alhamdulilah, mbak masih dilindungi oleh Allah azzawaala. Allah masih sayang ma mbak n keluarga :)
    lain x hati hati mbak, cek kendaraan sebelum jalan mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah saya tidak henti2nya bersyukur
      terima kasih sudah diingatkan :)

      Delete
  6. Wah Mbak, dirimu masih dilindungiNya. Ban setipis itu padahal.
    Kita boleh berkehendak tapi Dia yang menentukan jalan. Kira2 gitu ya Mbak?
    Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener...dengan ban setipis itu saya masih antar jemput anak2 skul lagi... Alhamdulillah mendapat perlindunganNya :)

      Delete
    2. iya bener...dengan ban setipis itu saya masih antar jemput anak2 skul lagi... Alhamdulillah mendapat perlindunganNya :)

      Delete
  7. Kita mesti harus waspada, semoga kita tetap dalam lindungan-NYA

    ReplyDelete
  8. renungan yang mantap mbak... mensyukuri apa yang ada emang lebih nikmat ya mbak.... alhamdulillah nikmatNya allah melimpah banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mas karena yang harus disyukuri itu banyak banget :)

      Delete
  9. Alhamdulillah mak, dilindungi Allah..

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah mbak masih diberi keselamatan padahal kondisi ban sudha seperti itu

    ReplyDelete
  11. Al-hamdulillah.. memang banyak cara Allah mengungkapkan rasa kasih sayangnya kepada kita, dan yang perlu ditanamkan adalah, rasa sayang itu acapkali tidak dipahami oleh hambanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas karena logika kita kadang tidak sejalan dengan rencana Allah, sangat manusiawi

      Delete
  12. Intinya jadilah manusia yang banyak bersyukur termasuk memelihara harta yang kita punya.Masih untung mba saya malah pernah velgnya sampai pecah dijalan karena malas mengganti yang baru tapi untungnya masih dijalan perumahan jadi sepi coba kalau dijalan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi2 karena masih diselamatkan Allah ya Mas

      Delete
  13. Kita harus banyak bersyukur ya mbak. Allah Maha Adil lagi Maha Mengetahui...

    ReplyDelete
  14. Syukurlah mba masih bisa terselamatkan dari bahaya yang akan menimpa diri pribadi mba. Dan alloh memang masih sayang sama mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak wid, bersyukur banget :)

      Delete
  15. betul mbak..rencana Allah itu memang penuh teka - teki, Ia akan menjawbnya, tapi nanti..nah nantinya itu lo yg bikin org gak sabaran, hehehe...Syukurlah kondisi bannya cepat diketahui mbak....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saking gak sabarnya kadang sampe suudzon segala....hihihi...berusha positif terus aja mbak :)
      alhamdulillah Mbak

      Delete
  16. Alhamdulillah masih diingatkan ya, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  17. dibalik semua kejadian, sesungguhnya tersimpan banyak rahasia dari kehidupan. Tuhan menghendaki hambanya belajar dibalik semua kejadian itu untuk meningkatkan iman dan taqwa

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)