Saturday, 31 January 2015

Pasta Makaroni plus Kaki Naga ala Mama DOA

Pasta Makaroni plus Kaki Naga
Ada yang suka pasta?
Dari beberapa jenis pasta yang sering saya masak, yaitu makaroni, spageti dan fetucini, anak-anak lebih suka spageti. Mungkin karena tekstur spageti yang lebih mirip mi, jadi mereka lebih suka.

Kali ini saya coba share pasta makaroni dulu ya, karena waktu masak spageti dan fetucini lupa tidak difoto. *ngeles*
Makaroni ada yang berbentuk spiral dan ada yang berbentuk kerang. Silahkan dipilih sesuai selera. Bahan-bahan lainnya cukup saya ambil dari kulkas saja ya.

Yuk mari kita buat.

Bahan-bahan :
  • makaroni kemasan 500gr (ada yang 250 gr)
  • kornet daging sapi/ayam (bisa diganti daging giling atau daging asap yang dipotong persegi)
Bumbu-bumbu :
  • bawang putih, keprek dan iris-iris kecil
  • bawang bombay, diiris melintang panjang (caranya: setelah dikupas dan dicuci, belah jadi 2, kemudian letakkan di talenan dengan posisi menelungkup dan iris-iris tipis)
  • merica bubuk
  • garam, gula secukupnya
  • saus tomat botolan
  • minyak sayur untuk menumis
Cara memasak :
  • masak air di panci sampai mendidih, kemudian masukkan pasta, angkat dan tiriskan. 
Merebus pasta memang harus sedikit lebih telaten dari pada merebus mi yang sebentar saja sudah empuk. Pasta memang lebih kenyal dan empuknya lebih lama dibanding dengan mi. Sebelum diangkat, bisa dicoba dulu apakah memang benar-benar sudah empuk. Karena kalau tidak sabar biasanya ketika dimakan terasa pastanya masih mentah.

Biasanya, sambil menunggu air mendidih, saya membuat saus pastanya. 
Yuk mari kita buat sausnya.
  • panaskan wajan di atas kompor, tuangi dengan sedikit minyak sayur untuk menumis.
  • setelah panas, masukkan irisan bawang putih dan bawang bombay, oseng hingga layu dan baunya harum.
  • masukkan kornet, oseng sebentar.
  • kecilkan api, dan masukkan merica bubuk, garam dan gula putih secukupnya.
  • masukkan saus tomat, aduk-aduk sebentar.
  • tambahkan air secukupnya, dan masak hingga matang.
  • jangan lupa dicicipi dulu ya.
Jika merasa saus kurang kental, bisa ditambah dengan larutan 1 sendok makan tepung kanji (tapioka) yang dilarutkan dengan air.

Cara penyajian :
  • letakkan pasta di atas piring, kemudian siram atasnya dengan saus.
atau
  • masukkan pasta yang sudah direbus dan ditiriskan ke dalam wajan tempat saus yang sudah dimasak tadi. kemudian dengan api kecil, masukkan pasta, dan aduk-aduk hingga merata.
Saya lebih suka cara yang kedua ini, karena saus lebih merata dan lebih meresap.

Jika suka, di atasnya bisa ditaburi keju parut. Atau bisa juga dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain. Kebetulan di kulkas sedang ada stok kaki naga ikan tuna. Jadilah Pasta Makaroni plus Kaki Naga.

