Saturday, 14 March 2015

Menuangkan Imajinasi Dalam Lukisan

Mobil ini sama Adik dikasih nama "Nissan Sport Papa Yayak"
Ketika anak sedang menuangkan idenya ke dalam tulisan atau lukisan, kita tidak boleh mengritik atau memberi saran agar daya imaginasinya berkembang dan tidak terhambat. 
Itulah yang pernah saya baca di suatu artikel parenting, dan selalu saya praktekkan ketika anak-anak sedang mengikuti lomba melukis atau sedang fokus mengerjakan sesuatu. Saya biarkan mereka berkreasi sesuai minat dan kemampuannya. Baru ketika mereka bertanya, misalnya, "Ma, warna daun apa?". Baru saya menjawab pertanyaan mereka.

Adik Ahya (Yayak) sangat menggemari mobil. Sehingga setiap kali menggambar, yang digambar selalu mobil. Bahkan ketika masih belajar menulis dulu, kalimat yang sering ditulisnya adalah "ini mobil papa". Bisa jadi karena sejak Papanya bekerja di Bali tahun 2010, kami sekeluarga selalu jalan-jalan naik mobil ketika Papa pulang saja. 

Perkembangan Adik memang sedikit berbeda dengan kedua kakaknya. Namun saya melihat beberapa kelebihan yang dimiliki si Adik ini, antara lain dia lebih peka terhadap sekitarnya, semangat belajarnya lebih tinggi dan selalu ceria. Pencapaian apa pun yang dilakukan oleh anak-anak selalu membuat saya bangga dan bersyukur.



Suatu saat si Adik dikenalkan dengan program Paint. Awal mulanya dia membuat coretan tidak menentu. Lama-lama dia menemukan bentuk-bentuk tertentu dan coretannya semakin terarah. Setiap menggambar si Adik selalu menggambar mobil. Kegemaran ini sudah dilakukannya sejak si Adik duduk di bangku TK.


Menginjak kelas 1 SD, di sekolah Adik ada pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), dimana yang diajarkan adalah seputar komputer, printer, kamera, handycam beserta tatacara penggunaannya yang benar. Untuk aplikasi program baru diajarkan menggambar dengan program paint. Di kelas 2 sekarang ini, materi selama 2 semester adalah menggambar dengan program paint.

Si Adik memang sedikit mengalami kesulitan menghafal istilah-istilah dalam program ini, karena semuanya menggunakan bahasa Inggris. Tapi dia jago ketika disuruh menggambar mobil dengan menggunakan paint. Saya pun tidak memaksa Adik harus hafal nama-nama ikon yang ada di paint. Yang penting dia paham penggunaan masing-masing ikon
Mobil ini digambar saat Ujian Praktek TIK di Sekolah, waktu masih kelas 1 SD.
"Honda Jazz" versi Yayak
Mari kita dukung terus anak-anak kita sesuai dengan kemampuannya. Selalu bangga dengan pencapaiannya. Karena setiap anak adalah JUARA!
*****

27 comments:

  1. Wah keren Mbak. Adiknya berbakat tuh.
    Sejak kecil sudah diajarkan TIK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mas tinggal disupport aja..
      itu salah satu mata pelajaran di sekolahnya :)

      Delete
  2. Kreativitasa anak kadang diluar batas imajinasi kita Mba, bahkan aku pas kecil aja udah mengkhayal bisa ke luar negeri, apalagi dipicu dengan tayangan yang mendukung sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar..imajinasi .bahkan bisa memacu kreatifitas :)

      Delete
  3. Gue suka sih liat lukisan, tapi kalo ngebuat agak bingung :)

    ReplyDelete
  4. gambar yang artistik dalam media digital... warnanya juga menarik mata mbak... mungkin adik cocok kerja di air... eh... mungkin bisa jadi graphic designer... :)

    ReplyDelete
  5. sekarang anak SD udah ada pelajaran TIK yah... kerenn.. jadi malu saya malah gak bisa nggambar, hehe

    ReplyDelete
  6. benar sekali bunda, dan saya mohon diizinkan juga untuk menuangkan imajinasi di sini meski hanya sekedar numpang lewat saja. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ...silahkan ... imajinasi berkomentar...hehe

      Delete
  7. Wah kalau saya lebih suka Grafitti mbak, sssttt....bahkan dihargai cukup mahal ni 5 jutaan per gambar.

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tahu kalau anak SD kelas 1 udah dikenalin sama komputer, printer, handycam, glek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya bagian dari pelajaran TIK kelas 1 SD Mbak, tentu saja hanya pengenalan aja,
      gak usah shock gitu ah ..hehehe

      Delete
  9. Sama dengan saya, sukanya menggambar mobil, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. si Adik toss dulu sama Pak Ustadz... :D

      Delete
  10. waa, adik keren banget... saya buka paint cmn utk numpang paste & crop hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Tante :)
      sama dengan Mama dwong...habisnya yg paling praktis sih...hihihi

      Delete
  11. Saya sama sekali nggak bisa bikin apa-apa di Paint :-(

    ReplyDelete
  12. Anak yang berbakat. Saran saya ajarkan juga ketrampilan yang lainnya. Nanti salah satunya akan menjadi aktivitas dominan dan bisa menghasilkan money. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktivitas menghasilkaln uang itu tujuan jangka panjang yg lain mas... yg penting sekarang digali dulu minat dan bakatnya...money otomatis akan mengikuti :)

      Delete
  13. bagus itu mbk gambarnya, saya seumuran itu belum bisa operasikan komputer.hehe

    ReplyDelete
  14. Hahaha teringat zaman sekolah SD dulu, tiap kali ada pelajaran kesenian pasti yang di gambar gunung atau rumah, bisa lukisnya cuma itu doang emang ga ada bakat lukis nih x_x :D

    ReplyDelete
  15. Gambarnya bagus, ada bakat melukis ya Adik.

    ReplyDelete

Yuuk saling berbagi, saya menunggu komentar dan saran Teman-teman :)