Monday, 15 December 2014

Resep Mi Ayam Pertamaku

Sudah sejak lama saya ingin membuat mi ayam sendiri, karena selama ini selalu beli. Sekali-sekali bikin sendiri pasti asyik, jadinya lebih banyak,  dan tentu saja lebih higienis.

Akhirnya saat ada tukang jual ayam potong keliling lewat di depan rumah, langsung deh saya suruh berhenti, dan membeli dada ayam 1/2 kg. Kalau sudah begini mau tidak mau ya harus masak kan? Hilangkan jauh-jauh rasa malasnya.

Nah mari kita mulai membuat mi ayamnya. Mari kita simak bahan dan bumbu yang diperlukan, berikut cara memasaknya ya.

Ayam untuk toping

Bahan-bahan:
Ayam 1/2 kg, dicuci bersih, kemudian direbus. 
Air rebusan pertama saya buang. Kemudian saya ganti airnya dengan air bersih. Rebus sampai mendidih. Matikan apinya dan tiriskan ayamnya. Tunggu sampai agak dingin, kemudian potong dadu, atau sesuai selera. Air rebusan ayamnya nanti dipakai untuk membuat kuah mi ayamnya.
Daging ayam yang sudah dipotong-potong
Bumbu:
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kunyit
  • lengkuas
  • jahe
  • daun jeruk
  • daun salam
  • bawang pre, iris 1 cm
  • ketumbar
  • merica
  • kecap manis
  • garam
  • minyak goreng untuk menumis
Bumbu lengkap
Bumbu dihaluskan, kecuali daun salam,  daun jeruk dan bawang pre
Siap-siap menghaluskan bumbu ya.
Konon, kalau diuleg rasanya lebih lezat daripada diblender
Cara memasak:
Panaskan wajan, masukkan minyak sayur, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum, kemudian masukkan daun salam dan daun jeruk. Aduk sebentar.
Masukkan ayam yang sudah dipotong dadu tadi, aduk terus sampai merata. Tambahkan kecap, aduk lagi. Lalu tambahkan air. Setelah mendidih masukkan potongan bawang pre. Jika sudah matang dan rasanya pas, angkat dan taruh di atas wadah.

Ayam bumbunya sudah matang

Membuat kuah mi ayam
Bahan:
Kaldu ayam (air rebusan ayam) dan tulang ayam

Bumbu: 
  • bawang merah
  • bawang putih
  • merica
  • garam
  • gula
  • minyak sayur untuk menumis

Cara membuat:
Bawang merah diiris tipis dan bawang putihnya dikeprek lalu diiris halus (atau dihaluskan).
Panaskan minyak sayur di atas wajan, kemudian masukkan irisan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan tulang ayam, aduk sebentar. Kemudian masukkan ke dalam kaldu rebusan ayam tadi. Taruh di atas kompor, dan didihkan. Masukkan merica bubuk, garam dan gula.
Tulang ayam dioseng bersama bumbu
Kuah mi ayam yang sudah jadi

Mi
Silahkan menggunakan mi telur merk apa saja.

Caranya: 
Rebus air di atas kompor, setelah mendidih masukkan mi. Tunggu sampai lunak dan tiriskan.

Cara Penyajian

Sekarang tinggal menyajikannya di atas mangkuk dan siap dihidangkan.

Ambil dan letakkan mi di atas mangkuk, beri ayam berbumbu di atasnya, kemudian siram dengan kuah kaldu ayam. Lebih nikmat disantap saat hangat.
Yang suka pedas tinggal tambah dengan sambal botolan.

Nah gampang kan?
Anak-anak ternyata suka banget lho. Dan rasanya gak jauh beda sama yang beli. 
Mari-mari dipraktekkan:)

Mi ayam ala Mama DOA
*****

14 comments:

  1. whaaa kelihatannya enak. Langsung dicontek resepnya dan dicoba didapur

    ReplyDelete
  2. Duuh Mak... Paaas banget, anak saya lagi minta dibikinin mie ayam. Resep lain udah cari dr kemarin tapi nggak sekomplit ini. Tenkyuuu Mak :) Btw, gambarnya bikin ngiler nih ! :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak kalo timingnya pas..
      Sama2 Mak Mutia, selamat praktek yaa :D

      Delete
  3. Mbak bikin perut aku lapar lagi dan udah lama juga belom nyicipin mie ayam hehe

    ReplyDelete
  4. Saya request mi ayam karya mbak Ninik boleh kirim gak yah???

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)