Selamat mencoba :)
Bagi yang suka mi ayam, bisa intip resepnya di sini : resep mi ayam pertamaku
*****

34 comments:

  1. enak yang cara keduanya mak, pastanya di ikut sertakan dalam wadah yang sama dan di ongseng" sebentar biat bunbuhnya merata

    ReplyDelete
  2. kalau untuk difoto bagusan kalau dipisah...hehehe
    sealmat mencoba ya :)

    ReplyDelete
  3. pasta kenyal dan nikmat....di gabung aja dech biar lebih enak

    ReplyDelete
  4. enak nih kayaknya apalagi boleh dicoba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dipraktekkan, makanan enak gak harus mahal kok :)

      Delete
  5. Mba, sy kalo masak pasta berminyak huhuhu.
    Kudu byk belajar nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan kasih minyak waktu menumis kali Mbak?
      kalau pastanya dicampur dengan bumbu, gak perlu dikasih minyak lagi waktu ditiriskan

      Delete
  6. Asiiik...ada resep lagi ! Tmks Mak Ninik. Menantang untuk dicoba nih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihhh malu sama Mak Mutia, spagetinya Mak Mutia lebih menggoda hihi, silahkan Mak :)

      Delete
  7. Buat ngiler melihat pasta olahannya nih Mba.... yummy.. he,, he,, he,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Mas dipraktekkan,
      kalo mau yg praktis ada kok pasta instant, bikinnya kayak bikin mi gitu :)

      Delete
    2. Lebih praktis lagi ada ga mba ? maksudnya tinggal makan aja alias gratis gitu.... he,, he, he....

      Delete
  8. Aslkm...Mbak Rini yang baek, saya cuma mau reuqest masakan mbak apa deh jenisnya, kirim yah ke Pulau Dollar... Entar saya bagi-bagi deh sama sobat blogger di sini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaikumsalalm mas Abu, kirimnya pake apa ya? Ntar takutnya basi... dikirim via google+ aja kali.....hehehehe

      Delete
  9. Jd gk perlu beli ya mak, kalau bisa bikin pasta sendiri...tfs mak ninik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak..kalau bikin sendiri lidahnya bisa disesuaikan...hehe..
      ini pasta lidah jawa Mak... :D

      Delete
  10. gileee, bikin ngileeeeer.
    dicatat deh ini resepnya!

    ReplyDelete
  11. Kesalahan aku adalah membaca ini pada pagi hari mbak, malah jadi pengen toh *tanggung jawab haaaa

    ReplyDelete
  12. pagi2 lihat ini bikin perut lapar :)

    ReplyDelete
  13. saya kira kaki naga apaan serem gitu ..hahaha ternyata tuna ...coba buat lasagna dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaki naga biasanya terbuat dari ikan laut Mbak...hehe
      saya belum pernah bikin lasagna sendiri...kapan2 patut dicoba juga :)
      makasih idenya :)

      Delete
  14. Yum yum, aku suka pasta. Tapi tanpa daging tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.....ada banyak cara menikmati pasta ya Mbak, hehe :D

      Delete
  15. Enaaak, apalagi pake kornet jadi tambah sedap :)

    ReplyDelete
  16. Widih, Mbak Ninik... Adaa aja resepnya yang bikin ngiler. Kalau saya suka pasta yg spagheti, Mbak. Sama kayak DOA artinya :D.

    Tips dari saya, klo merebus spagheti baiknya dikasih minyak dan garam dikit, supaya lebih kenyal. Ada juga yg nambahin minyak setelah ditiriskan supaya nggak saling lengket satu sama lainnya (tapi kalau gitu harus lebih hati2 karena jatohnya nanti terlalu berminyak). ^_^

    Btw, apa saya sendiri yang nggak "dong" yah? Maksudnya KAKI NAGA apa sih mbak? *garuk-garuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp..."Tos sama Tante Yanet", kata DOA, hihi

      oke makasih mbak tips-nya, emang harus hati2 minyaknya jangan banyak-banyak yaa...

      KAKI NAGA itu adalah nuget dari ikan laut yang ditempel di stik es krim, biasanya aku beli jadi di toko swalayan mbak, cara masaknya tinggal digoreng ajah.....hehe....gimana? gak garuk-garuk lagi kan?

      Delete
  17. jadi laper...
    saya mah suka segala macem pasta mak, yg penting pake keju :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh sama dengan anak-anakku Mak, suka banget sama keju, saya Emaknya malah gak suka susu sama keju....hihi

      Delete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)